Cara Merubah Suara Video Menjadi Teks Dengan Bantuan Google Docs

Cara Merubah Suara Video Menjadi Teks Dengan Bantuan Google Docs

Cara merubah suara video menjadi teks atau tulisan merupakan langkah yang berguna bagi orang-orang tidak mau direpotkan dengan menulis secara manual. Merubah suara video menjadi teks juga sangat bermanfaat bagi seoran blogger yang sering membuat postingan di blog, tapi jangan lupa di edit agar tidak terlihat seperti plagiat.

Bagi anda yang ingin membuat sebuah artikel atau catatan mengenai suatu topik juga dapat menggunakan cara ini. Misalnya ada sebuah video materi kuliah atau pelajaran yang disampaikan oleh guru atau dosen, kemudian anda ingin menulisnya menjadi catatan, maka langkah terbaik yaitu membuat suara dosen tersebut menjadi tulisan kemudian anda rapikan atau memperbaiki untuk menjadi sebuah catatan yang lebih baik.

Lihat juga : 5 Tips Mengatasi Malas Menulis Ketika Kita Jenuh

Namun syarat untuk merubah suara video menjadi tulisan yang baik yaitu suara video harus terdengar jelas agar terdeteksi dengan baik oleh google docs dan anda harus terkoneksi dengan jaringan internet.

Cara Mudah Merubah Suara Menjadi Tulisan

1. Buka situs google docs

2. Buat dokumen baru

3.Pengaya

4. Speech Recognition Soundwriter

5. Star


6. Putar video yang akan anda rubah menjadi tulisan

7. Klik tombol rekam suara pada bagian kanan dokumen google docs


Kemudia secara otomatis google docs akan mendeksi suara video tersebut dan akan membuat menjadi tulisan pada file dokumen di google docs yang baru dibuat tersebut.

Cara merubah suara menjadi teks ini juga dapat dilakukan secara online atau langsung pada youtube. Anda dapat memutar video youtube secara online kemudian buka google docs dan lakukan seperti langkah-langkah di atas.

Hal ini sudah sering saya lakukan, jangan lupa untuk memperbaiki tulisan yang ada di google docs sebab terkadang ada kata-kata dari video yang tidak tercantum atau terbaca dengan baik oleh google docs.

Lihat juga : Tips Mendapatkan Ide Untuk Menulis di Blog

Catatan :

Jaringan internet harus baik dan stabil untuk mendapatkan hasil yang baik dalam merubah suara di video secara umum atau youtube menjadi teks atau tulisan menggunakan google docs. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar