Mengatasi Jenuh Membaca Dengan Suasana Baru

Mengatasi Jenuh Membaca Dengan Suasana Baru

Membaca dan menulis merupakan hobi yang cukup banyak dilakukan oleh orang-orang. Kedua hobi ini biasanya berjalan bersamaan, hal ini berdasarkan pengamatan saya kepada teman-teman dalam pergaulan.

Namun, tak bisa kita pungkiri kalau rasa jenuh untuk membaca itu hadir. Sebagai manusia biasa, hal itu menurut saya wajar saja.

Salah satu faktor yang juga sangat berpengaruh yaitu suasana sekitar kita terutama di rumah. Situasi malas membaca ketika di rumah ini juga sering saya rasakan. Mungkin saja pengalaman setiap orang berbeda dalam menikmati hobi membaca mereka.

Ketika mulai malas membaca di rumah, satu hal yang menjadi masalah yaitu hilangnya mood untuk membaca. Buku-buku yang banyak dimiliki dan tersusun rapi hanya dilihat tanpa disentuh.

Untuk mengatasi rasa jenuh membaca, saya biasanya mencari suasana baru. Anda juga dapat menerapkan cara ini ketika mulai malas untuk membaca, baik yang hobi ataupun tidak.

Lihat juga :




Setiap orang masing-masing memiliki suasana yang berbeda untuk dinikmati sambil membaca. Saya sendiri lebih senang membaca sambil ngopi di kedai kopi. Namun, tidak semua kedai kopi saat ini cocok untuk dijadikan tempat membaca. Mengapa ? Jawabnya hanya satu yaitu ribut dengan suara musik.

Banyak terdapat tempat ngopi di kota domisili saya yaitu Manado. Jadi, banyak pilihan tempat kopi terbaik untuk menjadi suasana yang nyaman dalam membaca.

Bagaimana suasana yang dapat membuat anda nyaman untuk membaca? Silahkan cari dan nikmati sambil membaca.

Ada orang yang senang membaca di taman bunga, ada juga yang sambil menunggu antrian, di dalam pesawat, kapal dan masih banyak lagi.

Apalagi saat ini sudah banyak juga buku-buku dalam bentuk digital. Cukup disimpan pada ponsel yang mendukung dan dapat dibaca kapan saja dan di mana saja.

Mungkin anda akan bertanya, di warung kopi selain musik, banyak juga pengunjung yang ngobrol, apakah tidak berisik.

Nah, saya memiliki kebiasaan tersendiri yang jarang saya lakukan yaitu. Melatih konsentrasi membaca di tempat umum seperti itu. Ketika mampu berkonsentrasi di suasana yang berisik maka kita lebih baik lagi ketika suasana tenang. Asal bukan bersiknya disebabkan oleh suara musik.

Apa lagi, konsep tempat kopi saat ini juga mulai disediakan buku bacaan bagi pengunjung, tapi jarang juga yang membaca karena berisik. Namun, bagi yang sudah terbiasa maka akan baik-baik saja.

Itulah tips dari saya bagi anda pembaca jika mulai malas membaca, cari suasana baru yang membuat anda nyaman untuk membaca.

"Sebaik-baik memahami suatu bacaan berasal dari hati dan pikiran yang nyaman saat membaca" Ato Basahona.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar