5 Manfaat Daun Cincau Hijau Buat Konsumsi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Daun Cincau Hijau Buat Konsumsi Kesehatan Tubuh

Tak dipungkiri lagi bahwa daun mempunyai peran yang sangat bagus untuk kehidupan di muka bumi ini. Seperti sudah diketahui sebelumnya bahwa Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis yang mempunyai beraneka daun.

Termasuk juga Dedaunan obat-obatan yang menjadi ciri khas. Sejak zaman dahulu banyak jenis daun yang digunakan untuk mengobati penyakit luar ataupun dalam. Pada tiap daerah mempunyai resep berbeda dalam mengolah Dedaunan menjadi obat. Dengan memanfaatkan obat alami tentu akan meminimalisir efek samping dari obat yang digunakan.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, daun Cincau hijau mempunyai kegunaan menormalkan tekanan darah tinggi. Sejumlah senyawa yang terdapat di dalamnya Bisa digunakan untuk bahan obat, selain dikonsumsi dalam bentuk minuman menyegarkan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Cyclea barbata ini mempunyai kandungan nutrisi dan fitokimia yaitu karbohidrat, lemak, polifenol, flavonoid, saponin, kalsium, phospor, vitamin A dan vitamin B. Manfaat daun Cincau untuk pengobatan herbal sudah banyak diteliti termasuk untuk hipertensi.

Pada penelitian untuk mempelajari manfaatnya untuk menurunkan tekanan darah tinggi ini partisipan diberikan ramuan 5 gram daun Cincau segar yang sudah dilumatkan. memakai 150 ml air matang selanjutnya daun Cincau diremas-remas dan ditampung air sarinya. Ramuan tadi setelah itu diminumkan kepada pasien sebanyak 2 kali seharinya. Manfaat yang diperoleh merupakan pasien merasai turunnya tekanan darah mereka dengan cara drastis. Pasien dengan umur 70 tahun dengan tekanan darah semula 215mm/120mm, setelah menjalani terapi daun cincau hijau ini tekanan darahnya melorot hingga hanya 160mm/100mm sebulan sesudah meminum ramuan. Gejala pusing, Cepet capek dan mata berkunang-kunang sirna. Berat badan pun Turut berkurang yang tadinya gemuk.

Konsentrasi dietary fibre yang terdapat pada daun Cincau pun melimpah mencapai 6,23 g untuk setiap 100 gram ekstrak daun. Itu artinya bila daun Cincau dimakan bersama buah dan sayur setiap hari akan mencukupi mencukupi kebutuhan serat harian sebanyak 30 g. Artinya pula anda akan terbebas dari kemungkinan terkena penyakit degeneratif yang antara lain merupakan jantung koroner. Sedangkan kalori yang dimilikinya hanya 122 kalori dengan kadar protein mencapai 6 gram.

Manfaat Daun Cincau Hijau Sebagai Obat Bagi Kesehatan Tubuh


1. Menormalkan tekanan darah

Ini untuk mereka yang mempunyai riwayat darah tinggi. Siapkan 20 lembar daun Cincau hijau selanjutnya dibilas memakai air mengalir hingga Higienis. Daun selanjutnya diremas-remas tambahkan segelas air dan saring memakai kain Higienis. Berikan beberapa tetes sari jeruk nipis, sesuaikan dengan selera. Diamkan pada tempat dingin hingga berubah menjadi jelly. Tuangkan dalam gelas lalu tambahkan sedikit madu atau gula aren cair, pilih mana yang anda suka. Minum ramuan tadi dalam keadaan dingin.

2. Pereda mulas sebab disentri

Ramuan daun Cincau hijau yang digunakan sama persis dengan ramuan untuk tekanan darah tinggi namun untuk yang ini wajib diminum 7 hari terus-menerus hingga gejala hilang.

3. Penyembuh sariawan

Masih memakai ramuan yang sama, juga dikonsumsi seminggu sekali.

4. Penghilang bisul

Manfaat daun Cincau hijau selain diminum Bisa juga digunakan sebagai obat topikal. Siapkan daun Cincau hijau seperlunya. Bersihkan dari kotoran dengan mencucinya, lalu remas-remas dan balurkan di daerah bisul bersarang. Ramuan daun Cincau hijau ini bermanfaat mengeluarkan nanah.

5. Pereda demam

Manfaat daun Cincau hijau sebagai pereda demam sudah banyak dibuktikan. Sediakan rimpang tumbuhan Cincau lalu cuci dan rajang tipis. Masak bersama air seperlunya. Minum racikan tadi sesudah mendidih dan mendingin. Boleh juga hanya menyeduhnya memakai air Hangat sesuai kebutuhan dan langsung diminum setelah agak dingin.

Bagi anda yang telah memiliki cincau di pekarangan rumah agar terus dirawat dengan baik sepanjang waktu sedang bagi yang tidak ada, bisa mulai memikirkan bagaimana agar mudah mendapatkan obat daun tanaman yang satu ini.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar