6 Penyebab Bau yang Tidak Wajar di Dalam Ruangan Mobil

6 Penyebab Bau yang Tidak Wajar di Dalam Ruangan Mobil

Jika kendaraan Anda mengeluarkan bau yang tidak biasa atau tidak menyenangkan daripada bau mobil yang dapat diidentifikasi, ikuti aroma bau tersebut dan temukan sumbernya. Bau busuk dapat menyebabkan perbaikan mahal atau bahaya kesehatan dan tidak boleh diabaikan.

Berikut adalah beberapa bau mobil tidak menyenangkan hidung yang umum dan kemungkinan penyebabnya :

1. Bau Jamur 


Jika menyalakan AC menghasilkan bau apek dari ventilasi, jamur mungkin terbentuk dalam sistem pendingin udara. Kelembaban alami terkumpul pada evaporator pendingin udara dingin (radiator kecil yang membawa refrigeran ke dashboard mobil melalui ventilasi) yang mungkin menyimpan jamur. Menjalankan kipas dengan kecepatan tinggi (dengan AC mati) dapat mengeringkan evaporator untuk membersihkan jamur dan menghilangkan baunya. 

Namun, itu tidak menjamin masalah tidak akan terulang kembali, terutama jika bau disebabkan oleh sumbatan di tabung saluran yang memungkinkan air menetes di bawah mobil. Bau jamur juga bisa disebabkan oleh karpet yang basah ketika air bocor ke interior. 

2. Bau Sirup 


Antifreeze memiliki bau manis, seperti sirup yang berbau di dalam mobil biasanya berarti ada kebocoran di suatu tempat di sistem pendingin. Sumbernya mungkin tidak mudah dilihat. Misalnya, kebocoran bisa berasal dari penukar panas berkarat (alias inti pemanas), yang biasanya di belakang dasbor. Kebocoran itu bisa berupa uap yang masuk ke kabin, menghasilkan bau dan berpotensi membasahi jendela. 

3. Bau Terbakar 


Minyak bisa bocor ke bagian panas mesin atau di suatu tempat di knalpot. Ini juga bisa berasal dari bantalan rem yang terlalu panas atau rotor. Baik karena pengereman agresif, bantalan yang tidak menarik ketika Anda melepaskan pedal rem atau rem darurat yang tersisa saat mengemudi. Pada kendaraan dengan transmisi manual, pelat kopling bisa dipakai atau terlalu panas dari mengendarai pedal kopling. Bahan lain di kompartemen mesin terkadang dimasuki oleh binatang pengerat yang bersarang juga dapat terbakar pada permukaan yang panas. 

4. Bau Telur busuk 


Jika Anda dapat mencium telur busuk atau belerang, catalytic converter Anda mungkin menjadi buruk. Penyebab utamanya adalah masalah mesin atau sistem emisi yang membuat konverter menjadi terlalu panas, sehingga menyebabkan bau telur busuk. 

5. Bau Karet 


Bau karet yang terbakar bisa menjadi sabuk penggerak aksesori yang longgar atau bergesekan atau selang yang bergesekan dengan bagian yang bergerak. Plat kopling yang terlalu panas juga bisa berbau seperti karet yang terbakar. 

6. Buah yang membusuk 


Mungkin seperti apa baunya ? Lihatlah di bawah kursi jangan sampai ada buah yang membusuk di atas karpet. Pastikan untuk membersihkan area yang terkena dengan botol semprot atau pembersih untuk membersihkan bakteri yang dihasilkan.

Lihat juga : Mengapa Lampu Peringatan Baterai Nyala di Mobil ?
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar