Pengertian Negara, Negeri dan Bangsa Menurut Para Ahli Serta Perbedaannya

Pengertian Negara, Negeri dan Bangsa Menurut Para Ahli Serta Perbedaannya

Pengertian kata Negara, Negeri dan Bangsa terkadang sukar untuk di bedakan, demikian sebagian besar dari kita terkadang tidak sengaja menyamakan makna maupun arti dari tiga kata diatas, meskipun saling mengikat satu sama lain namun tetaplah memiliki perbedaan yang perlu untuk kita ketahui. Berikut penjelasan perbedaan melalui pengertiannya dari beberapa sumber yang dirangkum dalam tulisan singkat ini sebagai berikut :

Pengertian Negara

1. Kata negara menurut wikipedia :

Negara adalah sekelompok orang yang menempati wilayah tertentu dan memiliki organisasi pemerintah yang sah dan berdaulat. Negara juga memiliki sistem yang didalamnya terdapat aturan yang berlaku bagi setiap individu didalam wilayah negara tersebut. Syarat primer sebuah negara adalah memiliki rakyat, wilayah dan memiliki pemerintah yang berdaulat dan syarat sekundernya adalah diakui oleh negara-negara lain.

2. Negara menurut KBBI :

Adalah Organisasi di suatu wilayah yang mempunyai kekuasan tertinggi yang sah dan di taati oleh rakyatnya.

3. Negara Menurut para Ahli :

Pengertian negara menurut Benedictuz de spinoza

Negara menurut Benedictuz de spinoza adalah susunan/kumpulan masyarakat yang integral "kesatuan" antara semua golongan dan bagian dari seluruh anggota masyarakat "persatuan masyarakat organis"

Lihat juga : 



Pengertian negara menurut Prof. Miriam Budiardjo

Suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah sejumlah pejabat dan rakyatnya diminya ketaatan pada perundang-undangan, melalui kontrol atau penguasaan melalui monopolitis dan kekuasaan yang sah.

Pengertian Negeri

Pengertian negeri menurut Wikipedia :

Adalah kota atau tanah tempat tinggal, wilayah atau sekumpulan kampung "distrik". Kata negeri bertalian dengan ilmu bumi yang artinya negeri lebih identik dengan tanah kelahiran.

Pengertian negeri menurut KBBI :

Adalah tanah tempat tinggal suatu bangsa atau kampung halaman ataupun tanah tempat kelahiran.

Konklusi kata negeri

Dalam dua definisi diatas menunjukan penerangan bahwa kata negeri lebih tepatnya diartikan sebagai tempat kelahiran atau tanah kelahiran berbentuk wilayah, kampung atau desa.

Pengertian Bangsa

Bangsa menurut Wikipedia

Adalah suatu kelompok manusia yang dianggap nasioanalis, memiliki identitas bersama dan mempunyai kesamaan bahasa, ideologi, sejarah dan tujuan yang sama. Mereka diawalnya diperkirakan memiliki keturunan yang sama.

Bangsa menurut KBBI :

Bangsa merupakan sekelompok individu yang tinggal didalam sebuah ikatan batin yang dipersatukan karena mempunyai kesamaan sejarah dan cita-cita.

Bangsa menurut Para ahli

Pengertian bangsa menurut Ir. Soekarno

Presiden pertama Negara Indonesia mengatakan suatu bangsa disamping memiliki ciri-ciri tertentu juga harus ditandai adanya kesamaan rasa cinta tanah air.

Pengertian bangsa menurut Ernest Renan

Dalam suatu kesempatan pidatonya di Universitas Sorbone Paris pada tanggal 11 maret 1882. Bangsa ialah satu jiwa yang melekat pada sekelompok manusia yang merasa dirinya bersatu karena memiliki nasib dan penderitaan yang sama pada masa lampau dan memiliki cita-cita yang sama pada masa mendatang.

Pengertian bangsa menurut Joseph stalin

Suatu bangsa terbentuk secara historis, merupakan komunitas rakyat yang stabil karena terbentuk atas dasar kesamaan bahasa, wilayah, ekonomi serta perasaan psikologis yang terwujud dalam budaya bersama.


Demikian beberapa pengertian yang dirangkum semoga dapat membantu semua kesalahapahaman kita terhadap ketiga kata tersebut.

Semoga dengan sedikit penjelasan tentang pengertian dan perbedaan kata negara, negeri dan bangsa di atas dapat menambah informasi sekaligus menjadi pengetahuan bagi kita agar lebih memahami dan menempatkan kata yang tepat pada setiap kalimat yang kita ucapkan, terima kasih.

Salam Dunia Hitam Manis

Awin Buton

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar