Tips Menentukan Tema Khusus Untuk Pembuatan Blog Baru

Tips Menentukan Tema Khusus Untuk Pembuatan Blog Baru

Apa kabar teman-teman, bagi anda yang sering berkunjung blog saya ini pasti mengetahui kalau sekitar 5 hari terakhir ini saya tidak menulis atau update postingan (lihat tanggal postingan sebelumnya). Hal itu disebabkan karena dalam beberapa hari ini saya sedang fokus membangun (build) sebuah blog baru bertema khusus, berbeda dengan blog ini yang bertema campuran atau gado-gado.

Apa tema blog yang baru saya buat ? 


Sesuai dengan judul tulisan ini membaca buku sastra, jadi tema blog yang baru saya bangun beberapa hari ini bertema khusus puisi. Alamat blognya sengaja saya rahasiakan untuk saat ini sebab umur blog yang masih baru, nanti ketika sudah mulai ramai pengunjungnya kemungkinan akan saya cantumkan nama blognya disini.

Pada blog saya ini, ada satu kategori tulisan yang membahasa puisi (lihat label blog). Jadi saya berpikir untuk membuat satu blog yang hanya khusus membahas puisi saja tanpa bercampur dengan pembahasan lain, dengan begitu menurut saya perkembangan blog akan lebih cepat dan signifikan. Untuk lebih jelasnya silahkan baca postingan saya Tips Memilih Tema (Nice) yang Baik Untuk Membuat Blog Baru

Pada awalnya termasuk orang yang senang menulis syair-syair singkat pada status media sosial. Ketika mulai membuat blog ini, kemudian kebiasaan syair-syair yang ditulis tadi berubah menjadi narasi puisi dan akhirnya banyak terdapat di blog ini.

Bagaimana cara menulis puisi ?


Mungkin akan timbul pertanyaan bagaimana cara dan teknik menulis puisi ? jika ada yang bertanya seperti itu, saya belum mampu menjawabnya secara ilmiah sebab saya sendiri menulis puisi dengan belajar sendiri serta cara saya sendiri. Namun, dengan belajar sendiri, saya lebih dan semakin tertarik menulis puisi. Hampir setiap hari selalu ada puisi yang saya tulis sejak mulai membangun blog bertema khusus puisi ini.

Lihat juga : Manfaat Otodidak (Belajar Sendiri) Pada Segala Hal Berdasarkan Pengalaman

 Tips Menentukan Tema Khusus pada Blog yang akan Dibuat


Sepenggal cerita pengalaman saya di atas menjadi gambaran kisah untuk membantu anda berpikir lebih baik lagi dalam menentukan sebuah tema blog yang akan anda buat dengan rencana hanya membahas satu topik.

Hanya ada 2 tips dari saya yang dapat anda ketahui dan menurut ini adalah tips prinsip yang harus dilakukan jika mengharapkan blognya cepat berkembang dan ramai alias banyak pengunjung :

1. Memilih tema yang menjadi kesukaan anda

Saya memilih tema blog puisi karena saya senang menulis puisi. Apa yang anda sukai ? kenali diri anda sebaik-baiknya dan tentukan tema blog.

Apakah anda suka mobil ? jika ya, dapat memilih tema blog khusus membahas tentang mobil. Apakah anda senang memelihara hewan ? jika ya, dapat membuat blog khusus membahas hewan. Intinya hal apa yang paling anda sukai, maka jadikanlah itu sebagai tema blog.

2. Konsisten membuat postingan setiap hari

Masalah utama yang sangat banyak dihadapi oleh para blogger yaitu konsisten untuk membuat postingan setiap hari. padahal dengan rutin mempublikasikan tulisan kita setiap hari akan sangat berpengaruh pada blog agar menjadi lebih baik.

Itulah kenapa saya lebih menekankan untuk memilih tema blog yang benar-benar kita sukai sehingga dengan mudah dan hati bahagia kita membuat postingan. Bahkan semua postingan blog itu seakan mengalir sendiri tanpa henti. Ketika hal itu terjadi maka kita mampu konsisten untuk membanguan blog menjadi lebih baik dari blog-blog lain.

Seperti saya yang senang sekali menulis puisi saat ini, hanya butuh secangkir kopi dan saya mampu menulis 2-3 puisi. Menulis dengan nikmat tanpa beban. Bahkan untuk saat ini juga saya sedang memperbanyak bacaan buku-buku sastra agar menambah referensi kata-kata dalam menulis puisi di blog yang baru saya bangun.

Itulah tips dari saya bagi anda yang akan membangun blog baru dengan hanya satu pembahasan saja, tidak banyak-banyak tips yang saya sampaikan, jika 2 tips di atas sudah terlaksana dengan baik, maka dengan sendirinya hal-hal lain terkait membangun blog akan mengikuti.

Catatan : 

Menulis sendiri dan jangan pernah copy paste tulisan orang lain dari blog mereka, jika tidak ingin usaha anda sia-sia maka jangan pernah lakukan itu. Semoga bermanfaat
This Is The Newest Post
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar