Mana yang Lebih Menghasilkan, Youtube atau Blog ?

Mana yang Lebih Menghasilkan, Youtube atau Blog ?

Pertanyaan-pertanyaan tentang mana yang lebih baik mengasilkan uang, apakah youtube atau blog ini sering muncul pada grup-grup media sosial yang khusus membahas tentang google adsense. Berdasarkan pengamatan saya, pertanyaan ini banyak ditanyakin oleh orang-orang yang baru bergabung di grup tersebut atau orang yang baru mengenal google adsense sebagai cara untuk berpenghasilan dari dunia internet.

Wajar-wajar saja ketika mereka para pemula bertanya seperti itu, sebab masih membutuhkan banyak informasi dan masukan dari mastah atau orang-orang yang telah berpengalaman di dunia adsense. Dengan begitu, langkah awal mereka dapat terarah dengan baik dan benar hingga mampu memperoleh penghasilan dari youtube atau blog.

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu google adsense, silahkan lihat : Apa Itu Google Adsense dan Manfaatnya Bagi Blogger

Dari situlah saya akan mencoba untuk menjelaskan manakah yang lebih baik, youtube atau blog berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya.

Pengalaman saya :

Jika ditanya dari mana saya memulai, apakah youtube atau blog ?

Saya memulai pertama kali aktivitas di dunia online berawal dari blog. Waktu itu saya sendiri belum akrab dengan yotube. Awal pembuatan blog juga hanya sekedar untuk wadah menyimpan tugas-tugas kuliah serta menyalurkan hobi menulis banyak hal.

Ketika mulai aktif menulis di blog dan mengenal google adsense dari informasi-informasi di internet, saya mulai menjadi publisher adsense dengan menampilkan iklab di blog ini.

Namun saya juga sempat bermain youtube untuk menambah penghasilan dari internet. Tapi kemudian beberapa akun youtube saya dibanned oleh pihak google dan sekarang saya lebih fokus ke blog. Tapi ketika menulis ini, saya mulai kembali membuat satu akun youtube dan berniat membangunnya untuk jangka panjang.

Pilih youtube atau Blog ?


Pada dasarnya semua pilihan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing :

1. Alasan memilih blog

Orang yang lebih cenderung memilih blog merupakan orang-orang yang pada dasarnya memang senang atau hobi menulis. Dengan begitu mereka akan menikmati segala aktivitas blogger mereka dengan tenang dan enjoy hingga memperoleh penghasilan dari blog yang mereka bangun.

Apakah anda senang menulis ?

Jika anda senang menulis, maka saya sarankan lebih baik memilih untuk membuat blog.

Senang menulis tentang apa ?

Terdapat dua kategori tema dalam dunia blog yaitu khusus dan campuran atau sering disebut gado-gado. 

Lihat juga : Tips Membangun Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Dari tema tulisan yang anda senang untuk menulis maka jadikanlah tema blog atau jika senang menulis banyak hal maka dapat menjadikan tema campuran pada blog yang akan dibuat. Contoh tema campuran, lihat saja blog ini.

2. Alasan memilih youtube

Orang yang lebih memilih membuat akun youtube biasanya berbanding terbalik dengan yang memilih blog. Orang yang memilih youtube biasanya tidak terlalu suka menulis dan lebih enjoy ketika beradegan di depan kamera video.

Apakah anda senang beraksi di depan kamera video ?

Jika iya, maka youtube sangat cocok untuk anda. Dengan begitu anda sangat menikmati menjadi youtubers.

Youtubers secara umum dikenal dengan 2 tipe yaitu original (vlog) dan reupload. Jika anda melihat video youtube yang tidak tampak adminnya atau video-video gabungan dari banyak video berarti mereka adalah reupload.

Jadi, pilihan ada di tangan anda masing-masing. Mau pilih memulai dari youtube atau blog. Anda lebih mengenal diri dan kemampuan anda melebihi siapapun. 

Lihat juga : Begini Cara Gampang Membuat Akun YouTube Milik Pribadi Untuk Upload Video

Pilihlah salah satu untuk fokus dan konsisten membangunnya. Ketika sudah berhasil menghasilkan rupiah, anda dapat mencoba yang lain.

Misalnya saya, awalnya saya memulai dengan membuat blog, setelah sudah cukup baik maka saya dapat mencoba untuk membuat akun youtube.

Kebanyakan para mastah di luar sana juga seperti itu. Jadi tentukan pilihan anda dan mulailah dari sekarang. Jangan kebanyakan mikir dan lama bertindak jika tidak ingin ketinggalan oleh orang lain. Good luck !
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar