5 Jenis Usaha Rumahan Khusus Buat Ibu-Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan

5 Jenis Usaha Rumahan Khusus Buat Ibu-Ibu Rumah Tangga yang Mudah Dilakukan

Memiliki penghasilan dalam dunia ekonomi terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari.

Bukan hanya suami atau kepala keluarga yang mencari nafkah tapi para ibu-ibu rumah tangga yang lebih banyak berada di rumah pun dapat melakukan aktivitas usaha dalam meraup rupiah.

Dengan bisnis rumahan yang dilakukan oleh ibu-ibu di rumah, selain memiliki kesibukan tambahan dalam mengurus rumah, hal ini juga dapat menghilangkan rasa bosan dan jenuh dengan rutinitas yang biasa dilakukan setiap hari ketika berada di rumah.

Home industri atau industri rumahan saat ini semakin berkembang dengan kreativitas para ibu-ibu rumah tangga yang bekerja bersama dalam membangun usaha mereka, anda juga dapat melakukan hal itu. Mungkin berawal dari diri sendiri tapi jika dilakukan dengan tekun dan sungguh-sungguh, tidak menutup kemungkinan akan menjadi kelompok besar yang memiliki usaha bersama para ibu rumah tangga.

Apalagi yang namanya ibu rumah tangga sudah pasti bisa masak atau membuat makanan lain. Dengan kemudahan mengakses internet saat ini, dapat mempermudah mempelajari banyak hal melalui video-video tutorial yang banyak dibagikan oleh orang lain sehingga dapat membantu jika ada ketidaktahuan tentang resep masakan dan hal-hal lainnya.

Lihat juga : 14 Sektor Bidang Usaha yang Dapat Digeluti Oleh Pengusaha Pemula

Pernah suatu ketika saya melakukan perjalanan ke daerah Minahasa Selatan, Sulawesi Utara dan dalam perjalanan, salah seorang teman berhenti untuk membeli kue pia (sebutan lokal) atau bakpia. Ini pertama kali saya sampai di tempat pembuatan kue pia tersebut. Saya pun ikut turun dari mobil dan berjalanan masuk. Bukan sebuah toko atau kios, hanya rumah berukuran tidak terlalu besar dan di dalamanya terdapat sekitar 5 orang ibu-ibu yang sedang membuat kue pia dengan beberapa rasa.

Kagum dan terinspirasi melihat usaha rumahan kue pia yang dilakukan oleh ibu-ibu itu, bahkan tempat pembuatan kue mereka tersebut sudah banyak diketahui oleh orang-orang. Dengan begitu secara otomatis meningkatkan jumlah pelanggan mereka. Selian enak, kita juga dapat menikmati berbagi rasa kue pia disitu. Nikmat dan renyah karena masih hangat.


Anda sebagai ibu rumah tangga juga dapat melakukan berbagai bentuk usaha rumahan sesuai dengan keahlian atau kemampuan anda masing-masing.

Usaha-Usaha Rumahan yang Dapat Dilakukan Oleh Ibu-Ibu Rumah Tangga

1. Membuka Kios di Rumah

Kios merupakan usaha rumahan yang sangat banyak dilakukan oleh ibu-ibu dirumah. Mudahnya saja menjalanakan usaha kios sebab hanya membeli barang dari agen, letakkan di kios dan menunggu serta melayani orang untuk datang membeli.

Namun, jangan lupa bahwa saking mudahnya melakukan usaha rumahan ini, maka tidak sedikit ibu-ibu di rumah yang melakukannya. Bahkan ada kios-kios yang bertetangga atau hanya berjarak sekitar 10 hingga 20 meter.

Jangan khawatir, rejeki sudah ada yang atur, kita hanya melakukan aktivitas usaha dengan usaha keras serta selalu berdoa. Kunci usaha pada dasarnya tekun, konsisten dan ramah terhadap pelanggan.

Lihat juga : Dapat Ilmu Bisnis Berharga Dari Orang Sukses

2. Membuat Cemilan/Camilan

Cemilan merupakan istilah yang umum atau banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia tapi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia tertulis Camilan yang berarti makanan kecil atau dalam kehidupan sehari-hari juga sering disebut makanan ringan.

Bagi ibu-ibu rumah tangga, dapat menjalankan usaha makanan ringan yang dibuat di rumah. Misalnya keripik pisang atau ubi, ini hanya salah satu contoh. Anda dapat memilih jenis makanan ringan atau camilan apa saja sesuai keahlian anda dalam membuatnya.

Camilan apapun yang anda buat tersebut dapat anda pasarkan di rumah atau dititipkan pada kios-kios sekitar anda atau di luar dari lingkungan anda tinggal. Bukan hanya kios atau warung, dapat juga titipkan di toko-toko.

Jika camilan yang anda buat semakin banyak pelanggan dan laris manis maka dapat dikembangkan dengan mulai membuat label sendiri. Disaat kebutuhan pelanggan semakin meningkat maka saat itulah anda mulai membuat kelompok usaha bersama ibu-ibu rumah tangga lainnya dalam meningkatkan produksi makan ringan yang anda buat.

Ketika omset atau penghasilan semakin meningkat, mulailah merekrut beberapa orang tenaga kerja khusus untuk mengantar atau mendistribusikan produk camilan anda ke pelanggan-pelanggan atau ke kios dan toko-toko tadi. 

Saat itulah anda menjadi seorang ibu rumah tangga sukses yang berhasil dalam usaha rumahan dan mampu membuat lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Ada seorang teman saya tapi bukan ibu-ibu, dia belum menikah. Beberapa waktu lalu teman saya itu ikut kursus membuat kue. Dalam proses pembelajaran, mereka diajarkan membuat berbagai macam jenis kue yang kemudian memilih beberapa resep yang disukai dan dikembangkan.

Suatu hari saya main-main kerumahnya, begitu sampai saya disuruh tunggu sebentar karena teman saya sedang sibuk di dapur. Beberapa lama kemudian dia membawa banyak kue panada ke meja tamu.

" Ada apa dengan kue panada sebanyak ini ?" saya bertanya kepada dia

" Dipesan oleh ibu-ibu sebelah, lagi ada acara di rumah mereka" jawab teman saya

" Wah ! ternyata kursus buat kue kalian kemarin berhasil ya" 

" Alhamdulillah" jawab teman saya dengan rasa bahagia

Hingga saat ini, orang-orang mulai sering memesan kue kepada dia saat ada acara-acara tertentu. 

3. Menyediakan Jasa Menjahit Pakaian

Usaha rumahan yang satu ini pada dasarnya membutuhkan keahlian khusus yaitu menjahit. Usaha menjahit pakaian yang dilakukan di rumah bukanlah hal baru. Bahkan sudah banyak kita lihat dan jumpai atau mungkin kita juga pernah pergi ke tempat jahit rumahan untuk menjahit pakian.

Jika anda seorang ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan menjahit, tidak ada salahnya anda mencoba membuka jasa usaha rumahan yang satu ini.

Tidak bisa menjahit ? 

Ada ibu rumah tangga yang bisa menjahit pakaian tapi tidak ahli, mereka hanya mampu menjahit apa adanya, khususnya pakian-pakain anggota keluarga. Jangan khawatir jika anda berniat untuk membuka usaha menjahit di rumah. Banyak cara menuju roma iya kan ! hehe. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu ikut pelatihan atau kursus menjahit kepada ahlinya. Dimana ada kemauan pasti ada jalan.

Lihat juga : 101 Kata Bijak Motivasi Bisnis Dari 10 Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia Termasuk Sandiaga Uno

4. Jasa Laundry

Ketika mendengar kata loundry, anda tidak harus berpikir membutuhkan banyak modal seperti penyedia jasa laundry yang banyak anda lihat.

Jasa loundry atau mencuci pakain ini memang pada umumnya merupakan usaha rumahan. Jika memikirkan usaha laundry yang banyak mesin cuci seperti yang dilihat maka anda sendiri akan sulit untuk memulai usaha laundry di rumah anda. Padahal prinsip laundry itu adalah mencuci pakaian milik orang lain, itu saja.

Saya pernah beberapa kali menggunakan jasa ibu rumah tangga di lingkungan saya tinggal untuk mencuci pakaian saya. Ibu tersebut tidak secara langsung mrmbuka jasa mencuci pakaian. Namun, ketika saya tawarkan untuk mencuci pakaian saya, si ibunya mau dengan bayaran yang disepakati bersama. Bayaran sudah termasuk harga deterjen.

Pakaian saya berikan pada malam hari, kebetulan cuaca keesokan harinya mendukung sehingga pada malam harinya pakain saya sudah diantar kerumah.

Berdasarkan pengertiannya laundry merupakan aktivitas mencuci pakaian dengan air dan deterjen. Jadi anda sebagai seorang rumah tangga juga dapat melakukannya dengan menyediakan jasa laundry di rumah.

Coba lihat orang-orang di lingkungan tempat tinggal anda yang masih bujang dan tawarkan jasa mencuci pakaian mereka, besar kemungkinan mereka akan mau. Kebetulan saat menulis ini saya juga masih bujang, jadi mau saja ketika ada yang tawarkan hehe. Istilah dalam dunia usaha namanya jemput bola atau tawarkan jasa dalam mencari pelanggan. Apalagi bagi anda seorang ibu rumah tangga yang tinggal di sebuah rumah dinas atau perumahan, pastinya banyak tuh peluang calon pelanggan yang menggunakan jasa laundry.

5. Membuka Kursus

Salah satu usaha rumahan yang juga sangat mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga yaitu membuka kursus.

Membuka kursus apa ? Buatlah kursus sesuai dengan keahlian anda

Sebagai contoh, seorang ibu yang pandai berbahasa inggris membuka kursus bahasa inggris buat anak-anak daerah tempat tinggalnya. Para orang tua merasa senang karena anak-anak mereka dapat mulai belajar bahasa inggris dengan baik mulai dari kecil. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, begitu pentingnya bahasa inggris sebagai saat ini dan di masa yang akan datang bagi anak-anak mereka sehingga mereka bersedia membayar jasa ibu rumah tangga tersebut dalam mengajarkan anak-anak mereka berbahasa inggris.


Ada juga seorang ibu rumah tangga yang pandai bermain piano, kemudian dia membuka jasa belajar secara pribadi (les privat) bagi orang yang ingin belajar piano.

Anda juga dapat melakukan hal-hal seperti kedua contoh di atas sesuai dengan keahlian anda.

Itulah usaha-usaha bagi ibu rumah tangga yang menurut saya mudah untuk dilakukan dalam mengisi waktu luang di rumah, sehingga bukan saja berprofesi sebagai ibu rumah tangga (IRT) tapi anda juga dapat berpenghasilan meskipun hanya berada di rumah. Dengan begitu keadaan ekonomi keluarga akan semakin baik dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar