7 Tips Perawatan Ringan Mobil Matic agar Tidak Mogok saat Melakukan Perjalanan

7 Tips Perawatan Ringan Mobil Matic agar Tidak Mogok saat Melakukan Perjalanan

Perawatan mobil sangat perlu dilakukan oleh setiap pemilik atau pengendaranya. Hal ini menjaga agar selalu terhindar dari kerusakan-kerusakan apa saja ketika sedang melakukan perjalanan. Apalagi perjalanan jauh.

Pada postingan kali ini dikhususkan tentang bagaimana cara merawat atau memeriksa mobil matic sebelum memulai perjalanan agar terhindar dari kerusakan saat berada di jalan. Namanya perawatan ringan, maka mudah saja untuk dilakukan tanpa harus dibawa ke bengkel sebab dapat dilakukan sendiri di rumah.

Lihat juga : 6 Penyebab Bau yang Tidak Wajar di Dalam Ruangan Mobil

Tips Merawat Mobil Matic Ketika akan Melakukan Perjalanan


Sebelum melakukan perjalanan termasuk tujuan yang jauh perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Bahan bakar


Bahan bakar atau minyak pada tangki mobil merupakan hal rutin yang harus selalu diperhatikan. Diupayakan mengisi pada pom bensin terdekat, hal ini menjaga jangan sampai stok minyak habis pada pom bensin yang kita tuju sebab terkadang orang akan sering memilih mengisi di pom bensin yang sedikit jauh.

2. Air radiator


Fungsi utama air radiator yaitu sebagai pendingin mesin. Isi penuh air radiator sebelum mulai melakukan perjalanan. Jangan sampai air radiator kering ketika dalam perjalanan, hal ini menjaga ketika air raditor habis sementara kita berada di tempat yang kesulitan untuk mencari air bersih ketika di jalan.

3. Oli mesin


Periksa oli mesin berkurang atau tidak, patokannya berada pada alat ukur yang telah tersedia pada tap oli. Ukuran oli pada alat ukur tersebut yaitu tidak lebih dari batas atas dan tidak kurang dari batas bawah. Sediakan juga kain lap bersih untuk membersihkan oli pada alat ukur sehingga lebih mempermudah saat melihat batas oli tersebut.

4. Oli Matic


Karena perawatan mobil ringan ini tentang mobil matic maka ada juga oli matic yang harus dicek. Oli metic berada dekat dengan oli mesin jadi dapat langsung melakukan pengecekan secara bersamaan. Patokannya sama yaitu tidak lebih dari batas atas dan tidak kurang dari batas bawah pada alat ukur yang telah tersedia.

5. Oli power steering dan minyak rem


Jangan lupa juga mengecek oli power steering dan minyak rem, apakah berkurang atau tidak sebab hal ini juga sangat mempengaruhi kenyamanan dan keamanan saat diperjalanan. Power steering sendiri berfungsi untuk meringkan gerak putar stir mobil dan minyak rem agar keadaan rem mobil tetap aman saat digunakan dalam perjalanan.

6. Aki mobil


Aki atau baterai mobil apakah masih layak digunakan atau tidak, jika perlu perbaikan atau menganti yang baru maka segera dilakukan sebelum memulai perjalanan jauh.

Lihat juga : Mengapa Lampu Peringatan Baterai Nyala di Mobil ?

7. Tekanan angin ban mobil


Setelah melakukan pengecekan pada bagian mesin mobil matic seperti oli mesin, matic, minyak rem dan lain-lain. Selanjutnya periksa tekanan angin pada ban mobil anda. Untuk mempermudah mengetahui berapa tekanan angin yang baik pada mobil, biasanya sudah tersedia petunjuknya yang di tempel pada pintu mobil. silahkan dilihat tekanan angin yang baik untuk ban depan dan ban belakang mobil anda.

Jika petunjuk tekanan anginnya sudah tidak ada, dapat pergi langsung ke tukang ban sebab biasanya mereka juga telah mengetahui tekanan angin untuk masing-masing tipe mobil. Itulah pekerjaan mereka dan meraka cukup ahli. Bisa juga langsung ke pusat service mobil yang tersedia di kota anda.

Itulah tips-tips perawatan ringan mobil matic yang dapat anda lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar