Tips Menggunakan Google Maps Secara Offline (Tanpa Internet ) di HP Android

Tips Menggunakan Google Maps Secara Offline (Tanpa Internet ) di HP Android

Google maps termasuk salah satu aplikasi di hp android yang sering digunakan oleh orang-orang dalam melakukan perjalanan karena berfungsi sebagai navigasi atau penunjuk arah di mana saja kita berada dan pergi. Apalagi ketika kita melakukan perjalanan pada suatu daerah yang kita baru bagi kita, maka google maps menjadi aplikasi andalan di android untuk digunakan.

Saat ini juga, telah banyak jasa-jasa transportasi online yang menggunakan google maps untuk menjemput dan mengantar pelanggan mereka ke tempat tujuan yang dituju. Calon pelanggan cukup menentukan di mana lokasi mereka untuk dijemput dan diantar.

Pada umumnya, orang-orang sering menggunakan google maps dalam modus online atau terhubung ke internet. Termasuk saya sendiri yang selalu mengaktifkan secara online, pengalaman saya ketika sendirian dan pertama kali pergi ke ibu kota Jakarta, sebuah kota besar yang tidak saya kuasai jalan dan tempat-tempat tertentu dan hanya google maps yang sangat membantu sebagai aplikasi penunjuk arah.

Lihat juga : Cara Menggunakan GPS Essential di Android

Menggunakan google maps secara offline memberikan banyak sekali manfaat kepada kita, seperti saat kita berada pada lokasi yang tidak terkoneksi dengan jaringan internet dan bila kita kehabisan paket internet di HP dalam perjalanan. Maka solusinya terbaik terbaiknya yaitu menggunakan google maps dalam modus tanpa internet. Hal menjaga agar kita tidak nyasar alias kehilangan arah tujuan yang belum pernah kita tuju sebelumnya.

Cara Menggunakan Google Maps Tanpa Internet Melalui Ponsel Android

Untuk dapat menggunakan google maps tanpa internet dengan mudah, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mendownload lokasi ketika masih dalam keadaan online atau terhubung ke internet.

Sebagai contoh, saya sekarang berada di daerah Sulawesi Utara tepatnya di kota Manado dan akan melakukan perjalanan pada beberapa lokasi.


Maka hal pertama yang harus saya lakukan yaitu mendownload area Sulawesi Utara saat masih online agar nanti dapat digunakan secara offline pada google maps saat mulai melakukan perjalanan. Hal mengantisipasi ketika jika nanti saya berada pada tempat-tempat yang koneksi internetnya lambat atau tidak ada.

Download lokasi di google maps :

1. Buka aplikasi google maps

Disarankan ketika menampilkan lokasi peta yang akan didownload agar lebih luas arealnya sehingga dapat mencakup banyak daerah. Seperti yang terlihat pada gambar di atas.

2. Klik tanda garis tiga di bagian kiri atas

3. Pilih peta (area) offline

Setalah masuk pada menu peta offline anda akan melihat keterangan :

"Untuk menggunakan maps offline, mulai dengan mendownload peta. Dengan begitu, anda akan dapat mencari dan mendapatkan petunjuk dengan peta tersebut."



Terdapat dua opsi untuk mendownload peta offline yaitu pilih peta anda sendiri dan lokal. Pada dasarnya semua sama saja yang berbeda hanyalah pada kapasitas hasil download. Saya lebih seiring mendownload pada pilihan pilih peta anda sendiri.

Mulai mendownload dan tunggu prosesnya hingga selesai. Sekarang kita telah dapat menggunakan google maps pada daerah-daerah tertentu yang kita kunjungi secara offline tanpa harus takut kesasar.

Catatan :

Penunjuk arah google maps sangat perlu digunakan saat melakukan perjalanan jauh pada wilayah yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Persiapkan peta offline untuk berjaga-jaga, jangan sampai kita membutuhkan google maps secara tiba-tiba saat berada di lokasi yang tidak terhubung dengan internet.

Lihat juga : Mengetahui Lokasi Anda Menggunakan GPS Android

Semoga cara menggunakan google maps secara offline ini dapat bermanfaat bagi anda yang sering melakukan perjalanan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar