Contoh Surat Kuasa Kepada Orang Lain Atas Kewenangan Dokumen Penting

Contoh Surat Kuasa Kepada Orang Lain Atas Kewenangan Dokumen Penting

Surat kuasa kepada orang lain terhadap orang lain atas berkas yang bersifat resmi merupakan sebuah kewenangan yang diberikan oleh pemilik berkasa tersebut atau yang disebut pihak pertama kepada orang yang akan mengambil berkas atau dokumen resmi tersebut atau yang disebut pihak kedua.

Jadi surat kuasa ini berfungsi untuk memberikan hak kepada seseorang atau orang terdekat kita untuk mengambil sebuah berkas atau dokumen yang bersifat penting kepada orang lain atau instansi. Hal ini dilakukan ketika si pemilik dokumen berhalangan karena jarak atau kesehatan yang tidak sehat, sehingga memberikan surat kuasa kepada orang yang diminta tolong untuk mengambil berkas itu.

Lihat juga : Contoh Format Surat Pernyataan Perintah Tugas Dari Pimpinan

Memberikan kuasa kepada orang lain melalui surat kuasa perlu dilakukan sebab pihak atau instansi yang memegang berkas penting tersebut tidak akan memberikan kepada orang lain jika tidak terdapat surat kuasa dari si pemilik.

Contoh kasus :

Ada si Budi (samaran) berada di provinsi Maluku dan akan mengambil sebuah surat kepemilikan tanah pada sebuah kantor di Jakarta. Secara kebetulan seorang teman kerja Budi akan berangkat ke Jakarta untuk pergi ke kantor tersebut dengan urusan lain. Pada kesempatan itu Budi meminta tologn kepada temannya agar sekalian mengambil surat tanah miliknya. Maka Budi harus membuat surat kuasa tersebut agar kantor di Jakarta mau memberikan surat tanah yang berharga itu kepada temannya tadi.

Perlu diketahui juga bahwa, surat kuasa kepada orang lain atas sebuah surat penting ini juga berlaku bagi orang-orang biasa, dalam hal ini masyarakat pada umumnya. Dengan adanya surat kuasa maka akan memiliki bukti hukum ketika kemudian hari terjadi kesalahpahaman.

Contoh Surat Kuasa Kepada Orang Lain Atas Kewenangan Dokumen Penting


Contoh surat kuasa akan dipisah menjadi dua kategori yaitu surat kuasa pada seseorang di intansi dan surat kuasa pada masyarakat umum.

Contoh Surat kepada orang lain di sebuah instansi


Pada contoh kasus Budi di atas merupakan surat kuasa pada sebuah instansi :


SURAT KUASA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini : 
         Nama
Pekerjaan
NIP
Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Dengan ini memberikan Kuasa Penuh Kepada : 
         Nama
Pekerjaan         : 
NIP
Selanjutnya disebut PIHAK KEDUA

Pihak PERTAMA memberikan kuasa penuh kepada pihak KEDUA untuk mengurus, mengambil dan menandatangani surat... a/n pihak pertama ( Pegawai/karyawan di.........).

Demikian Surat Kuasa ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

.........., 1 Desember 2018


Yang Menerima Kuasa,                                                                             Yang Memberi Kuasa,
     PIHAK KEDUA                                                                                    PIHAK PERTAMA



........................................                                                                        ........................................
NIP .................................                                                                        NIP .................................



Mengetahui Pimpinan/Kepala



..............................................
NIP ....................................

Pada contoh surat kuasa formal atau dari sebuh intansi, badan atau lembaga seperti di atas, pimpnan/kepala menjadi saksi dan akan disahkan dengan tanda tangan dan cap kantor atau instansi tersebut. Tanggal, nama dan nomor induk dapat disesuaikan.

Untuk lebih jelas lagi perhatikan gambar di bawah ini :

Contoh Surat Kuasa Kepada Orang Lain Atas Kewenangan Dokumen Penting

Contoh surat kuasa untuk masyarakat umum


Sedangkan contoh surat kuasa untuk kebutuhan masyarakat pada umumnya, dapat mengikuti contoh format surat kuasa di atas.

Hal-hal yang perlu dirubah yaitu NIP digantik dengan Nomor Induk Kepndudukan (NIK) sedangkan pimpinan atau kepala dapat siapa saja selama orang tersebut dapat dipercaya dengan baik atau alangkah baiknya saksi adalah kepala desa, lurah atau aparat pemerintah di lungkangan tempat tinggal setempat dan jangan lupa untuk menggunakan meterai 600 ribu.


Itulah contoh format surat kuasa untuk memberikan kewenangan kepada orang lain untuk mengambil sebuah berkasa atau dokumen penting ketika kita tidak sempat/berhalangan untuk mengambilnya sendiri. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar