12 Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau Bagi Manusia

12 Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau Bagi Manusia

Orang-orang tua kita zaman dulu mempunyai kebiasaan mengunyah daun sirih dengan campuran beberapa bahan lain. Daun berbentuk hati berwarna hijau ini dikunyah dengan tujuan untuk memperkuat gigi. Ternyata memang daun sirih sudah dimanfaatkan sejak zaman kuno sekitar 2000 tahun yang lalu.

Di India, daun sirih serta kacang-kacangan disuguhkan untuk para tamu sebagai bentuk etika. Anda mungkin akan terkejut apabila mengetahui bahwa manfaat daun Sirih hijau untuk kesehatan ada begitu banyak. Dahulu daun Sirih telah digunakan sebagai stimulan aromatik dan anti-kembung. Manfaat lainnya merupakan sebagai penyegar mulut dan yang paling menarik merupakan kemampuannya membagikan Imbas afrodisiak.

Daun sirih juga bagus untuk kesehatan gigi dan mulut sebab senyawa di dalamnya Bisa mengurangi bau mulut, memutihkan gigi dan mengurangi perdarahan. Berikut merupakan beberapa manfaat kesehatan daun Sirih hijau yang luar biasa yang wajib anda ketahui.

Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau


1. Imbas diuretik

Bila anda menderita dehidrasi, konsumsi aja daun sirih hijau. Daun sirih merupakan diuretik alami yang bila dikonsumsi dengan susu encer Bisa mengobati retensi air di dalam tubuh.

2. Sumber antioksidan

Daun Sirih mempunyai manfaat kesehatan sebab mampu menghalau radikal bebas dari tubuh yang berbahaya.

3. Obat sembelit

Selain mempunyai manfaat diuretik, manfaat daun Sirih Hijau pun bisa membantu mengobati sembelit.

4. Pendarahan gusi

Daun Sirih pun bagus untuk perawatan mulut sebab Bisa menghentikan pendarahan pada gusi. Air rebusan daun Sirih digunakan untuk berkumur untuk mengobati gusi berdarah.

5. Mengurangi Peradangan

Jerawat, arthritis dan lainnya bisa menyebabkan peradangan. Mengkonsumsi daun Sirih Bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi dengan cara alami.

6. Meredakan batuk

Air rebusan daun sirih bisa juga sebagai obat untuk menyembuhkan batuk. Daun sirih juga bermanfaat untuk mereka yang menderita masalah pernapasan.

7. Menyembuhkan diabetes

Daun sirih mempunyai sifat anti-diabetes yang membuatnya menjadi obat alami yang sangat bagus untuk mengendalikan kencing manis.

8. Penyembuhan luka

Menerapkan daun sirih yang sudah ditumbuk halus pada luka akan menyembuhkannya dalam waktu 3-4 hari. Hal ini juga akan mengurangi rasa sakit dan peradangan.

9. Obat nyeri pinggang

Manfaat daun Sirih hijau Bisa untuk "memijat" pinggang yang nyeri. Tumbuk daun Sirih dan tambahkan sedikit minyak kelapa dan gunakan untuk mengurut pinggang yang sakit.

10. Meredakan sakit kepala

Ini merupakan salah satu manfaat kesehatan dari daun Sirih hijau yang lain. Mengaplikasikan daun Sirih sebagai tapal akan mengurangi sakit kepala dengan astringent yang dimilikinya.

11. Menghentikan kebiasaan merokok

Untuk banyak orang mengunyah daun Sirih segar Bisa membantu mereka untuk menghentikan kebiasaan merokok.

12. Saraf yang sehat

Manfaat daun Sirih hijau yang dibuat jus dan ditambah madu merupakan tonik alami yang digunakan untuk mengobati nyeri saraf dan kelelahan saraf.

Indonesia termasuk negara yang kaya akan pengetahuan pengobatan tradisional yang juga sering dikenal dengan kearifan lokal. Sumber daya alam yang begitu banyak termasuk daun-daun untuk obat banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di desa-desa.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar