Cara Hapus Postingan Blog yang Tepat agar Tidak error 404 Terus-Menerus

Cara Hapus Postingan Blog yang Tepat agar Tidak error 404 Terus-Menerus

Bagi seorang blogger, memublikasikan postingan di blog merupakan aktivitas yang sering dilakukan. Namun, sering juga menghapus sebuah postingan karena alasan tertentu. Seperti postingan yang mengandung kontroversi dengan orang lain dan mengharuskan untuk dihapus dari blog. Apalagi bagi seorang blogger yang juga menjadi pulisher adsense, semua postingan harus sesuai dengan kebijakan google adsense. Jika tidak sesuai, sering mendapat email peringatan untuk mengedit atau menghapus postingan yang melanggar tersebut.

Untuk mengapus postingan yang sudah dipublish pada blog, bukan hanya sebatas menghapus seperti biasanya yaitu secara langsung tanpa ada tindakan lain sebab cara seperti itu dapat membuat postigan blog kita akan tampil error 404 secara terus menerus karena masih tetap terindeks oleh google.

Setiap postingan yang kita hapus akan masih sering tampil di mesin pencarian atau blog kita karena secara sistem google belum menghapus dan masih terdeksi. Jadi selain menghapus dari blog kita juga harus mengapusnya dari sistem google atau webmaster tools. Jika tidak laman error 404 akan terus menerus muncul di URL yang telah di hapus ?

Bagaimana Cara Menghapus Postingan Blog yang Benar ?


Cara menghapus postingan blog yang benar yaitu menghapus dari blog dan juga di webmaster tools google. Belum tahu apa itu webmaster tools dan cara mendaftarkan blog kita ? 


Jika blog anda belum terdaftar di webmaster tools, silahkan didaftarkan terlebih dahulu agar dapat menggunakan tools google dalam menganalisis perkembangan blog kita ini. Jika anda sudah terdaftar dan terverifikasi di webmaster tools maka ikuti cara menghapus postingan blog atau link blog dari google.

Tips :

Hal yang sering saya lakukan sebelum menghapus sebuah postingan di blog yaitu copy terlebih dahulu alamat link postingan dan simpan di notepad atau ms word. Alamat postingan inilah yang nanti kita hapus dari sistem google agar postingan benar-benar hilang dan tidak akan tampil lagi (error 404).

1. Buka webmaster tools atau google search console https://search.google.com/search-console/about

2. Muali sekarang, masuk dengan alamat email

3. Pilih versi lama


Saya sendiri masih nyaman dengan versi lama jadi pada tutorial kali ini masih memakai versi lama 

4. Pilih google indeks - hapus URL - sembunyikan sementara - terus

Setelah mengklik terus maka akan tampil kirim permintaan sebagai proses berikut dan tunggu beberapa jam maka akan terlihat keterangan status URL telah dihapus dari sistem google.


Biasanya akan butuh waktu beberapa minggu atau bulan hingga postingan benar-benar hilang dari google. Jangan tanya kenapa karena pihak google yang lebih paham akan hal itu.

Begitulah cara menghapus postingan blog yang benar agar benar-benar terhapus dari search engine dan blog kita sehingga tidak selalu tampil error 404. 

Jangan lupa juga untuk mengecek link postingan terhapus yang tertaut pada postingan lain. Karena setelah postingan dihapus setiap link postingan tersebut akan menjadi link mati pada tautan postingan lain. Hal ini akan berdampak buruk pada blog. 

Silahkan dicek dan hapus link mati tersebut, Baca : Cara mengetahui Link Blog yang Rusak Sekaligus Memperbaikinya

Semoga postingan ini bermanfaat khususnya bagi para blogger pemula seperti saya, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar