Selamat Hari Blogger Nasional Tahun 2018, Jadilah Blogger Tanpa Konten HOAX

Selamat Hari Blogger Nasional Tahun 2018, Jadilah Blogger Tanpa Konten HOAX

Blogger merupakan sebutan orang yang aktif menulis di blog milik pribadi atau kelompok. Sama seperti vlog atau orang yang membuat video-video segala aktivitas mereka yang kemudian dipublikasikan melalui situs youtube.

Hari ini tanggal 27 Oktober 2018 menjadi hari blogger nasional, bagi para blogger pastilah mengetahui hal ini, jika belum mengetahui, mungkin terasuk baru di dunia bloging. Banyak juga teman-teman blogger yang ramai membuat status mereka pada media sosial.

Mengapa tanggal 27 Oktober di tetapkan sebagai hari blogger nasional ?

Dari beberapa referensi yang saya baca dikatakan berawal dari sebuah acara pesta para blogger yang dilaksanakan setiap tanggal 27 Oktober.

Pada tahun 2007, atas arahan pemerintah Indonesia dalam hal ini menteri komunikasi dan informatika Muhammad Nuh membuat sebuah acara yang dimaksudkan untuk merangkul semua blogger yang ada di Indonesia. Maka atas kesepakatan bersama dinyatakan bahwa tanggal 27 Oktober menjadi hari blogger Nasional.

Lihat juga : Blogger Turut Serta Membantu Perekonomian Bangsa dan Negara

Menjadi Blogger Tanpa Tulisan Hoax

Di tahun 2018 begitu trend istilah hoax atau palsu dan tidak benar. Istilah ini hadir dalam dinamika politik Indonesia saat ini, sehingga ketika ada politisi-politisi yang dalam situasi tertentu atau melakukan, mengatakan hal yang tidak benar maka dikatakan hoax.

Bukan saja di dunia politik, istilah hoax ini juga ramai di semua kalangan, ketika seseorang berbohong atau mengatakan hal yang tidak benar maka dibilang hoax.

Seperti kita ketahui bersama juga bahwa saat ini perkembangan komunikasi sangat berkembang. Media sosial semakin ramai, termasuk media online dan yang pastinya blog-blog yang dikelola oleh para blogger.

Internet semakin mudah untuk diakses, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga para orang tua. Dengan begitu, apa saja kejadian atau masalah yang terjadi di negara dan bangsa ini sangat cepat tersebar.

Permasalah yang kemudian terjadi adalah banyak berita atau keterangan hoax yang semakin marak disebarluas terkait banyak kejadian yang terjadi.

Jadilah Blogger yang Baik dan Bijak Tanpa Berita HOAX Itulah pesan untuk saling mengingatkan pada postingan kali ini bagi kita sesama blogger. Meraup keuntungan dari blog bukan berarti kita menjadi blogger yang tidak profesional atau tidak beretika dengan memanfaatkan sebuah masalah sosial yang dirajik sedemikian rupa (hoax) untuk dibagikan dengan tujuan mendapatkan banyak pengunjung agar meningkatkan berbagai macam bentuk penghasilan finansial dari blog.

Di Indonesia saat ini juga semakin banyak orang-orang yang tertarik di dunia blogger dengan melihat banyak blogger yang sukses dengan blog mereka. Tapi yang kurang baik adalah tidak sedikit juga yang banyak menghalalkan segala cara demi meraup rupiah dari blog. Salah satunya dengan membuat postingan-postingan bersifat hoax.

Padahal jika dilihat, banyak blogger telah sukses dengan cara-cara yang baik. Pada umumnya ada 2 tipe blogger yaitu menampakan identitasnya pada blog dan tidak menampilkan identitas mereka. Dengan begitu mereka lebih mudah membuat postingan hoax untuk diviralkan tanpa mengetahui siapa pemilik blog itu. 

Lihat juga : 4 Tujuan Ngeblog yang Banyak dimiliki Para Blogger

Apalagi di tahun politik seperti ini, masyarakat begitu sensitiv dengan tokoh-tokoh pilihan mereka. Permasalahan yang sedikit saja terjadi antara politisi dapat membuat ratusan, ribuan, bahkan jutaan orang beropini yang macam-macam, ketika hal ini terjadi dan begitu dipicu oleh berita-berita hoax tersebut maka dapat menyebabkan hal-hal yang tidak kita inginkan dan kita sebagai blogger termasuk dalam orang-orang yang menyediakan tulisan untuk dibaca oleh orang banyak. 

Lihat juga : Belajarlah Dari Blogger Sukses Jika Ingin Sukses Seperti Mereka

Untuk itu, di hari blogger nasional ini marilah kita semua sesama blogger melakukan intropeksi diri agar semakin baik dan bijak. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk sukses di dunia blog, sungguh-singguh, berdoa dan nikmati prosesnya maka semua bisa diraih. Salam blogger Indonesia.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar