Pengertian Argumentasi, Persepsi dan Asumsi Menurut para Ahli dan Sumber Lainnya

Pengertian Argumentasi, Persepsi dan Asumsi Menurut para Ahli dan Sumber Lainnya

Setiap kali kita beretorika tentu pasti memakai kalimat yang menjurus pada kalimat Argumentasi, Persepsi maupun Asumsi, namun sebagian dari kita terkadang sukar untuk bisa membedahkan dari ketiga tersebut.

Berikut pengertiannya yang dapat memunculkan kesadaran bahwa ketiga memiliki perbedaan sebagai berikut :

Pengertian Argumentasi

1. Pengertian Argumentasi menurut Wikipedia

Ialah salah satu jenis pengembangan paragraf-paragraf dalam penulisan yang ditulis dengan tujuan meyakinkan ataupun membujuk pembaca. Dalam penulisan argumentasi isi dapat berupa penjelasan, pembuktian, alasan atau ulasan objektif yang disertai contoh, analogi dan sebab akibat, Dengan tujuan agar supaya pembaca yakin bahwa ide, gagasan, pendapat memang benar dan terbukti.

2. Pengertian Argumentasi menurut KBBI

Ialah sebuah sanggahan atau alasan yang digunakan untuk menolak suatu oendapat, gagasan atau ide orang lain dengan memberikan alasan rasional dan objektif.

3. Pengertian Argumentasi menurut para ahli

a. Dr. Gorys keraf

seorang ahli bahasa ternama Indonesia dan sekaligus Dosen Universitas Indonesia mengatakan Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan penadapat orang lain, sehingga mereka percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan yang diinginkan penulis atau pembicara

b. Menurut Prof. Adeng Chaedar Alwasilah

Seorang guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Berpendapat bahwa Argumentasi adalah sebuah esai untuk membuktikan kebenaran atau ketidakbenaran pernyataan (Statement).

Lihat juga : Contoh Paragraf Argumentasi Serta 3 Pola Sebab-Akibatnya

Pengertian Persepsi

1. Pengertian persepsi menurut Wikipedia

Singkatnya persepsi merupakan tindakan menyusun, mengenali, menafsirkan informasi sensoris guna memberikan gambaran dan pemahaman lingkungan.

2. Pengertian Persepsi menurut Kamus Besar Psikologi

Persepsi diartikan sebagai bentuk proses seseorang terhadap lingkungan dengan menggunakan indra-indra yang akan menjadi sadar terhadap sesuatu yang ada dalam lingkungannya.

3. Pengertian Persepsi menurut para ahli:

a. Menurut Slameto persepsi merupakan proses memasukan pesan, informasi ke otak manusia melalui persepsi berkelanjutan dengan lingkungan. Hubungan dilakukan lewat indranya yaitu pendengaran, penglihatan, penciuman, peraba dan perasa.

b. Menurut W.J.S Purwodarminto. Tokoh sastra indonesia ahli perkamusan mengatakan persepsi adalah tanggapan langsung dari proses-proses yang ada beberapa hal melalui pengindraan.

Lihat juga : Kesesatan Berpikir Karena Gagal Memahami Ambiguitas Kalimat

Pengertian Asumsi

1. Pengertian Asumsi secara umum

Asumsi adalah suatu anggapan atau dugaan yang belum dapat di buktikan kebenarannya serta membutuhkan pembuktian secara langsung ataupun asumsi adalah memperkirakan sesuatu yang sebenarnya belum terjadi

2. Pengertian Asumsi menurut KBBI

Adalah dugaan yang diterima sebagai dasar atau landasan berpikir karena dianggap benar.

3. Pengertian Asumsi menurut Ahli

a. Husain dan Purnomo 2008. Dalam buku metode penelitian sosial, terbitan PT. Bumi Aksara, Jakarta mengatakan asumsi adalah pernyataan yang dapat di uji kebenarannya secara empiris berdasarkan pada penemuan, pengamatan dan percobaan dalam penelitian yang dilakukan sebelumnya.

Dari penjelasan dari pengertian ketiga sub pokok besar kita diatas diharapkan dapat membantu menjelaskan perbedaan Argumentasi, persepsi dan asumsi itu sendiri.

Lihat juga : Kajian Filsafat : Filsafat Ilmu Pengetahuan yang Tidak Menyesatkan (Buruk)

Salam Dunia Hitam Manis

Penulis : Awin Buton
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar