Tips Membeli Jaket Hujan Agar Lebih Safety di Jalan

Tips Membeli Jaket Hujan Agar Lebih Safety di Jalan

Memasuki musim penghujanan seperti sekarang ini, mengaruskan kita sebagai pengendara motor maupun pejalan kaki harus selalu mempersiapkan jaket hujan ketika di jalan. Perlu diketahui juga bahwa desain-desain jaket hujan yang dipasarkan memiliki pengaruh terhadap kenyamanan saat dipakai sekaligus keselamatan dalam menghindari kecelakan yang bisa saja terjadi ketika dalam perjalanan.

Untuk menghindari berbagai masalah yang tidak kita ingin saat memakai jaket hujan, maka perlu untuk memilih jaket hujan yang lebih baik saat membeli. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat diterapkan ketika akan membeli jaket hujan.

Tips Memilih Jaket Hujan yang Lebih Safety (aman)


1. Jaket Hujan 1 Setelan

Sebaik-baiknya jaket hujan yang kita pakai yaitu model 1 setelan, baju dan celana. Ingat ! intensitas curah hujan pada musim penghujanan pada umumnya sangat tinggi dan angin yang cukup kencang. Dengan memakai jaket hujan model ini, kita akan terhindar dari tiupan angin yang dapat membuat basah. Selain itu, bagian-bagian tubuh lebih terlindungi dari hujan seperti kaki. Ketika hanya memakai jaket hujan tanpa celananya akan akan sangat merepotkan ketika pakaian yang dikenakan sebelum celana panjang.

Maka jangan heran ketika hujan semakin deras, orang-orang yang hanya memakai jaket hujan tanpa celanan lebih memilih berteduh sedangkan yang memakai 1 setelan terus melanjutkan perjalanan hingga sampai di tempat tujuan.

Untuk model jaket hujan seperti ini, diupayakan juga agar jangan terlalu pas badan. Hal ini akan membuat kita kerepotan saat bergerak cepat. Jangan juga terlalu longgar sebab semakin lebar jaket hujan yang kita pakai akan memperbesar kekuatan tiupan angin pada kita.

2. Bagi Pengendara Motor Hindari Jaket Hujan Ponco

Usahakan agar jangan memakai jaket hujan model ponco terutama bagi pengendara bermotor. Selain dapat membuat sebagian tubuh kita basah kuyup, akibat yang sangat perlu untuk dihindari yaitu kecelakaan yang dapat terjadi. Model desain jaket hujan ponco ini sangat lebar sehingga mudah saja untuk terangkat akibat tiupan angin.


Nah, hal ini dapat membahayakan diri kita sendiri dan orang lain. Ketika jaket tertiup angin yang cukup kencang, dapat menutup atau mengganggu penghilatan kita yang sedang berada di tengah-tengah hujan lebat dengan motor yang sedang bergerak.

Jaket hujan model ini lebih cocok dipakai ketika kita sedang bekerja pekarangan rumah atau kebun. Atau hanya sebatas berjalan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

3. Jangan Jaket Hujan yang ada Jahitan

Tujuan utama kita memakai jaket hujan yaitu agar tidak basah. Maka carilah jaket hujan yang benar-benar membuat kita aman dari hujan. Hindari membeli jaket hujan yang dijahit, ya ! anda dapat membayangkan sendiri, dari bekas jahitan tersebut dapat membuat air hujan merembes masuk dan sia-sia anda memakai jaket hujan jika ujung-ujungnya basah juga. Pilihlah jaket hujan yang pres tanpa jahitan dengan begitu akan tetap aman selama di jalan.

4. Memilih Jaket Hujan Warna Terang (Mencolok)

Pernahkah kita berpikir mengapa warna jaket hujan petugas kepolisisan atau pegawai pemerintahan selalu berwarna terang atau mencolok ketika sedang bertugas di jalan saat hujan ? kita pasti sering melihatnya.

Faktor utama memilih jaket hujan berwarna terang yaitu keselamatan di jalan. Ketika hujan pasti cuaca akan sedikit gelap, dengan warna mencolok jaket hujan hujan yang kita pakai orang atau pengendara lain akan lebih mudah untuk melihat kita di tengah-tengah hujan atau kabut. Kecelakaan lalu lintas juga sangat rawan terjadi saat hujan lebat, oleh karena itu memilih jaket hujan berwarna terang harus dilakukan. Warna-warna terang seperti kuning, merah, hijau stabilo dan orange.

Itulah 4 tips penting yang perlu pertimbangkan saat akan membeli jaket hujan, keselamatan dan keamanan harus diutamakan ketika berada di mana saja. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat pembaca dan terima kasih sudah berkunjung.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar