Mengapa Lampu Peringatan Baterai Nyala di Mobil ?

Mengapa Lampu Peringatan Baterai Nyala di Mobil ?

Jika lampu peringatan baterai (cahaya dalam bentuk simbol baterai) di dasbor menyala saat Anda mengemudi, itu berarti sistem pengisian daya tidak berfungsi, tetapi kesalahannya mungkin terletak pada sesuatu selain baterai.

Penyebab lampu baterai bisa berupa kabel baterai longgar atau berkarat atau komponen penghubung kawat lainnya dari sistem pengisian, atau mungkin ada masalah dengan alternator atau pengatur tegangan. Alternator menghasilkan daya yang disimpan dalam baterai. Jika alternator gagal, atau sabuk aksesori yang menggerakkan alternator longgar atau rusak, maka Anda akan berakhir dengan baterai mati karena alternator yang buruk tidak mengisi ulang baterai.

Baterai mobil itu sendiri mungkin menjadi penyebabnya jika terminal kabel berkarat, kabel yang buruk, sel-sel atau pelat-pelat yang rusak di dalam atau jika elektrolit bocor. Artikel ini terutama mengacu pada kendaraan konvensional dengan baterai 12 volt konvensional; lebih banyak kendaraan listrik dan sistem listrik tegangan tinggi akan bervariasi.

Lampu peringatan sistem pengisian daya harus ditampilkan selama beberapa detik saat Anda menyalakan mobil, tetapi jika lampu baterai menunjukkan saat Anda mengendarai kendaraan, cahaya itu menandakan masalah. Di antara tanda-tanda lain bahwa alternator atau bagian lain dari sistem pengisian tidak berfungsi adalah lampu redup atau jam yang kehilangan waktu.

Jika lampu baterai dashboard mobil menyala, Anda mungkin bisa membawanya pulang atau ke fasilitas servis untuk diperbaiki. Mobil akan terus berjalan selama ada aliran yang tersisa di baterai, tetapi jika sistem pengisian tidak berfungsi atau Anda memiliki alternator yang buruk, mesin mobil Anda akan berhenti berjalan setelah baterai dikeringkan. Jika Anda mematikan mesin, Anda tidak akan dapat menyalakannya kembali jika baterai tidak memiliki cukup daya yang tersisa untuk menyalakan motor starter mesin.

Jika lampu baterai menyala dan Anda masih mengendarai mobil, matikan sebanyak mungkin aksesori listrik, seperti stereo, AC atau pemanas, dan hindari menggunakan kontrol listrik seperti power window.

Mengurangi jumlah listrik yang dikonsumsi mobil akan meningkatkan jarak yang dapat Anda kendarai sebelum baterai dilepas. Kembalilah ke mekanik secepat mungkin, dan miliki baterai, kabel, dan sistem pengisian daya untuk memeriksa penyebab masalah Anda dan apa yang perlu Anda perbaiki atau ganti.

Lihat juga : Cara Mengetahui Jalan Macet Menggunakan Google Maps di HP Android
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar