6 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Akan Membeli Laptop Baru

6 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Akan Membeli Laptop Baru

Laptop atau komputer menjadi kebutuhan yang sangat penting pada zaman modern seperti sekarang ini. Berbagai macam aktivitas kehidupan manusia kini cenderung harus menggunakan laptop/komputer. Hal ini dapat kita lihat dalam kehidupan sehari-sehari.

Seperti aktivitas perkantoran,  siswa sekolah, mahasiswa di kampus bahkan masyarakat yang pada umumnya saat ini sangat tertarik menggunakan laptop untuk kebutuhan internet mereka.

Bukan hanya bagi orang dewasa, bahkan bagi anak-anak saja saat ini mereka sudah begitu familiar dengan yang namanya laptop, meskipun hanya sebatas main game. Apalagi seperti kami para blogger, hampir setiap harus beraktivitas dengan laptop, baik untuk menulis, membuka media sosial dan mencari informasi-informasi di internet sebagai bahan tulisan. Berbeda dengan zaman dahulu yang masih jarang atau sedikit orang-orang yang menjalani aktivitas tanpa harus selalu menggunakan laptop. 

Lihat juga : Apa itu Komputer ? Pengertian dan Penjelasan Komputer Serta Bagian-Bagian Komputer

Teringat ketika dulu, teman-teman dan saudara saya sering bertanya ketika akan membeli laptop :

Apa merek laptop yang bagus untuk dibeli ?

Bagaimana spesifikasi laptop yang baik agar tahan lama ?

Itulah pertanyaan yang umum sering ditanyakan oleh mereka. Akhirnya saya terpikirkan untuk menulis ini untuk berbagi di blog ini.

Saya akan membagi beberapa tips bagi anda yang akan membeli laptop dalam memenuhi kebutuhan pekerjaan, sekolah, kuliah dan lain-lain. Ini hanyalah tips-tips yang perlu anda lakukan ketika baru membeli bukan terkait merek apa yang baik sebab pada dasarnya semua merek laptop ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan disini yang tidak membahas hal itu.

Hal-Hal yang Harus Dilakukan Ketika Akan Membeli Laptop

1. Pastikan laptop akan dipergunakan untuk apa

Tujuan penggunaan laptop merupakan pertanyaan pertama yang sering saya tanyakan kepada orang-orang yang mau membeli laptop (orang yang bertanya kepada saya).

Dengan bertanya seperti itu maka saya dapat mengetahui apa tujuan pengunaan laptop yang akan dibeli. Misalnya digunakan untuk mengetik, nonton, dengar musik atau main game yang ringan hingga besar agar dapat menyesuaikan spesifikasi laptop yang akan dibeli.

Jika laptop hanya digunakan untuk mengetik, nonton, mendengarkan musik, main game ringan bawaan aplikasi di laptop dan online maka spesifikasi laptop cukup yang standar juga dapat memenuhi kebutuhan anda. Namun, jika digunakan untuk desain grafis, main game yang berkapasitas besar apalagi secara online maka membutuhakan laptop dengan spesifikasi khusus.

Apa itu spesifikasi laptop ?

Spesifikasi leptop lebih sering disebut spek laptop merupakan bagian-bagian perangkat keras (hardware) pada laptop yang mendukung kinerja laptop dalam menjalankan aplikasi atau perangkat lunak (softwear) yang diinstal/pasang pada laptop ketika digunakan.

Spesifikasi laptop terdiri dari : RAM, VGA, prosesor dan lain-lain. Semakin tinggi komponen-komponen spek laptop semakin baik laptop untuk digunakan sesuai kebutuhan. Jadi jangan lupa melihat pada bungkusan laptop atau bertanya langsung ke penjual tentang berapa kapasitas spesifikasi laptop yang akan dibeli.


2. Perhatikan dengan baik kondisi laptop

Perlu dilihat secara baik keadaan laptop ketika dibeli. Apakah segelnya masih utuh atau sudah pernah pernah dibongkar. Hal memastikan agar laptop yang akan dibeli memang benar-benar masih asli dari pabrik dan belum pernah di utak-atik. 

3. Coba hidupkan laptop

Untuk memastikan laptop yang anda beli normal maka lakukan uji coba dengan menghidupkan di tempat pembelian, menderkan musik, memutar video dan mencoba ngecas laptop. Pastikan semuanya normal sebelum kembali ke rumah sebab jika kerusakan terjadi di rumah maka itu bukan lagi urusan penjual atau toko tempat anda membeli.

4. Bertanya tentang garansi

Jangan lupa menanyakan garansi laptop pada penjual. Biasanya setiap pembeli laptop memilik garansi dalam perbaikan dan lama garansi beragam ada yang satu tahun, dua tahun bahkan bisa saja di bawah satu tahun. 

Perhatikan penjelasan penjual secara seksama terkait garansi sekaligus service center atau lokasi pusat perbaikan agar anda tidak kebingunan nantinya dan jangan lupa mengambil kartu garansinya sebab itu adalah bukti jika anda akan melakukan perbaikan ketika masa garansi masih berlaku.

5. Simpan nomor kontak toko atau penjual

Simpan nomor telepon toko tempat anda membeli laptop atau penjualnya agar jika ada sesuatu hal yang perlu ditanyakan, dapat langsung menghubungi mereka tanpa harus kembali lagi ke tempat tersebut. Nomor kontak biasanya akan tertera pada nota pembayaran atau kartu garansi. Namun, jika tidak dicantumkan nomor kontak maka anda harus meminta.

6. Periksa semua kelengkapan laptop

Sebelum kembali ke rumah, jangan lupa untuk periksa kembali semua kelengkapan laptop yang telah dibeli. Kelengkapan laptop seperti charger dan bonus-bonus lain jika ada. Biasanya ada bonus perangkat lain ketika membeli laptop seperti alas keyboard, tas laptop dan mouse.

Catatan : 

Rawat dan jaga laptop anda dengan baik, apapun merek laptop yang anda beli, baik mahal atau murah semua akan bertahan lama ketika anda teratur dalam merawat laptop tersebut.


Sekian tips-tips yang dapat saya bagikan bagi anda yang akan membeli laptop baru guna memenuhi segala kebutuhan aktivitas dalam segala profesi, semoga bermanfaat. Terima kasih
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar