Inilah 7 Manfaat Daun Selada yang Istimewa Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Daun Selada yang Istimewa Bagi Kesehatan Tubuh

Daun Selada yang hijau renyah ternyata sarat dengan kandungan zat gizi yang penting untuk kesehatan anda. Seringnya orang menyantap sayur ini dengan diolah menjadi salad atau dinikmati langsung begitu saja.

Mungkin anda tahunya sayuran ini hanya sebagai pelengkap suatu masakan. Anda wajib tahu lebih banyak manfaat daun selada terutama untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Lihat juga : 12 Manfaat Kesehatan Daun Sirih Hijau Bagi Manusia

Beberapa manfaatnya Daun Selada


1. Menghambat proses penuaan sebelum waktunya

Daun Selada mempunyai kandungan senyawa zeaxanthin yang mempunyai kemampuan antioksidan. Senyawa ini disamping bisa menghambat terjadinya penuaan dini, juga bisa menghindarkan timbulnya gejala katarak. Selain itu, kadar senyawa flavonida yang dimilikinya pun bisa menjauhkan anda dari terkena kanker mulut dan paru-paru.

2. Sayur pensuplai kebutuhan vitamin A

Daun Selada yaitu jenis sayur-mayur yang melimpah dengan kandungan vitamin. Daun Selada segar mempunyai kadar vitamin A dalam jumlah tinggi sekaligus juga beta karoten. Semua sudah mengetahui bila Vitamin A akan membantu menjaga kesehatan kulit sekaligus mata anda.

3. Memperkuat struktur tulang

Konsentrasi vitamin K yang terkandung pada daun salada bisa menguatkan tulang dikarenakan vitamin K akan merangsang pembentukan hormon osteotrophic di dalam tulang yang bisa menangkal terjadinya gejala tulang keropos. Vitamin K pun sanggup menangkal resiko kerusakan otak neural serta mengantisipasi munculnya gejala penyakit alzheimer.

4. Sarat dengan kandungan mineral

Manfaat daun selada bisa sebagai sumber bermacam jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh antara lain mangan, zat besi, tembaga, magnesium, kalsium dan kalium. Kalium penting untuk mempertahankan tekanan darah tetap normal dan memperbaiki vitalitas jantung. Mineral Kalsium berperan dalam menguatkan gigi dan tulang. Sementara tembaga dan zat besi akan bertugas memperlancar pembentukan sel darah merah.

5. Memperbaiki tingkat kesuburan

Daun selada segar tinggi kandungan folat dan vitamin C. Asam Folat akan membantu menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan sekaligus juga memperbaiki kesehatan reproduksi untuk wanita dan pria. Sementara vitamin C bisa memperkuat mekanisme kekebalan tubuh dengan begitu akan bisa menghalangi penyakit yang akan menyerang tubuh.

6. Sayuran pelawan kanker

Daun selada mempunyai kandungan senyawa yang dinamakan gluconasturtiin yang memberi rasa khas. Senyawa ini bisa bertindak menjadi pelawan serangan kanker.

7. Menurunkan kadar kolesterol tubuh


Kandungan lemak pada daun selada terbilang rendah dari sebagaimana sayur mayur lainnya. Dikarenakan mempunyai kandungan antioksidan yang kaya maka daun Selada pun sering disarankan untuk dikonsumsi dalam mengendalikan kadar kolesterol serta berat badan.

Lihat juga : Manfaat Daun Rambutan Untuk Mengatasi Uban Rambut dan Lainnya

Terbukti manfaat daun selada sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Akan tetapi sebelum dikonsumsi khususnya bila dimakan langsung, jangan sampai lupa untuk mencucinya terlebih dulu sebab daun Selada merupakan jenis sayur-mayur yang sensitif pada penetrasi pestisida.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar