6 Cara Mempercepat Akses Google Chrome Agar Tidak Lama Loading di Komputer

6 Cara Mempercepat Akses Google Chrome Agar Tidak Lama Loading di Komputer

Pada saat ini, semua informasi dan ilmu pengetahuan telah dapat diakses dengan mudah hanya dengan bermodalkan laptop/komputer dan ponsel yang didukung untuk mengakses internet. Ditambah lagi paket data internet, namun kita juga dapat menggunakan wifi untuk dipasang di rumah atau memperoleh internet gratis melalui tempat-tempat nongkrong yang semakin banyak tersedia.

Google chrome merupakan aplikasi yang sangat banyak dipakai untuk mengakses internet oleh para pengguna. Tak heran jika hampir semua komputer yang baru dibeli, pasti telah dipasang aplikasi yang satu ini. Dengan begitu kita tidak lagi repot dalam menggunakan komputer untuk berselancar bebas secara online.

Semua pengguna internet selalu menginginkan kenyamanan dalam menggunakan aplikasi google chrome di komputer mereka. Namun pada kenyataanya, terkadang kita dibuat bosan dengan loading google chrome yang cukup lama. Hal dapat menyita waktu yang telah kita buat dalam beberapa aktivitas kita.

Lihat juga : Cara Termudah Mengatasi Masalah Google Chrome yang Tidak Bekerja

Seperti misalnya kita berencana menggunakan internet hanya sejam, tapi dengan akses yang lambat akibat dari aplikasi google chrome sehingga membuat kita dapat duduk berjam-jam di depan komputer untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Google Chrome Lebih Cepat Bekerja


Jika anda mengalami masalah tentang aplikasi google chrome yang sangat lambat loading saat membuka laman web, maka dapat mencoba menerapkan dengan cara ini :

1. Periksa koneksi internet


Sebelum membahas lebih jauh, hal pertama yang perlu saya ingatkan yaitu periksa koneksi internet yang anda pakai, sebab bisa juga akibat lambatnya kinerja google chrome bukan pada aplikasi tersebut melainkan pada akses internet yang lambat atau tidak stabil.

Lihat juga : 6 Tips Mengatasi Koneksi Wifi yang lemah atau Hilang Tiba-Tiba

2. Nonaktifkan ekstensi yang tidak digunakan


Pada chrome terdapat beberapa ektensi yang secara default akan aktif ketika aplikasi ini terpasang di komputer. Hal ini kebanyakan belum disadari oleh banyak pengguna. Ada sebagian pengguna yang menggunakannya dan ada juga yang tidak menggunakan ekstensi chrome sama sekali. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan ekstensi yang tidak terpakai, atau semuanya dimatikan jika memang tidak ada yang digunakan.

Cara menonaktifkan ekstensi chrome :

Buka aplikasi chrome - klik titik tiga pada bagian kanan atas - pilih more tools dan pilih ektensi


Anda akan masuk pada beberapa ekstensi bawaan google chrome, silahkan dinonaktifkan dengan mengeser tanda aktif/nonaktif. Perhatikan ekstensi mana yang dipakai dan tidak, sehingga tidak salah dalam menonaktifkan.

Seperti pada gambar di atas, terlihat saya telah menonaktifkan beberapa ekstensi bawaan google charome dan mengaktifkan hanya satu yang saya gunakan.

3. Menutup TAB yang tidak terpakai


Terkadang ketika telah keasikan berinternet, kita lupa menutup tab yang tidak lagi kita lihat. Hal ini juga dapat membuat lambat kerja google chrome sebab ada juga web/blog yang kadang memakai refresh otomatis. Jadi laman web mereka akan loading kembali dengan sendirinya tanpa kita sadari dengan begitu google chrome menjadi semakin lambat beroperasi.



4. Menghapus riwayat pencarian 


Berdasarkan pengalaman saya, riwayat pencarian pada chrome juga dapat membuat lambat loading. Hapus semua riwayat pencarian anda dengan cara : klik kanan pada tanda tiga di atas kemudian pilih riwayat atau histori dan hapus. Rubah waktu menjadi semua waktu (all time) agar semua riwayat terhapus.

Terutama bagi anda yang gemar mendownload film menggunakan chrome, langkah ini juga akan membuat proses download menjadi cepat, dengan catatan jaringan internet baik.

5. Kembali ke pengaturan awal chrome


Berdasarkan saran situs bantuan chrome yaitu merubah ke pengaturan awal atau default untuk mempercepat kinerja google chrome dalam merayapi semua akses internet yang kita lakukan.

Cara membuat chrome kembali ke pengaturan awal :

Klik titik tiga kanan atas - pilih pengaturan/setting - lanutan/advanced, lihat bagian paling bawah pada Reset and clean up dan pilih Restore settings to their original defaults


Demikian 5 cara yang cukup mudah dilakukan untuk mendapatkan kinerja aplikasi google chrome lebih cepat dan tidak loading. Sebebnarnya ada juga cara yang disampaikan pada situs bantuan chrome yaitu dengan menghapus malware atau virus, namun menurut saya cara-cara di atas juga cukup efektif untuk mendapatkan chrome cepat akses saat digunakan pada komputer. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

6. Bersihkan komputer 


Bersihkan komputer melalui chrome dimaksudkan untuk menemukan dan menghapus aplikasi yang berbahaya jika ditemukan, agar membuat chrome lebih maksimal bekerja. Caranya mudah saja, lakukan seperti cara kelima di atas tapi pilih opsi yang bawah yaitu Clean up komputer.

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar