5 Tips Berbicara di Depan Publik Dengan Mudah Tanpa Merasa Gugup yang Berlebihan

5 Tips Berbicara di Depan Publik Dengan Mudah Tanpa Merasa Gugup yang Berlebihan

Dapat berbicara di depan banyak orang merupakan salah satu harapan banyak orang. Suatu kebanggaan pribadi ketika kita mampu berdiri di depan publik dan menyampaikan banyak hal-hal yang positif kepada orang banyak pada sebuah pertemuan atau forum resmi.

Dapat berbicara di depan orang banyak juga merupakan impian bagi seorang mahasiswa, hal itu juga yang saya rasakan ketika menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri.

Namun, pada kenyataannya, banyak orang yang berkeinginan untuk dapat berbicara dengan cukup baik di depan orang banyak tapi hanya sebagian kecil orang yang mampu melakukan hal itu. Salah satu faktor utama yang menjadi penyebab seseorang belum mampu berbicara dengan baik di depan publik yaitu malas untuk belajar.

Lihat juga : Cara Membentuk Pikiran Positif Dari Sudut Pandang Positif

Ketika memonton acara televis tentang dialog para tokoh-tokoh nasional yang membahas suatu masalah tertentu menjadi enak untuk dilihat ketika seni berbicara mereka yang menarik dan ditambah lagi penyampaian ide-ide yang cemerlang hingga membuat kadang kita iri dan berharap bisa seperti mereka.

Ketika seorang mahasiswa yang berdiri di depan dan berorasi dengan baik, membuat mahasiswa lain merasa kagum dan berkeinginan dapat menjadi seperti itu. Namun, kembali lagi semua memiliki proses yang harus dilalui dengan baik melalui belajar, berlatih dan membiasakan diri untuk tampil di depan orang banyak.

Tips Berbicara di Depan Umum Dengan Mudah

Untuk membantu tercapainya keinginan dapat berbicara di depan orang banyak dengan baik, berikut saya akan berikan beberapa tips mudah yang dapat dilakukan.

1. Pahami apa yang akan disampaikan

Kenapa seseorang sangat grogi ketika berbicara di depan banyak orang ?

Menurut saya karena dia tidak terlalu paham materi atau apa yang akan disampaikan sehingga mengurangi rasa percaya diri pada dirinya sendiri.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan " lebih baik berkeringat saat persiapan dari berkeringat ketika tampil di depan publik "

Pepatah di atas mengajarkan kepada kita bahwa sangat pentingnya persiapan yang matang. Sebelum tampil berbicara di depan orang banyak, pelajari dengan baik materi yang akan disampaikan sehingga kita menjadi sangat percaya diri. Sebab biasanya dalam foum publik, ada tahapan tanya jawab antara peserta dan pembicara atau pemateri. Ketika kita tidak mampu menjelaskan dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan, maka disitulah kita akan dinilai kurang mampu dan itulah penyebab gugup yang kita rasakan akibat kurang persiapan dan pemahaman terkait materi yang disampaikan.

2. Datang sebelum acara dimulai

Datang sebelum acara dimulai merupakan tips tampil di depan orang banyak yang selalu saya lakukan. Hadirlah pada acara yang akan dilakukan lebih awal atau sekitar 1 jam sebelum dimulai, hal ini agar kita menjadi akrab dengan para panitia atau peserta di forum yang akan mendengarkan apa yang kita sampaikan di depan mereka.

Manfaat datang sebelum dimulainya suatu acara sangat bermanfaat untuk mengatasi rasa grogi yang berelbihan ketika berbicara di depan orang banyak karena sebelum tampil, alangkah baiknya tegur sapa dengan peserta atau panitia pelaksana sambil berbincang sebentar menunggu di mulainya acara yang akan dilakukan.

3. Sering membaca

Kenapa saya menggunakan kata sering membaca dan bukan suka membaca atau rajin membaca ? sebab ada tipe orang yang tidak terlalu suka membaca bahkan rajin membaca, oleh karena itu saya lebih senang menggunakan kata sering membaca. Suka atau tidak untuk membaca tapi seringlah untuk membaca ketika ada kesempatan dan ketenangan diri.

Sering membaca dapat membuat seseorang memilik banyak kosa kata ketika berbicara. Ketika membaca otak kita bekerja dan memori menyimpan setiap kata-kata yang kita baca sehingga ketika berbicara di depan orang banyak nantinya, akan terucap kata yang kita baca tersebut.

Bukan hanya asal baca saja tapi yang terpenting juga yaitu memahami apa yang dibaca, sehingga pemahaman-pemahan itulah yang akan menjadi isi pembicaraan di publik.

Membaca disini saya membaginya dalam dua kategori umum yaitu membaca buku dan membaca kehidupan yang terjadi di lingkungan kita dan sebuah permasalah yang terjadi. Dengan memahami setipa permasalahan yang terjadi dapat membuat kita menjadi peka dan peduli sehingga dapat disampaikan kepada orang lain secara publik.

4. Membahas yang Dibaca

Semua yang kita baca, baik tulisan maupun lisan harus dibahas dengan orang lain, seperti teman atau kerabat yang sama-sama suka untuk berdiskusi. Membahas apa yang dibaca menjadi penting agar kita mendapatkan sebuah kesimpulan yang tepat dan kita tidak salah dalam pemahaman, Semakin banyak dibahas lebih baik lagi.

Lihat juga : Materi Retorika Sekaligus Debat Publik Untuk Mahasiswa dan Umum

Misalnya ketika kita membaca buku sejarah, carilah teman atau kenalan anda yang sangat paham tentang sejarah, nah, ajaklah untuk berdiskusi sehingga anda semakin paham.

5. Perbiasakan Berbicara di Forum Kecil

Maksud dari forum kecil yaitu forum-forum formal yang hanya dilakukan pada lingkup kecil. Misalnya bagi mahasiswa, dilakukan rapat pada sebuah oragniasasi jurusan atau diskusi-diskusi kelompok termasuk proses belajar mengajar saat jam kuliah. Bagi masyarakat umum misalnya rapat di kelurahan atau RT.

Ketika forum kecil seperti, berusahalah untuk terbiasa berbicara dengan berkomentar atau menyampaikan saran. Hal ini dilakukan agar kita terlatih dalam berbicara dan melatih mengendalikan rasa gugup kita saat berbicara di orang banyak. Rasa gugup akan tetap ada sebagai manusia, meskipun seseorang telah terbiasa berbicara di depan umum tapi tetap saja merasa gugup. Jadi sebaik-baiknya yang harus dilakukan yaitu membiasakan diri untuk mengendalikan rasa gugup tersebut melalui forum-forum kecil.

Lihat juga : Pentingnya Kecerdasan Berbahasa (Berbicara) yang Dapat Membuat Kita Sukses

Penyebab utama seseorang tidak mampu untuk tampil berbicara di depan orang yaitu gugup dan kurangnya pemahaman tentang materi yang dibahas. Jadi ketika kita sering membaca, berdiskusi dan berbicara pada forum maka dengan sendirinya akan membuat kita mampu mengendalikan rasa gugup kita dan membuat kita semakin baik ketika berbicara di forum-forum besar. seperti dialog publik, diundang pada sebuah acara televisi, membakan seminar dan lain sebagainya. Dengan kemauan yang kuat saya yakin semua akan dapat tercapai lewat usaha, doa dan belajar hingga terbiasa.

Demikian 5 tips mudah yang dapat dilakukan agar seseorang mampu dan baik berbicara di depan orang banyak, selamat mencoba dan semoga berhasil.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar