Sertifikat (Seminar) Bagaikan Segalanya Bagi Para Pengagumnya

Sertifikat (Seminar) Bagaikan Segalanya Bagi Para Pengagumnya

Sertifikat merupakan sebuah bukti nyata atau tertulis yang diberikan oleh pihak yang berwenang atas sertifikat itu kepada seseorang atau kelompok. Dengan kata lain sertifikat ini menjadi alternatif penting untuk mencapai suatu tujuan (Impian dalam pencarian perkerjaan). Contohnya sertifikat Seminar yang diberikan pada setiap peserta seminar yang telah menghadiri acara seminar.

Contoh kasus pada berapa bulan lalu para panitia penyelenggara seminar mensosialisasikan kepada para mahasiswa Unsrat. Tentang seminar yang bertemakan "Young Enterpreneur" atau pengusaha muda, dengan pemberian Sertifikat sebagai bukti bahwasanya mahasiswa yang dapat sertifikat pernah mengikuti itu.

Lihat juga : Predikat Cum Laude Bukan Jaminan Kesuksesan

Terbayangkan oleh mahasiswa itu kedepan nanti bisa menjadi pengusaha terlebih lagi yang masih usia muda, pasti sangat menyenangkan. Namun, ekspektasi tak sesuai realita. Memang tidak semuanya instant terlebih lagi ini masalah pekerjaan atau usaha.

Bermunculah ungkapan dari para mahasiswa yang saat itu ikut seminar "young enterpreneur", dengan ungkapan-ungkapan yang kurang baik untuk didengar. Dengan menceritakan suasana pada saat seminar berlangsung. Menurut mereka hanya kerugian yang didapatkan. Karena seminar itu tidak mampu mewujudkan apa yang menjadi kebingungan saat itu.

Lihat juga : Sarjana Gadungan

Seiring barlalunya waktu, lagi-lagi dengan bahasa yang sama untuk mensosialisasikan tentang usaha. Dengan sebagian mahasiswa khususnya Fapet unsrat tidak mau untuk ikut. Dikarenakan pengalaman sebelumnya. Bisa dibilang keputusan itu bijak dan juga tidak. Mengapa saya katakan tidak? Yah karena setiap informasi itu adalah ilmu, sehingga muncul tekad yang kuat untuk membuktikan kebenarannya. Namun, mereka yang tidak lagi ingin mengikuti seminar tersebut menklaim bahwa sertifikat dari seminar bukanlah penentu untuk seseorang bisa sukses.

Lihat juga : 3 Cara Cepat Menghasilkan Uang Setelah Baru Wisuda Sarjana

Iming-iming yang bermunculan bahwa dengan sertifikat itu kita bisa dan sangat bisa berpeluang untuk melangkah kedepan itu sebagian hanyalah fiktif belaka. Sebanyak apapun sertifikat yang kita miliki dan berlebel apapun, bukanlah sebuah jaminan untuk mampu mendobrak kerasnya tembok pekerjaan.

Para pengagum sertifikat dengan bangganya memperlihatkan dan juga memamerkannya. Lucu terasa ketika hal itu dilakulan. Dengan potensi yang tidak sesuai apakah kita memiliki peran sesuai dengan sertifikat ? Nyatanya tidak.

Lihat juga Tulisan Fanly : Kebanggaan yang Tidak Seharusnya Dibanggakan (Handphone)

Berdoa, berusaha, dan ikhtiarlah maka sukses itu akan bersemayam kepada kita. Sertifikat yang kita dapat hanyalah alternatif penunjang.

Penulis : Fanli Mandalika
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar