Cara Merubah Ukuran Template Flexible (Perkecil dan Perbesar) Pada Blog Dengan Mudah

Cara Merubah Ukuran Template Flexible (Perkecil dan Perbesar) Pada Blog Dengan Mudah

Template flexible merupakan sebuah hasil karya dari Mas Adhy Suryadi beliau adalah adminya blog kompi ajaib yang sangat banyak membahasa tentang seputar tutorial blog dan juga template. Bagi anda yang ingin membeli template blog, saya juga merekomendasikan untuk melihat-melihat di blog kompi ajaib. Banyak template menarik yang tersedia, selain itu mas Adhy juga cepat merespon ketika kita bertanya, saya sendiri sering bertanya via email.

Cara merubah ukuran template felxible ini dikhususkan hanya kepada semua blogger pengguna template tersebut yang ingin mengatur ukuran template atau tampilan blog mereka secara keseluruhan, artinya ukuran blog berubah pada seluruh bagiannya, sehingga kita tidak direpotkan dengan mengubah ukuran template per bagian tertentu.

Dari beberapa cara merubah ukuran template blog yang saya pelajari, hanya merubah per bagian-bagian template seperti lebar halaman postingan, lebar sidebar dan lain-lain. Pernah terapkan untuk merubah ukuran template flexible pada blog saya, namun hasilnya akan tidak sesuai harapan. Akan ada sedikit perbedaan ukuran pada tampilan dekstop PC dan mobil yang tidak proporsional.

Lihat juga : Cara Ganti Template Blog yang Benar dan Tepat Agar Jumlah Pengunjung Tidak Menurun

Perlu diketahui juga bahwa setiap desain template berbeda-beda berdasarkan si pembuatnya. Berdasarkan pengalaman saya, template-template blog yang mudah dirubah, mulai dari warna, ukuran dan font huruf yaitu template bawaan blogspot. Hal ini akan sangat berbeda ketika kita telah memakai template premium yang dibeli. Ada sebagian template premium yang mudah di utak-atik dan ada juga yang ribet untuk dirubah-rubah, apalagi seperti saya yang tidak terlalu paham tentang coding atau script.

Merubah ukuran template flexible sesuai keinginan pada blog


Jadi bagi pengguna yang memakai template flexible pada blog dan ingin merubah ukuran template menjadi lebih kecil atau besar sesuai keinginan anda dengan mudah dapat mengikuti langkah berikut :

1. Buka dashboard blog

2. Tema

3. Edit HTML

4. Cari kode di bawah ini (untuk mempermudah tekan CTRL + F) dan masukkan kode di bawah

.content-wrapper{position:relative;width:100%;max-width:1050px;margin:0 auto}

Angka 1050 yang saya tandai warna merah merupakan ukuran template awal, silahkan dikurangi jika bagi yang mau memperkecil dan tambahkan jika mau merubah ukuran template lebih besar.

5. Jangan lupa simpan perubahan setelah selesai merubah ukuran template.

Dengan menerapkan cara merubah ukuran template flexible seperti di atas, maka secara keseluruhan ukuran template akan merubah mulai dari header, sidebar dan laman postingan. Silahkan sesuaikan ukuran template seperti yang diinginkan.

Lihat juga : Jangan Pernah Ganti Template Blog AMP Jika Ragu-Ragu

Saya sendiri lebih suka ukuran blog diperkecil sebab sebagai publisher adsense, tampilan blog yang tidak terlalu lebar membuat iklan lebih mudah dan terfokus oleh pengunjung, dengan begitu dapat memicu potensi klik iklan yang ada di blog sehingga jumlah klik meningkat. Semoga bermanfaat bagi anda para pengguna template flexible buatan Mas Adhy kompi ajaib, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar