3 Penyebab Utama Blogger Mulai Malas Menulis di Blog Miliknya dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Utama Blogger Mulai Malas Menulis di Blog Miliknya dan Cara Mengatasinya

Semua blogger pasti mengetahui bahwa aktivitas utama mereka yaitu menulis, hal itulah yang membedakan orang yang disebut blogger dan orang yang hanya membuat blog sekedar iseng. Blogger merupakan orang yang aktif menulis pada blog miliknya. Apakah orang yang mempunyai blog harus disebut blogger ? belum tentu, tergantung sejauh mana rutin update postingan pada blognya.

Seperti contoh saya ketika masih kuliah semester satu juga telah membuat sebuah blog. Waktu itu hanya sekedar iseng, karena merasa senang jika memiliki sebuah blog. Hanya sebatas membuat dan memposting 1-3 tugas kuliah, setelah blog tidak terurus dan bahkan email dan password saya lupa. Apakah saya ketika itu layak disebut blogger ? saya rasa tidak hehe.

Jadi, ketika sudah layak disebut seorang blogger maka jangan sampai sebutan itu hilang hanya karena blog anda sudah tidak diupdate berhari-hari, berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Tantang seorang blogger sebenarnya berada pada jenuh untuk menulis hal ini disebabkan kesibukan lain (offline) atau mulai kehabisan ide untuk menulis.

Lihat juga : Blogger Blog Gado-Gado Banyak Inspirasi Untuk Menulis

Penyebab seorang blogger yang mulai malas menulis yaitu : 

1. Banyak kesibukan offline

Kebanyakan kasus yang terjadi saat blogger mulai malas membuat postingan di blognya yaitu padatnya kesbibukan offline. Wajar saja ketika seorang blogger sibuk offline, mungkin sedang mengurus sesuatu yang penting.

Untuk mengatasi hal itu, sebenarnya berada pada manajemen waktu kita. Ketika sibuknya siang hari sampai sora misalnya pasti malamya capek dan semakin malas untuk menulis di blog. Gunakan waktu subuh untuk menulis, apalagi bagi yang beraga Islam, dapat gunakan waktu sebelum atau sehabis Shalat Subuh untuk menulis.

Pada saat itu keadaan rumah dan lingkungan sekitar yang tenang lebih memudahkan kita untuk berkonsentrasi dalam menulis. Besoknya kita sibuk offline tapi update blog telah kita lakukan, bisa saja bukan hanya satu postingan tapi lebih.

2. Sibuk membuka media sosial

Sebenarnya penyebab yang satu ini lebih pada pengalaman pribadi saya haha. Kebiasan saya yaitu, setiap kali online pasti membuka situs media sosial. Pada saat sudah membuka dashboard blog dan mau menulis tiba-tiba ada pemberitauan pada komentar postingan saya atau teman. Mulailah saling membalas komentar, pesan hingga video call. Akirnya waktu menulis pun terlupakan dan tiba-tiba mulai sibuk dengan kesibukan lain dan tidak konsentrasi menulis.

Cara mengatasinya pasti mudah saja, hanya butuh kebiasaan untuk menjadi rutin. Jangan pernah membuka media sosial ketika akan menulis, baik di menulis melalui HP atau Laptop. Saya sendiri sudah mulai membiasakan hal ini, jadi saya akan membuka media sosial ketika sudah membuat satu atau dua postingan blog.

3 Kehabisan Ide Menulis

Selain rutin menulis, seorang blogger juga harus mampu menghadirkan ide-ide baru dalam membuat postingan di blog. Apalagi blog yang fokus pada satu topik, sangat dibutuhkan inspirasi pengembangan topik terkait yang ditulis. Pada blog yang membahas banyak tema atau gado-gado, tidak terlalu sulit sebenarnya untuk mencari ide menulis sebab membahas banyak sekali topik. Sama seperti blog saya ini yang membahas banyak tema.

Untuk mendapatkan ide-ide menulis ketika seorang blogger mulai jenuh untuk menulis dapat dilihat pada postingan saya berjudul Tips Mendapatkan Ide Untuk Menulis di Blog

Itulah tiga penyebab utama menurut saya yang membuat blogger mulai malas menulis dan rutin membuat postingan blog miliknya. Mungkin anda sebagai seorang blogger memiliki tambahan atau pendapat lain, silahkan berbagi pada kolom komentar di bawah, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar