2 Cara Otomatis Menyimpan Hasil Download di SD Card Ponsel Android

2 Cara Otomatis Menyimpan Hasil Download di SD Card Ponsel Android

Keseruan ketika memiliki dan menggunakan ponsel android yaitu kita dapat browsing dengan mudah ke internet, membaca berita online, informasi hingga mendownload file dan video kesukaan kita, itulah kenapa pengguna ponsel android saat ini makin berkembang pesat.

Namun, tahukah anda bahwa pada pengaturan penyimpanan hasil domwload secara default atau bawaan di ponsel android masih terdapat pada memori ponsel atau juga disebut memori internal. Sehingga biasanya ketika memiliki ponel android, orang akan membeli SD card atau kartu memori untuk menambahkan memori ponsel. Dengan begitu kita lebih banyak lagi dapat menyimpan dan mendowload apa saja yang diinginkan.

Permasalahan yang terjadi ketika hasil donwload tersimpan di memori internal ponsel yaitu dapat menyebabkan memori cepat penuh atau full sebab semua aplikasi yang terpasang di HP android juga memakai sumber daya memori hp. Hal itulah yang menyebabkan keterbatasan kita ketika masih ingin mendownload aplikasi atau yang lainnya.

Solusi terbaik untuk menghindari memori internal ponsel yang cepat penuh maka kita harus menambahkan memori ekternal atau kartu memori pada ponsel yang digunakan. Bukan hanya itu, kita juga harus merubah lokasi penyimpanan bukan pada memori ponsel melainkan pada kartu memori tadi yang kita tambahkan sehingga tidak mengganggu aktivitas mendownload kita karena penuhnya memori ponsel.

Cara Mengatur Hasil Penyimpanan ke Kartu Memori Ponsel


Ada 2 cara mudah yang dapat dilakukan agar hasil download kita secara otomatis tersimpan di kartu memori dana bukan di memori ponsel yaitu :

1. Merubah pengaturan penyimpanan


Untuk cara pertama, kita dapat langsung melalukan pengaturan di ponsel android agar hasil download langsung tersimpan di kartu memori atau SD Card

a. Masuk ke pengaturan ponsel

b. Lihat menu penyimpanan

c. Pilih kartu SD


Cara ini juga sering saya terapkan ketika akan mendownload film menggunakan ponsel android. Seperti yang kita ketahui bahwa kapasitas file untuk film lumayan besar sekitar 300 MB sampai 1 GB. Jadi dengan merubah penyimpanan akan memperlancar dalam mendowload film melalui ponsel android kita.

Dengan merubah hasil penyimpanan ke kartu SD maka setiap file atau video yang kita download akan secara otomatis tersimpan di situ dan bukan pada memori internal bawaan ponsel.


2. Mendownload dengan Google Chrome


Update terbaru google chrome telah menyediakan fitur baru yaitu menyimpan otomatis pada SD Card. Aplikasi google chrome sendiri sangat banyak dan pasti sering anda gunakan untuk melakukan browsing internet ketika akan mendownload.

a. Pasang/update google chrome di ponsel

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi google chrome di ponsel, silahkan memasangnya dengan cara mendownloadnya di play store ponsel anda. Bagi anda yang sudah memiliki chrome di ponsel berarti cukup dengan mengupdate ke versi terbaru.

Cara update aplikasi chrome di ponsel android :

Buka play store - ketika chrome pada kolom pencarian maka akan muncul aplikasi chrome - pilih update dan tunggu prosesnya hingga selesai.


Cara ini juga berlaku ketika anda baru akan memasang chrome di ponsel, namun yang membedakan adalah bukan tulisan update tapi pasang atau instal.

b. Pengaturan Chrome

Setelah google chrome telah terpasang dan sudah di update, maka langkah berikutnya yaitu melakukan pengaturan pada chrome agar nantinya hasil donwload secara otomatis tersimpan di SD card ponsel anda.

a). Buka aplikasi chrome

b). Klik tanda titik tiga pada bagian kanan atas

c). Pilih pengaturan

d). Pilih donwload di bagian bawah

e). Lokasi download

f).Pilih SD Card/ Kartu Secure Digital

g). Selesai


Mulai saat pengaturan ini dilakukan, anda dapat menggunakan aplikasi chrome untuk browsing dan mendownload file apapun akan otomatis tersimpan di memori kartu ponsel bukan di memori bawaan ponsel. Jadi tak perlu lagi khawatir memori ponsel anda akan penuh dengan banyak file dan video hasil download anda.


Mungkin itu saja yang dapat saya share tentang cara menyimpan hasil download otomatis tersimpan di memori kartu ponsel android anda, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar