Manfaat Daun Rambutan Untuk Mengatasi Uban Rambut dan Lainnya

Manfaat Daun Rambutan Untuk Mengatasi Uban Rambut dan Lainnya

Buah rambutan sudah dipercaya semenjak dulu bisa untuk menghitamkan rambut atau menangani uban pada rambut. Rambut beruban muncul mengikuti bertambahnya umur. Hal ini berlangsung sebab terjadinya perubahan warna melanin yakni pigmen rambut. Pigmen Bisa berubah sebab batang rambut tak cukup memperoleh masukan oksigen. Kalau oksigen yang diserap lewat pembuluh darah anemia, yang terjadi yaitu susunan rambut jadi tak lengkap dan tak sehat dengan begitu akan berdampak pada melanin dan muncullah uban.

Rambutan yaitu tumbuhan asli Asia Tenggara yang tergolong kerabat Sapindaceae. Rambutan diperkaya dengan kandungan beberapa senyawa aktif penting antara lain saponin, polifenol, tannin serta hormon. Senyawa-senyawa aktif itu akan membangkitkan kemampuan pigmen melanin dan dalam waktu bersamaan juga bisa merawat kesehatan kulit kepala. Hasilnya rambut akan kuat dan tak gampang rontok.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan daun Rambutan untuk mengatasi uban ?


Siapkan daun rambutan sesuai kebutuhan, selanjutnya bersihkan dengan cara mencuci memakai air. Haluskan dengan cara ditumbuk, tambahkan air dan peras untuk mengambil air sarinya. Nah, air perasan itu yang diaplikasikan pada rambut beruban. Cara ini dilakukan rutin saat akan mandi. Biarkan ramuan beberapa saat hingga meresap ke akar rambut.

Lihat juga : 9 Cara Alami Menghilangkan Rambut Bercabang dan Kering dengan Mudah dan Murah

Manfaat daun Rambutan tak cuma untuk uban, di beberapa tempat, mereka memakai daun rambutan untuk mengobati beberapa penyakit dan permasalahan yang dialami. Seperti oleh penduduk suku Lubuk Ulu Legong, Kedah, Malaysia yang menggunakannya untuk pengobatan demam dan influenza. Daun Rambutan mempunyai alexiteric, tonik, afrodisiak (peningkat gairah sek5) serta digunakan untuk mengobati diabetes. Dalam suatu penelitian juga membuktikan bahwa ekstrak daun Rambutan mempunyai Imbas analgesik. Tumbukan daun Rambutan yang diambil sarinya bisa mengatasi masalah pencernaan seperti yang banyak dilakukan penduduk di Filipina.

Manfaat daun Rambutan pun bisa digunakan sebagai tapal untuk meredakan sakit kepala. Nutrisi daun rambutan akan membantu menenangkan saraf dan mengurangi sakit kepala dengan efektif. Bagian tumbuhan lain yang juga bisa digunakan yaitu kulit buah rambutan. Rebusan kulit buah Rambutan bisa oleskan di lidah untuk mengobati sariawan. Sementara rebusan akar pohon rambutan digunakan untuk demam.

Lihat juga : 5 Cara Menghilangkan Kutu di Rambut Secara Alami Dengan Cepat

Sambil memanfaatkan daunnya anda tetap masih bisa mengambil manfaat dari buahnya yang nikmat, manis dan menyegarkan. Itulah beberapa manfaat buah Rambutan.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar