Tips Membangun Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Tips Membangun Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Memiliki sebuah blog merupakan hal yang menarik bagi setiap orang. Pada dasarnya ada beberapa tujuan seseorang dalam membuat sebuah blog di antaranya yaitu untuk menulis apa yang ingin ditulis bagi orang-orang yang suka menulis dan ada yang menjadikan blog sebagai sumber penghasilan bagi mereka.

Bagi yang ingin membangun blog hingga memiliki penghasilan perlu diketahui bahwa hal itu tidaklah cukup mudah seperti yang kita bayangkan, butuh keseriusan dan cara yang benar agar apa yang diinginkan dapat tercapai dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Lihat :

Belajar Ngeblog Secara Otodidak (Belajar Sendiri) Sampai Saat Ini

4 Tujuan Ngeblog yang Banyak dimiliki Para Blogger

3 Tujuan Blogging untuk Bersenang-Senang

Tips Membuat Blog dari Awal Hingga Menghasilkan


Tips membangun blog dari awal hingga dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan yang akan saya share ini berlaku untuk umum bagi semua orang yang berencana membuat dan membangun sebuah blog untuk mempublikasikan apa yang mereka tulis atau lakukan atau memperoleh penghasilan.

1. Memilih Tema (Nice) Blog

Sebelum membuat sebuah blog, hal pertama yang harus dipikirkan yaitu menentukan tema blog. Secara umum tema blog dibagi dalam 2 kategori yaitu tema khusus dan tema campuran atau lebih sering dikenal tema gado-gado dalam dunia blogger.

Blog yang hanya membahas satu tema merupakan blog yang hanya fokus pada sebuah pembahasan tertentu, misalnya sebuah blog yang hanya membuat postingan tentang android, komputer, pendidikan, kesehatan dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk tema blog campuran (gado-gado) merupakan blog yang membahas semua tema apa saja. Dapat juga dikatakan blog serba ada, jadi banyak sekali pembahasan atau postingan berbagai tema yang ada di situ. Sebagai contoh, lihat saja blog saya ini yang termasuk dalam kategori blog gado-gado.

Lihat juga :

Tips Memilih Tema (Nice) yang Baik Untuk Membuat Blog Baru

Blogger Blog Gado-Gado Banyak Inspirasi Untuk Menulis

Tentukan apa tema blog yang akan anda buat, fokus pada satu topik pembahasan atau semua pembahasan. Semua kategori tema blog memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing jadi saya tidak akan membahasanya terlalu jauh di sini. Hal pentinga yang harus dilakukan yaitu selalu rajin dan konsisten membuat postingan blog agar blog dapat berkembang dengan baik.

2. Menentukan Nama Blog

Langkah selanjutnya yang harus dipikirkan untuk mulai membuat blog yaitu memilih nama blog. Ingat nama blog juga berpengaruh terhdapa indeks google ke blog kita hal ini berkaitan dengan google cepat mendeteksi blog kita dan dapat muncul di halaman pertama. Teknik ini pada blogger yang sudah berpengalaman sering disebut SEO (Search Engine Optimization).

Coba perhatikan blog-blog yang sering anda kunjungi, mereka sering menggunakan nama blog memakai nama admin atau blogger tersebut, misalnya blog saya ini. Untuk itu, anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan memakai nama anda sebagai nama blog yang akan dibuat.

Namun, saya lebih merekomendasikan agar memilih nama blog sesuai dengan tema yang telah anda pilih. Coba lihat blog-blog yang hanya membahasa satu tema, mereka kebanyakan menggunakan nama blog sesuai dengan tema mereka. Hal ini seperti yang telah saya katakan di atas bahwa akan memudahkan google untuk mengindeks blog kita agar cepat mendatangkan pengunjung bahkan dalam jumlah yang banyak.

Perhatikan gambar di bawah, ini merupakan blog yang membahas satu tema yaitu android. Lihat nama blognya memakai nama temanya yaitu tis dan tricks android sedangkan nama alamat blognya juga memakai nama pembahasannya.

Tips Membangun Blog dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Bagi Pemula

Perbedaan nama blog dan alamat blog


Ketika membuat blog, anda akan diminta memasukkan alamat blog yang kemudian akan menjadi link atau URL blog tersebut sedangkan nama blog merupakan nama yang akan muncul pada tampilan blog anda.

Memenetukan alamat dan nama blog merupakan hal terpenting di awal pembuatan blog karena ketika blognya sudah jadi dan mulai aktif jangan pernah mengganti lagi nama blog sebab hal itu dapat membuat blog anda hilang dari pencarian google dan pengujung blog akan menurun drastis. Butuh waktu yang cukup lama lagi untuk kembali di indeks google dan pengunjung kembali normal.

Banyak blog yang telah sukses, baik yang memakai nama blog sesuai dengan tema blog dan yang memakai nama blog sesuai dengan nama admin atau pemiliknya. Jadi, anda tidak perlu dipusingkan dengan memilih nama blog. Silahkan tentukan nama blog dan alamat blog yang akan anda buat.

3. Memakai Top Level Domain (TLD)

Saya lebih menyarankan agar segera memakai TLD pada blog yang akan dibuat. Penjelasan TLD sederhananya yaitu alamat blog anda bukan lagi yang gratis seperti blogspot atau wordpress tapi sudah menggunakan .com, .id, .info, co.id dan lain-lain.

Hal ini mengantisipasi ketika kita menggunakan paltform gratis seperti blogspot dan wordpress dan akan beralih ke TLD maka akan terjadi lagi penurunan penunjung, ini juga merupakan pengalaman pribadi saya. Selain itu, bagi yang membuat blog dengan tujuan untuk meghasilkan uang di kemudian hari maka segera memakai TLD agar lebih mudah untuk mencapai tujuan tersebut.

Banyak situs-situs terpercaya yang menyediakan jasa TLD. Namun, untuk menggunakan top level domain ini memeperlukan sedikit biaya sekitar 200-500 ratus ribu pertahunnya. Domain yang saya gunakan sekarang sekarang, melalui Rumah Web. Untuk cara pembelian dan situs-situs penyedia TLD dapat anda baca di internet.

4. Mendesain Blog

Desain blog mencakup banyak hal di antaranya menggunakan template (tampilan) blog yang respinsif dan menggunakan widget blog seperlunya jangan berlebihan.

Template blog yang responsif artinya ketika blog kita dibuka pada berbagai perangkat seperti HP, Tablet dan komputer maka tampilan blog kita akan menyesuaikan ukuran dengan perangkat yang digunakan. Hal ini membuat pengunjung lebih nyaman berkunjung ke blog kita.

Jangan memasang widget blog yang berlebihan, hal agar agar blog kita ringan alias cepat loadingnya. Selain membuat pengunjung nyaman, mesin pencarian seperti google juga sangat senang pada blog-blog yang responsif dan cepat diakses. Ketika pengunjung membuka blog kita dan lambat terbuka laman blog mereka akan langsung pergi dan mencari blog lain.

Banyak template blog responsif yang tersedia pada blog-blog yang membahas tentang template. Dapat anda download secara gratis atau membelinya agar menjadi premium bagi anda.

Lihat juga :

Cara Ganti Template Blog yang Benar dan Tepat Agar Jumlah Pengunjung Tidak Menurun

Cara Paling Gampang Mengetahui Kecepatan Blog Ketika Di Akses Oleh Google

Jangan Berlebihan Pasang Widget Blog, Agar Blog Ringan (Buat Pemula)

8 Manfaat Widget Blog di Blogspot yang Sering Digunakan

Cara Gampang Menambahkan Widget di Blogspot Dengan Mudah

5. Mulai Membangun Blog

Sudah memilih tema blog, nama blog dan mendesain blog, sekarang mulailah serius membangun blog dengan membuat postingan atau tulisan yang orisinil. Artinya tulisan yang ditulis sendiri bukan hasil copy paste, google atau mesin pencari di internet tidak menyukai postingan-hasil copy paste. Jika anda melakukan hal itu maka blog anda akan sulit berkembang sesuai dengan harapan anda. Hal itu disarankan bagi yang bertujuan membangun blog untuk memperoleh penghasilan. Bagi yang membuat blog dengan tujuan hanya untuk mempublikasikan tulisan bukan berpenghasilan, dapat santai dan enjoy dalam membangun blognya.

Lihat juga : Teknik SEO Alami Berasal Dari Keunikan Konten Blog

6. Menghasilkan Uang dri Blog

Banyak cara untuk dapat menghasilkan uang dari blog denga syarat utamanya yaitu blog kita telah layak dan telah memiliki banyak pengunjung.

Mendapatkan penghasilan dari iklan produk sebuah perusahaan


Ketika blog kita sudah berkembangan dengan baik dan memiliki ribuan bahkan ratusan pengunjung, apalagi blog kita menjadi populer. Bisa saja sebuah perusahaan atau perorangan yang akan menghubungi kita untuk memasang iklan produk mereka dan kita akan dibayar setiap bulannya dengan harga sesuai dengan hasil kesepakatan bersama. Semakin banyak jumlah pengunjung blog maka semakin besar pula standar harga yang dapat kita tentukan.

Mendaftarkan blog ke google adsense


Menjadi publisher google adsense, itu yang saya lakukan sekarang. Mendaftarkan blog ke google adsense agar dapat memasang iklan google di blog kita dan kita akan menerima pembayaran per bulan dari google dengan batas yang akan dibayar minimal 100 dollar atau 1,3 juta rupiah.

Lihat :

Apa Itu Google Adsense dan Manfaatnya Bagi Blogger

Publisher AdSense Harus Sabar Untuk Menghasilkan Uang

Di Indonesia telah banyak blogger yang sukses menjadi publisher adsense dan hampir sebagian blogger lebih memilih berpenghasilan dari blog melalui google adsense.

Beberapa syarat agar blog cepat diterima menjadi publisher google adsense telah saya singgung di awal yaitu menggunakan TLD, template responsif, menulis konten tanpa copy paste dan membuat menjadi blog ringan. Ada juga blog yang tidak memakai TLD yang diterima tapi saya lebih menyarankan memakai TLD agar lebih mempermudah. Blog yang memakain top level domain akan terlihat lebih profesional dari blog yang masih gratisan.

Cara mendaftar ke google adsense dapat dan baca pada blog-blog di internet, sangat banyak blog yang membahas tentang hal itu.

Menjadi Afiliasi sebuah produk


Selain memasang iklan dari perusahaan atau menjadi publisher adsense, kita juga bisa menjadi afiliasi pada berbagai produk. Ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa afiliasi. Afiliasi yaitu kita membantu menjual suatu produk dan dari hasil penjualan kita akan mendapatkan sekian persen (%) yang telah ditentukan dengan cara memasang iklan produk mereka di blog.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang dari blog tapi dengan syarat blog kita telah memiliki banyak pengunjung.

Saya sangat menyarakan agar lebih fokus pada satu cara dalam menghasilakan uang dari blog agar maksimal pendapatan anda. Misalnya saya sendiri hanya fokus menjadi publisher google adsense demi mencapai hasil yang maksimal.

Lihat juga :

Belajarlah Dari Blogger Sukses Jika Ingin Sukses Seperti Mereka

Fokus Saja Ngeblog Jika Ingin Berpenghasilan

Demikian 6 tips tentang cara membangun blog dari awal sampai dapat menghasilkan uang dari blog yang kita kelola, lebih dan kurangnya dapat anda pelajari lagi, semoga bermanfaat bagi anda para blogger pemula termasuk saya. Terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar