4 Hasil Uji Coba Posisi Penempatan Iklan Adsense di Blog Selama Satu Minggu

4 Hasil Uji Coba Posisi Penempatan Iklan Adsense di Blog Selama Satu Minggu

Sebagai publisher adsense, pastilah semua mau mendapatkan jumlah klik iklan google adsense yang sebanyak-banyaknya, lebih banyak lebih baik. Begitu juga dengan saya yang menginginkan pengunjung yang dapat klik iklan lebih banyak.

Dari situlah saya mulai melakukan uji coba selama satu minggu pada blog ini. Sekedar informasi agar pembaca mengetahui bahwa temlate blog yang saya gunakan saat ini adalah kompi flexible buatan Mas Adhy Suryadi admin kompi ajaib. Penggunaan template ini baru sekitar 3 bulan yang lalu, setelah sebelumnya saya memakai template AMP (Baca Kelebihan dan Kekurangan Sebelum Beralih ke Template AMP). Sengaja saya singgung tentang template karena hasil eksperimen letak iklan yang saya lakukan ini bisa berbeda dengan blog yang memakai template (tampilan) yang lain.

Ada beberapa blogger sukses dengan template yang sama seperti saya, nama blog mereka tidak saya sebutkan disini sebab itu merupakan hal privasi. Penempatan iklan adsense di blog mereka menjadi acuan saya dalam uji coba ini. Saya mengutak-atik posisi iklan di blog selama selama satu minggu ini, maksudnya selama seminggu ada beberapa uji coba yang dilakukan bukan sekali uji coba memakan waktu satu minggu. Padahal pada postingan saya tentang 5 Posisi Terbaik Penempatan Letak Iklan Adsense di Blog Untuk Meningkatkan Penghasilan namun saya selalu mencoba untuk berkesperimen demi mendapatkan hasil yang terbaik.

Posisi Letak Iklan Awal Sebelum Uji Coba

Penempatan iklan pada awal sebelum melakukan uji coba yaitu, di bilah kanan ada ukuran 600 x 300, di bawah header ada iklan link responsve. Ada iklan ukuran kotak 336 x 280 di awal paragraf (tampilan hp) dan sebelah kiri (tampilan desktop), iklan link tautan di bagian tengah postingan dan kembali 600 x 300 di akhir postingan.

Hasil Uji Coba Posisi Penempatan Iklan Adsense di Blog
Mohon maaf sebelumnya jika saya tidak menampilakan gambar asil uji coba penempatan iklan yang saya lakukan. Bukan tak mau tapi saya lupa screenshot karena terlalu fokus untuk bereksperimen tata letak iklan adsense.

Hasil uji coba di bagi menjadi 3 kategori penilaian yaitu tidak puas, puas dan sangat puas.

Uji coba pertama dan hasil klik iklan

Pada uji coba pertama, saya memasang iklan kotak ukuran 336 x 280 di bawah paragraf pertama, iklan link di tengah dan 600 x 300 di akhir tulisan sedangkan untuk tampilan beranda tetap yaitu 600 x 300 tetap di side bar kanan dan link tautan di bawah header. Hasilnya tidak puas.

Iklan link tautan di tengah postingan saya buat menjadi 5 baris kebawah, hal itu membutuhkan tindakan khsusus sebab saya memakai iklan tautan responsive. Pada iklan link yang kita responsive yang buat di akun adsense hanya terdiri dari 2 baris jika di letakkan pada posisi tertentu.


Uji coba yang kedua dan hasil klik iklan

Setelah hasil uji coba yang pertama saya lakukan puas, lanjut uji coba kedua dengan hanya memasang dua iklan di dalam postingan yaitu kotak 336 x 280 di tengah dan iklan link tautan di bawah akhir postingan sedangkan pada tampilan beranda tetap, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Hasil uji coba penempatan iklan kedua kali ini mendapatkan hasil dengan kategori puas.

Uji coba yang ketiga

Saya terus melakukan eksperimen penempatan iklan meskipun telah mendapatkan hasil yang puas, itulah saya yang senang melakukan uji coba, beginilah jika belajar blog dari awal secara otodidak.


Pada uji coba yang ketiga, tampilan iklan pada beranda blog saya rubah dengan melepaskan iklan link di bawah header dan 600 x 300 tetap. Di dalam postingan saya kembali memasang tiga iklan namun kali ini sedikit berbeda.

Saya memasang iklan link di bawah tag heading (h2), letak iklan dapat berada di akhir paragraf pertama atau paragraf kedua sesuai dengan heading yang saya buat. Heading merupakan kata kunci judul postingan yang kita tulis lagi dalam laman blog dan biasanya huruf tebal. Jadi dimana saja kita membuat tulisan heading maka iklan link akan muncul dibawahnya.

Di bagian tengah artikel saya pasang 336 x 280 dan di bagian akhir 600 x 300. Hasilnya sangat tidak puas.

Padahal saya mencoba untuk mengikuti posisi letak iklan sebuah blog yang bagi saya telah sukses, template yang sama, letak iklan juga sama tapi tetap saja hasilnya beda. Saya juga bingung kenapa bisa demikian. Perkiraan saya mungkin tema blog juga berpangaruh terhadap kriteria pengunjung.

Uji coba keempat dan hasilnya

Di uji coba yang keempat, tidak jauh berbeda dengan yang ketiga, pada laman artikel saya memasang dua iklan yaitu 336 x 280 di bawah tag heading (h2) dan iklan link di akhir tulisan. Hasilnya sama saja tidak puas.

Kembali ke letak iklan pada awal sebelum uji coba

Akhirnya dalam empat kali melakukan uji coba selama satu minggu, saya memutuskan untuk menerapkan kembali letak posisi iklan seperti semula. Ternyata hasil jumlah klik pada posisi iklan adsense sebelum bereksperimen lebih baik dari semua hasil uji coba.


Kesimpulan :

Jangan pernah takut melakukan uji coba penempatan iklan dalam usaha meningkatkan penghasilan dari google adsense. Berbeda tema blog dan template memiliki hasil yang berbeda, ini hal yang harus dapat kita sebagai publisher pahami bersama. Meskipun sama template, sama posisi letak iklan tapi beda tema (nice) blog, juga belum tentu memperoleh hasil yang sama bahkan bisa jauh berbeda.

Selain bereksperimen dengan letak posisi iklan, kita juga jangan lupa untuk melakukan uji coba dalam mengatur adsense balance atau saldo iklan pada akun, sebab hal ini juga akan mendukung Nilai Per Klik (BPK) atau CPC yang didapat setiap kali pengunjung mengklik iklan. Ribet ya ? memang sukses itu tidak gampang hehe. Saya juga telah mencoba mencari pengaturan saldo iklan yang baik menurut saya.

Lihat : Cara Tepat Mengatur Iklan Potensial Adsense Untuk Meningkatkan Penghasilan

Ini merupakan hasil uji coba saya, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Silahkan berkreasi dengan letak iklan di blog anda masing-masing guna mencapai target penghasilan yang diinginkan, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar