Karakteristik Insan Ulul Albab dalam Pandangan Al Qur'an dan Intelektual Muslim

Karakteristik Insan Ulul Albab dalam Pandangan Al Qur'an dan Intelektual Muslim

Kata Ulul Albab atau Ulil Albab jika di sederhanakan sering dikategorikan sebagai 'orang yang berakal atau orang yang berpikir. Pengertian yang tidak keliru jika diasosiasikan dalam bahasa indonesia. Kata ulul alab yang disebut dalam Al Qur'an sebanyak 16 kali diantaranya pada Q.S Ali Imran :7, Az-ZumarAl-Baqarah : 197, Ibrahim: 52, Al Maaidah : 100, Shaad : 29, Ar. Ra'du :22, Ali Imram: 190-191. Dapat di temukan dengan latar belakang topik yang berbeda. Terlebih Kata ulul albab mendapatkan perhatian dari para intelektual Muslim sebagai upaya memahami dengan pengertian yang berbedah namun sama akan tujuannya.

A. Pandangan dari Intelektual Muslim

1. AM. Saefuddin, seorang Akademisi, Mantan Rektor Universitas Ibnu Khaldun . Mengatakan Ulul albab adalah "intelektual muslim atau pemikir yang memiliki ketajaman analisis atas fenomena dan proses alamiah, dan menjadikan kemampuan tersebut untuk membangun dan menciptakan kemaslahatan bagi kehidupan kehidupan manusia" (AM. Saefuddin: 76)

2. Prof. DR. Agus Salam pemenang nobel fisika 1979 berkat teori Inifikasi gaya disusunnya. Mengatakan Al Qur'an mengajarkan kita dua hal penting.

Pertama: Tafakkur, adalah merenungkan ciptaan Allah di langit dan di bumi dan menangkap hukum-hukum yang terdapat dalam alam semesta. Tafakkur inilah yang sekarang dikenal SCIENCE.

Kedua: Tasyakur ialah memanfaatkan nikmat dan karunia Allah dengan menggunakan Akal pikiran, sehingga kenikmatan semakin bertambah. Dalam istilah modern tasyakur adalah Teknologi.

Artinya bahwa pengertian Ulul Albab adalah merenungkan ciptaan Allah di langit dan di bumi dan berusaha mengembangkan ilmunya sedemikian rupa sehingga karunia allah ini di lipatgandakan nikmatnya.

3. Jalaludin Rahmat (1986)

Membagi 5 (lima) tanda ulul albab:

1. Niat bersungguh dalam mencari ilmu dan mensyukuri nikmat.

2. Kritis dalam memahami sesuatu

3. Mampu membedahkan baik buruk

4. Sedia berbagi ilmu dengan yang lain

5. Hanya takut kepada allah

B. Karakteristik Insan Ulul Albab dalam Al-Qur'an sebagai berikut :

1. Bersungguh sungguh dalam mencari ilmu.

2. Rajin bangun shalat malam.

3. Tidak takut kecuali kepada Allah SWT.

4. Kritis dan cerdas menerima informasi.

5. Mengembangkan Ilmunya untuk memperbaiki masyarakat.

6. Mampu memilah baik buruk (haq dan batil) dan mempertahankan kebaikan meski berhadapan dengan mayoritas.

7. Menjadikan Al Qur'an sebagai pusat perhatian dan barometer langkah-langkahnya.

8. Memiliki akhlak mulia.

10. Mampu menyatukan antara fikir dan dzikir.

Demikianlah tulisan pemaparan karakter Ulul albab yang juga termaktub dalam firman Allah SWT dalam Kitab suci Al-Qur'an dan secercah upaya menempelkan argumen penguat dari para intelektual muslim. Semoga dapat membantu kita dalam memahami esensi dari kata ulul albab.

Salam dunia hitam manis

Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar