Macam-Macam Wisatawan dan Tingkat Kesadarannya

Macam-Macam Wisatawan dan Tingkat Kesadarannya

Berbicara mengenai turis (wisatawan) sudah tidak asing lagi bagi setiap orang khususnya masyarakat Indonesia. Dan erat kaitannya dengan destinasi wisata suatu daerah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) turis ialah wisatawan, yang terbagi dalam wisatawan asing dan wisatawan domestik.

Macam-Macam Wisatawan dan Tingkat Kesadarannya


Adapun maksud dari wisatawan asing adalah wisatawan yang berasal dari luar negeri. Sedangkan wisatawan domestik yaitu orang-orang yang dari dalam negeri itu sendiri.

Destinasi wisata pada suatu daerah juga dapat diakomodasi guna meningkatkan ekonomi suatu daerah yang terdapat tempat wisata. Dengan demikian bahwa peningkatan peminat atau pengunjung juga menjadi pemikiran bersama untuk bagaimana bisa menarik pengunjung yang akan berkunjung ke tempat wisata. Dengan spot wisata yang baik, kenyamanan juga diutamakan.

Lihat juga : Mengembangkan Destinasi Wisata Untuk Meningkatkan Ekonomi Daerah Kepulauan

Berikut adalah macam-macam jenis Turis atau Wisatawan :

1. Wisatawan Asing (Foreign Tourist) merupakan Orang asing yang melakukan perjalanan wisata yang datang memasuki negara lain, yang bukan negara sendiri.

2. Wisatawan Dalam Negeri (Domestic Tourist) merupakan seseorang atau kelompok orang yang melakukan perjalanan wisata dalam negri itu sendiri atau dalam wilayah tempat ia tinggal.

3. Domestic Foreign Tourist adalah wisatawan asing yang bertempat tinggal di suatu negara (bukan negara asal), dan melakukan perjalanan wisata di negara yang ia tempati saat itu.

4. Transit Tourist adalah Wisatawan yang sedang melakukan perjalanan wisata ke suatu wilayah tertentu. Entah itu menggunakan kapal laut, pesawat terbang, atau kendaraan lainnya, dan melakukan persinggahan seperti di pelabuhan/bandara dan bukan atas kemauan sendiri.

5. Indigenous Foreign Tourist adalah seorang yang telah bertempat tingal disuatu negara yang bukan negara asal dan telah bekerja, kemudian mendapat tugas penelitian atau mendapat tugas luar (TL), kemudian melakukan perjalanan wisata ke tempat asalnya.

6. Business Tourist adalah Orang yang melakukan perjalanan, entah itu wisatawan asing atau domestik yang mengadakan perjalanan untuk tujuan wisata ke suatu tempat. Dan akan melanjutkan perjalanan selanjutnya setelah tujuan wisata selesai.

Lihat juga : Membangun Tempat Wisata Bukan Sebatas Foto dan Publikasi

Pimicu utama sehingga turis berdatangan kita ketahui tidak lepas dari eksistensi suatu wilayah yang memiliki spot wisata terbilang menarik. Namun, apakah spot yang menarik bisa menarik pengunjung sebanyak mungkin ketika kenyamanan tidak didapati ? Realitasnya akan berbeda dan akan meninggalkan kesan yang tidak baik bagi para turis atau wisatawan.

Tingkat kesadaran untuk menjaga keasrian spot wisata haruslah dijaga terlebih lagi untuk tuan rumah. Wisatawan asing dan juga wisatawan domestik tingkat kesadarannya berbeda. Terkadang kita takut dengan kedatangan turis atau wisatawan karena dianggap dapat mempengaruhi masyarakat lokal. Namun kitalah yang tidak menyadari, bahwa kita yang sering membuat keasrian tempat wisata itu tercemar.

Contoh kasus pada waktu kegiatan akbar Manado Fiesta 2018, setelah pergelaran kegiatan tersebut banyak sampah-sampah yang berserakan. Dan itu semua sebagian besar ulah masyarakat Manado. Namun yang terlihat turis atau wisatawan asing, banyak yang turut membersihkan sampah tersebut.

Lihat juga : Kearifan Lokal Masyarakat Bunaken Tetap Melekat Ditengah Masuknya Wisatawan

Wisatawan asing sangat menjaga akan nama baik mereka, sehingga tingkat kesadaran mereka sudah tertanam dalam jiwa. Karena merasa orang dari luar sehingga mereka menjaga keasrian tersebut. Namun yang dipertanyakan lagi, orang dari dalam atau wisatawan domestik ini yang tingkat kesadarannya dikemanakan ? Jangan karena merasa kita yang menjadi tuan rumah kemudian dengan sembarangan mencemari spot wisata yang awalnya asri.

Penulis : M.Fanly Mandalika
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar