8 Cara Mudah Memperbaiki iPad Mini yang Tidak Mau Hidup (Nyala)

8 Cara Mudah Memperbaiki iPad Mini yang Tidak Mau Hidup (Nyala)

Jika iPad mini anda tidak mau menyala setelah menekan tombol home, sepertinya terjadi masalah. Namun, ada perbaikan yang cukup mudah untuk dilakukan. Dalam beberapa kasus, membuat iPad mini kembali hidup hanya membutuhkan beberapa langkah mudah.

1. Apakah iPad Mini Aktif ?


Jika tombol home tidak merespon, iPad mini mungkin mati. Coba tekan tombol Sleep/ Wake di bagian atas iPad dan tunggu Logo Apple muncul sebelum melepaskan.

2. Apakah layarnya Terlalu Gelap ?


IPad anda mungkin sebenarnya aktif, tetapi anda tidak dapat melihat layar karena kecerahannya terlalu redup. Bawa iPad anda ke ruangan gelap dan coba untuk menyesuaikan kecerahan. Jika anda telah memperbarui ke iOS 12, geser ke bawah dari sudut kanan atas. Untuk iOS 11 atau lebih lama, geser ke atas dari bawah.

3. Baterai 


Setiap kali anda meletakkan iPad Mini ke bawah, tanpa mematikannya, aplikasi yang berjalan di latar belakang masih menguras baterai. Artinya, bisa menghabiskan seluruh baterai iPad Mini, meski tanpa menggunakan perangkat. Tunggu sebentar ketika anda memasukkan iPad ke pengisi daya dan lihat sudut kanan atas tempat ikon baterai muncul sehingga anda akan siap untuk memperhatikan apa yang terjadi sebelum dan sesudah anda mencolokkan pengisi daya ke stopkontak. Inilah yang harus diperhatikan :

a. Jika ikon baterai tampak merah, bukan hijau, baterainya sangat rendah. Biarkan saja terus mengisi daya, tanpa menggunakan iPad, sampai ikon berwarna hijau sehingga iPad memiliki kesempatan untuk memulihkan kekuatan baterai.

b. Jika layar masih hitam dan anda bahkan tidak melihat ikon baterai merah, iPad mini mungkin tidak memiliki cukup daya untuk menampilkan status baterai. Biarkan terus mengisi selama beberapa jam, mungkin membutuhkan waktu lebih lama agar baterai bisa pulih.

c. Jika ikon baterai berkedip sebelum layar menjadi gelap, iPad mini tidak menerima daya yang cukup untuk mengisi daya. Pastikan anda menggunakan setidaknya 5W USB Power Adapter yang terpasang ke dinding.

4. Pengaruh Suhu


Jika Anda membiarkan iPad Mini di dalam mobil yang panas atau dalam suhu yang sangat dingin, iPad anda dapat mati atau menolak mengisi daya. Jika ini masalahnya, bawa iPad mini ke suhu kamar yang stabil sebelum anda mencoba memulai atau mengisi daya perangkat lagi.

5. Periksa Port Pengisian Daya


Apakah ada debu atau debu yang menghalangi port pengisian ? hal dapat mencegah pengisi daya ke sambungan sehingga iPad tidak dapat mengisi daya. Coba gunakan tusuk gigi kayu untuk membersihkan port pengisian daya.

6. Lakukan Pembaruan Sistem


Anda dapat mencoba menginstal ulang perangkat lunak iOS di perangkat . Ini tidak akan menghapus semua data, tetapi ini akan mencoba menginstal ulang pembaruan terbaru. Inilah cara untuk mencoba metode ini :

a. Persiapan : Di Windows atau Mac, buka iTunes. Pastikan komputer memiliki versi iTunes terbaru sebelum anda mulai.

b. Masukkan kabel pengisi daya ke iPad, tetapi bukan komputer.

c. Tahan tombol Home pada iPad sambil secara bersamaan mencolokkan ujung kabel pengisi daya ke komputer.

d. Terus tekan tombol Home pada iPad sampai layar Connect to iTunes muncul.

e. Ulangi langkah sebelumnya jika layar Connect to iTunes tidak muncul setelah 30 detik.

f. Lepaskan tombol Utama saat anda melihat layar yang menunjukkan kabel Lightning, panah dan ikon merah iTunes. anda akan melihat opsi untuk Perbarui atau Pulihkan. Pilih Perbarui.

7. Mode Pemulihan


Jika cara di atas tidak ada yang berhasil, anda mungkin harus mengarahkan iPad ke mode pemulihan. Ini akan mengembalikan iPad ke pengaturan pabrik yang akan menghapus semua data di iPad anda. Jika sebelumnya anda telah mencadangkan iPad Mini, anda akan dapat memulihkan data dari cadangan terakhir.

Untuk memasukkan iPad Mini ke dalam Recovery Mode, ikuti langkah-langkah di atas untuk Pembaruan Sistem, tetapi pilih Pemulihan daripada Perbarui. Kemudian, pilih OK untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik.

8. Biarkan Seorang Ahli Memeriksanya


Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil, anda mungkin memiliki masalah dengan perangkat keras pada iPad Mini. Pilihan terakhir adalah pergi ke bar Genius Apple atau Pusat Perbaikan Bersertifikat Apple.

Itulah cara mengatasi  iPad mini yang tidak mau hidup dengan mudah, semoga dapat dipraktekkan dengan baik dan membantu. Terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar