50 Tips Menghemat Uang Dalam Mengatur Biaya Kebutuhan Hidup

50 Tips Menghemat Uang Dalam Mengatur Biaya Kebutuhan Hidup

Menghemat uang termasuk dalam usaha mengatur pengeluaran biaya hidup sehari-sehari yang kadang sulit kita lakukan sebab sebagai manusia terkadang semakin banyak uang semakin tinggi pula kebutuhan hidup. Namun, jika telah dibiasakan untuk mengatur keuangan sejak awal maka hal itu juga akan terbiasa dilakukan meskipun telah memperoleh penghasilan yang banyak.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menghemat uang. Namun, kita juga harus memilih cara mana yang membuat kita mampu untuk dilakukan dalam manajemen pengeluaran biaya kebutuhan hidup.

Berikut ini 50 tips menghemat uang yang dapat dilakukan anda pilih sesuai dengan kenyamanan anda dalam melakukannya :

1. Matikan televisi

Salah satu cara yang efektif untuk menghemat uang adalah dengan mematikan televisi. Ada banyak keuntungan finansial dari ini antara lain: mengurangi pengaruh iklan yang negatif, lebih banyak waktu untuk fokus pada hal-hal lain dalam hidup, mengurangi penggunaan listrik, dan tak mudah tergoda membeli barang-barang yang ada di iklan TV.

2. Hindari mengkoleksi barang

Kebanyakan orang memiliki hobi mengkoleksi barang-barang. Mulai dari koleksi sepatu. Koleksi uang kuno. Koleksi perangko luar negeri. Koleksi lukisan mahal. Ataupun koleksi barang-barang lainnya. Barang koleksi ini sangat menghamburkan uang anda. Dan kurang atau bahkan tidak bermanfaat. Lebih baik sedekahkan sebagian uang anda bagi anak yatim, untuk menambah koleksi pahala anda. Supaya anda lebih berpeluang masuk surga.

3. Membuat hadiah sendiri, bukan membeli barang-barang dari toko

Anda dapat membuat campuran makanan , lilin , roti , kue , sabun , dan segala macam hal-hal lain di rumah dengan cukup mudah dan murah. Hadiah buatan sendiri memiliki nilai unik. Karena melibatkan sentuhan tangan kita sendiri. Sehingga akan lebih dihargai oleh sang penerima.

4. Membuat Daftar Belanja Saat Pergi Berbelanja

Satu yang harus Anda lakukan adalah jangan pernah pergi ke sebuah toko tanpa ide yang kuat apa yang akan Anda beli di sana. Buatlah rencana yang cermat apa saja yang akan Anda beli, kemudian berpedomanlah pada daftar itu ketika Anda pergi ke toko. Jangan beli yang lain ya...

Lihat juga : 6 Tips yang Harus Dilakukan Ketika Akan Membeli Laptop Baru

5. Jangan membuang beberapa pakaian yang rusak Perbaikilah

Jangan buang baju hanya karena kancing patah, atau sobek sediki di ujung. Tapi jahitlah dengan rapi dengan memakai warna benang yang sesuai dengan warna pakaian.

6. Jangan menghabiskan banyak uang hanya untuk menghibur anak-anak

Sebagian besar anak-anak sudah cukup terhibur dengan cara yang murah atau bahkan gratis. Anda tak perlu harus membeli mainan mahal. Buatlah mainan dari bahan-bahan bekas. Kreatiflah. Mainlah bersama-sama mereka. Yang mereka butuhkan sesungguhnya adalah waktu kebersamaan denganmanda. Bukan mainan-mainan aneh-aneh yang mahal.

7. Minum lebih banyak air putih .

Minum air putih lebih banyak dapat menyehatkkan tubuh anda. Selain itu juga membuat perut anda lebih kenyang. Sehingga tak perlu jajan berlebihan. Faktanya banyak orang sering mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Ini dapat menimbulkan penyakit dan tentu saja penyakit itu butuh uang.

8. Pastikan Lampu Mati Sebelum Anda Pergi

Jika Anda mau menghabiskan satu menit mematikan lampu sebelum dua jam perjalanan Anda, itu adalah bentuk penghematan yang efektif, terutama jika Anda melakukannya sebelum perjalanan yang lama. Hematlah energi. Matikan lampu jika tidak diperlukan!

9. Sarapan pagi

Makan sarapan yang sehat dapat memenuhi kebutuhan Anda akan energi untuk hari itu dan juga menurunkan keinginan Anda untuk makan siang dalam porsi besar di tengah hari. Tidak hanya itu , sarapan bisa sangat sehat , cepat , dan murah .

10. Hindari rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang

Selain haram, rokok, alkohol dan narkoba sangat menghancurkan tubuh & hidup anda. Sekaligus menghancurkan finansial anda. Pecandu alkohol dan narkoba tidak akan pernah mendapatkan kebahagiaan. Baik dunia maupun akherat. Mereka juga tidak akan mampu mengendalikan kehidupannya sendiri. Setiap hari hanya ingin menkonsumsi barang haram terlarang tersebut. Tidak ingin beramal sholeh. Tidak ingin beraktifitas lainnya. Sedangkan pecandu rokok, dapat mengakibatkan kantong kempes dan merusak kesehatan tubuhnya dan orang-orang di sekitarnya. Padahal merusak tubuh sendiri hukumnya haram. Ingatlah bahwa tubuh kita merupakan titipan Yang Maha Kuasa. Kita wajib menjaganya.

Lihat juga : Segera Berhenti Merokok Sebelum Terlambat Demi Kesehatan yang Lebih Baik

11. Daripada membeli permen, simpan uang receh Anda

Daripada membeli permen, lebih baik simpan uang receh anda. Menabung atau menyimpan uang receh dapat memberikan penghematan yang luar biasa. Jika misalnya setiap hari kita menyimpan Rp.500 rupiah. Maka setiap tahun kita sudah memiliki tabungan sebesar Rp. 182.500,- Jumlah yang tidak sedikit. Selain itu, terlalu banyak makan permen berkadar gula tinggi juga dapat menimbulkan sakit diabetes. Berbahaya.

12. Melacak pengeluaran Anda

Setidaknya sebulan sekali cobalah untuk memeriksa, dan mencatat untuk meninjau apa yang telah Anda beli . Kemudian, tanyakan pada diri sendiri apakah pengeluaran tersebut sudah wajar ?

13. Jangan Beli Barang-barang Mahal Karena Gengsi

Pikirkan dulu sebelum membeli barang mahal untuk setidaknya selama 1 minggu. Bila barang tersebut benar-benar dibutuhkan dan tak tergantikan, maka silahkan membelinya. Bila niat membeli barang tersebut hanya karena gengsi, maka lupakan saja. Gengsi itu berbahaya. Mubazir. Sering-seringlah berkunjung ke sanak saudara yang masih miskin. Bawakan oleh-oleh yang signifikan. Manfaatkan betul uang anda. Agar bernilai dunia dan akherat. Sebab, hidup di dunia tak dapat diulang.

14. Membeli barang secara rombongan (partai besar)

Tawarkan ke teman-teman anda untuk membeli barang yang sama, secara rombongan. Karena anda dan teman anda akan mendapatkan harga khusus (bulk price). Anda dapat berhemat dengan gaya pembelian seperti ini.

15. Membawa bekal makan siang untuk bekerja

Daripada selalu jajan untuk makan siang, bawalah bekal makan siang dari rumah. Makanlah bekal makan siang anda, dan minumlah air putih di kantor. Ini dapat menghemat setidaknya Rp.10.000,- Artinya, dalam sebulan anda dapat berhemat Rp.250.000,- alias seperempat juta. Dan dalam setahun, uang anda sudah terkumpul Rp.3 juta rupiah. Wow. Bisa untuk Qurban 1 ekor kambing ukuran JUMBO. Tambah pahala, tambah bahagia.

16. Meminta dokter Anda untuk resep obat generik

Obat generik dapat menghemat biaya dan pengeluaran anda. Sebab obat generik lebih murah dan terjangkau harganya dibandingkan dengan obat-obatan non generik.

17. Membeli barang secara online

Membeli barang secara online dari toko terpercaya dapat menghemat waktu, biaya transportasi dan lebih praktis. Bahkan anda dapat membandingkan dan mencari harga termurah dari berbagai toko online tersebut. Hal ini sulit anda lakukan bila membeli secara tradisional, dengan mendatangi tokonya satu persatu. Beli secara online juga dapat menghemat biaya transportasi karena tak perlu mengeluarkan uang bensin atau membayar taksi.

18. Gunakan Kartu ATM dari kios ATM yang sama.

Jika ATM anda dari Bank A, maka pilihlah ATM Bank A untuk menarik uang. Jangan dari Bank B atau C atau bank lain. Karena anda akan terkena biaya administrasi yang cukup besar. Bisa mencapai Rp.10.000,- atau bahkan lebih.

19. Pilih kontraktor perbaikan rumah dengan bijak

Jika anda ingin memperbaiki rumah, pilihlah kontraktor yang hasil kerjanya bagus dan harganya terjangkau. Mintalah rekomendasi dari orang-orang yang pernah memakai jasanya.

20. Gunakan penutup jendela untuk memblokir sinar matahari

Di musim panas, gunakan penutup jendela ini untuk memblokir sinar matahari, untuk menjaga suhu rumah anda tetap sejuk, sehingga tak perlu sering-sering menyalakan AC.

21. Hematlah penggunaan gas Anda

Gunakan panci air yang bisa berbunyi saat air mendidih. Sehingga anda tidak perlu membuang-buang gas karena lupa mematikan panci air.

22. Carilah penjualan di outlet diskon

Ada perbedaan harga yang besar antara pakaian yang dijual di toko-toko diskon dan dijual secara reguler di banyak department dan toko-toko. Namun harus diingat, belilah pakaian karena memang perlu, bukan karena “mumpung sedang diskon”

23. Menghemat biaya komunikasi

Saat internet menjadi kebutuhan penting, banyak konsumen yang membayar lebih untuk kapasitas komunikasi internet yang tidak dibutuhkan. Oleh karena itu, bila memungkinkan gunakan satu wifi untuk satu rumah. Agar bisa hemat.

24. Berkomunikasi melalui Whatsapp daripada melalui SMS

Jika Anda on-line, berkomunikasilah lewat aplikasi whatsapp atau semacamnya yang gratis tanpa biaya. Ini sangat menghemat biaya, bila dibandingkan dengan SMS yang pastinya dikenai tarif oleh operator.

25. Bacalah buku-buku di perpustakaan

Bila buku yang ingin anda baca telah tersedia di perpustakaan, maka tidak perlu membelinya. Baca saja di perpustakaan. Toh, yang anda perlukan adalah ilmunya, bukan koleksi buku fisiknya kan ?

26. Baca koran gratis via Online

Bila anda ingin mendapatkan berita secara gratis dan cepat, tak perlu membeli koran atau majalah. Buka saja situs-situs berita online. Segudang berita dapat anda baca gratis. Dan beritanya juga lebih up to date.

Lihat juga : 6 Cara Mendapatkan Uang Melalui Internet Hanya Modal Wifi dan Paket Data Internet

27. Berlangganan majalah yang harus dibaca

Jika Anda harus memiliki sebuah majalah tertentu setiap bulan, yang tidak bisa anda dapatkan secara gratis, maka silahkan berlangganan. Dengan berlangganan anda akan mendapatkan diskon khusus.

28. Menggabungkan layanan TV kabel , internet dan layanan telepon

Perusahaan sekarang menawarkan gabungan layanan yang tidak hanya biaya yang semakin berkurang, tapi menawarkan kenyamanan tagihan tunggal. Disebut Play Paket Tiga (Kabel, Internet, dan Telepon) penawaran ini merupakan layanan gabungan yang dapat menghemat biaya.

29. Jaga kesehatan

Menjaga kesehatan dapat menghilangkan biaya-biaya obat, rumah sakit dan dokter. Ini sangat membantu keuangan anda. Seringkali biaya menjaga kesehatan itu jauuh lebih ringan daripada biaya pengobatan. Misalkan membeli jeruk dan jambu untuk suply vitamin C itu jauh lebih mudah dan hemat, daripada membeli obat jika terlanjur sakit.

Lihat juga : Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Untuk Dilakukan Sehari-Hari

30. Atur menu makanan Anda

Dengan mengatur (merencanakan dan menjadwal) menu makanan keluarga, maka anda dapat berhemat karena jarang makan diluar. Makan cepat saji bukan hanya memperboros pengeluaran, namun juga tidak sehat.

31. Beli barang second

Daripada membeli barang baru, lebih baik membeli barang bekas yang masih bagus. Anda bisa mendapatkan separuh harga dari barang baru. Toh, saat anda beli barang baru, ketika sampai rumah, barang tersebut otomatis menjadi barang bekas juga. Namun perlu diingat, cek kondisi dulu sebelum membeli.

32. Survei Sebelum Membeli

Pernahkah anda membeli sepatu di toko tertentu, lalu menyesal setelah menemukan sepatu yang sama persis dengan harga yang jauh lebih murah di toko sebelah ?. Tentu ini menjengkelkan. Maka, survei terlebih dulu sebelum membeli sesuatu. Minimal lakukan survei 3 atau 4 toko.

33. Pilih bola lampu LED (lampu hemat energi)

Berapa jumlah bola lampu di rumah anda ? Bila anda memakai lampu LED, maka anda bisa menghemat sampai dengan 50% energi listrik. Maka dengan memakai lampu LED hemat energi ini di seluruh ruangan rumah anda, Andapun dapat berhemat setidaknya minimal 20% dari tagihan biasanya. Ini artinya, anda dapat menghemat uang yang lumayan. Tiap bulan rutin ! Jangan lupa, lampu sebelumnya jangan dibuang. Jual saja ke toko lampu bekas.

34. Pasang alarm saat mencharge gadget

Bila anda termasuk orang yang pelupa, set alarm pada gadget anda sebelum mencharge nya. Set alarm 2 atau 3 jam, sampai kira-kira gadget anda penuh terisi daya. Jangan sampai anda membuang-buang energi yang sia-sia. Karena ini artinya anda telah membuang uang dengan percuma. pemborosannya MENJADI banyak, bila dikalikan sekian gadget dan dalam sebulan dikalikan 30 hari.

35. Menggunakan Popok kain di saat saat libur

Jika anda setiap saat memakai diaper sekali pakai untuk bayi anda, maka bukan hanya boros uang, bayi anda juga terancam mengalami infeksi saluran kencing. Sebab, sang Ibu cenderung hanya mengganti diaper beberapa kali saja dalam sehari. Tidak langsung diganti saat bayi telah buang air kecil. Ini artinya diaper yang telah terkena kencing yang penuh kuman tersebut terus menempel pada tubuh bayi anda setidaknya beberapa jam. Beberapa jam ini cukup bagi kuman untuk menimbulkan gatal, infeksi kulit dan bahkan infeksi saluran kemih. Maka dari itu, sesekali saat anda libur, pakaikan popok kain saja. Ini lebih hemat. Dan lebih sehat. Karena begitu bayi anda mengompol, anda langsung tahu dan langsung menggantinya. Lebih hemat. Lebih sehat.

36. Berjalan

Ketika cuaca mendukung, cobalah berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain yang biasanya anda harus naik mobil atau sepeda motor. Selain bisa berhemat uang bensin, anda juga mendapatkan tubuh yang lebih sehat, dan jantung yang lebih kuat. Ini artinya risiko terkena penyakit jantung menjadi berkurang. Dan tentu saja, dompet anda menjadi sedikit lebih tebal karena tak perlu sering-sering membeli bensin.

37. Tak perlu membeli pakaian bermerek

Tren pakaian maupun merek pakaian bukanlah sesuatu yang harus selalu diikuti. Bahkan kalau perlu sesekali dihindari. Sebab merek pakaian mahal, belum tentu sebanding dengan “value” atau nilai yang anda peroleh. Biasakanlah menitikberatkan “value” daripada merek. Carilah pakaian yang nyaman dipakai, anda happy memakainya, dan tidak mahal. Dan yang paling penting, jangan umbar aurat anda di depan umum. Semakin anda umbar aurat anda, maka semakin “murah” harga diri anda.

38. Masukkan uang belanjaan Anda dalam amplop khusus

Biasakanlah mengalokasikan uang ini itu pada pos-posnya secara terpisah di amplop-amplop khusus. Misalnya anda sediakan :

“Amplop belanja” “Amplop sedekah” “Amplop wisata” “Amplop investasi” dll

Dengan menyediakan amplop-amplop yang terpisah seperti itu, maka anda akan lebih mudah dan lebih disiplin dalam mengatur keuangan. Sehingga tidak boros pada pos tertentu dan pelit pada pos pos yang lain.

39. Berbelanja seminggu sekali

Bila memungkinkan berbelanjalah seminggu sekali. Ini sangat menghemat waktu, tenaga, pikiran dan terkadang juga uang. Sebab, dengan berbelanja seminggu sekali, anda bisa mendapatkan diskon tertentu untuk barang-barang tertentu. Dan yang pasti, anda dapat menghemat pengeluaran uang bensin.

40. Pinjam meminjam Peralatan Mahal

Bila anda hobi berkebun, mungkin anda memerlukan peralatan yang harganya mahal, seperti mesin pemotong rumput dan semacamnya. Nah, cara bijak untuk berhemat adalah anda tak harus membelinya. Namun meminjam dari tetangga yang memilikinya dengan komitmen anda akan meminjami peralatan yang anda punya dan dia tidak. Dengan demikian terjadi hubungan yang saling menguntungkan. Saling pinjam meminjam yang fair dan menguntungkan.

41. Periksa ulasan (review pelanggan)

Selalu luangkan waktu anda beberapa menit untuk membaca ulasan atau review pelanggan saat anda akan membeli barang-barang elektronik. Sebab, ulasan pelanggan ini memberi informasi yang sangat penting bagi anda, mana produk yang memiliki value terbaik. Yaitu perbandingan antara harga dan kualitas yang terbaik. Dengan demikian, anda tak perlu keliru membeli barang yang value nya rendah. Yang pada akhirnya justeru membebani keuangan anda jika harus sering-sering pergi ke bengkel service hanya untuk membetulkan barang yang rusak.

42. Menemukan penerbangan murah

Ingin terbang ? Bandingkan dulu harga termurahnya. Coba carilah di situs seperti tiketdotcom, nusatripdotcom, wegodotcom, atau situs penjual tiket pesawat lainnya. Dengan menggunakan situs pembanding harga ini, jangan kaget kalau anda bisa berhemat jutaan bahkan puluhan juta rupiah.

43. Berbagi wisata untuk memotong biaya

Anda ingin berwisata dengan lebih hemat ? Ajaklah saudara, teman atau kerabat yang lain untuk berbagi wisata. Bila satu mobil muat 7 orang kenapa hanya diisi dengan 3 orang saja ? Carilah 4 orang lagi, dan berbagilah ongkos bensin dengan mereka. Lebih hemat bukan ?

44. Menanam Sayur di tanah kosong

Rumah anda masih ada tanah kosong ? Kenapa anda tidak tanam bayam, cabai, tomat dan sayuran lainnya. Belilah bibit yang unggul. Dan mulai tanamlah hari ini. Tidak terasa, 2 bulan lagi, anda sudah bisa mulai memanen hasilnya. Dan yang pasti, anda bisa mengkonsumsi sayuran yang segar, tanpa pestisida, lebih seha, dan lebih hemat ! Jangan lupa, menurut penelitian, menanam tanaman ini juga dapat menghiangkan kejenuhan dan stres. Untuk itu, menanam sayur sesungguhnya bukan hanya berfungsi penghematan, tapi juga berfungsi sebagai hiburan keluarga.

45. Kalau bisa sewa, kenapa harus beli ?

Jika Anda membutuhkan kostum tertentu untuk acara tertentu, cobalah untuk menyewanya, bukan membelinya. Sebab kostum tersebut biasanya hanya dipakai sekali dalam setahun, atau malah cuma sekali sumur hidup. Mubazir kan kalau harus beli ?

46. Matikan air saat menggosok piring

Semprotkan sedikit air pada semua piring di wastafel, kemudian mematikannya saat menggosok seluruh piring tersebut. Putar kembali air ketika saatnya untuk membilas. Mencuci piring dengan cara yang hemat air seperti ini tidak hanya baik untuk lingkungan, tapi baik juga untuk dompet Anda :-)

47. Memangkas biaya AC

Ingin udara di rumah lebih sejuk? Tanamlah banyak pohon di sekitar rumah anda. Karena pohon tersebut dapat menurunkan suhu lingkungan, sekaligus mensuplai oksigen yang sangat menyehatkan paru-paru anda. Tanamlah pohon ! Maka anda akan jarang-jarang menghidupkan AC di rumah anda.

48. Memanfaatkan transportasi umum

Tak ada salahnya sekali atau dua kali dalam seminggu anda menggunakan transportasi umum (Bis atau Kereta Api) untuk pergi ke kantor. Dengan gaya hidup seperti ini, anda dapat menghemat uang bensin dan turut menyelamatkan lingkungan karena mengurangi jumlah polusi udara.

49. Membuat Sirup / Jus buatan sendiri

Anda dan keluarga suka minum sirup atau jus ? Sering-seringlah membuat sirup atau jus sendiri. Lebih alami. Lebih sehat. Dan lebih hemat. Kenapa lebih sehat? Karena anda tak perlu memakai bahan kimia. Pemanisnya juga gula murni, bukan pemanis kimia buatan. Kenapa lebih hemat? Karena anda tak perlu membayar profit ke perusahaan produsen sirup kan ?

50. Membuat makanan bayi Anda sendiri

Membuat makanan bayi sendiri bukan hanya hemat, tapi juga sehat. Sebab, anda tak perlu memakai bahan-bahan kimi pengawet yang berbahaya. Dan andapun bebas memilih bahan-bahan alami terbaik buat buah hati anda.

Lihat juga : 5 Pemicu Datangnya Stres yang Sering Terjadi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah menentukan tips menghemat uang yang cocok dengan anda, maka lakukanlah itu secara konsisten hingga menjadi terbiasa agar tujuan untuk mengatur keuangan dengan baik dapat tercapai. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar