Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengakali Tombol Huruf P Tidak Berfungsi Pada Keyboard Layar Sentuh HP Android

Cara mengakali tompol huruf P tidak berfungsi pada keyboard layar sentuh atau touchscreenhp di hp android ini merupakan pengalaman pribadi saya yang akan saya bagikan bagi anda yang mungkin memiliki masalah sebagian tombol huruf yang tidak berfungsi pada hp.

Sesuai dengan judul tulisan ini, cara ini sebenarnya bukan mengatasi masalahnya tapi menghindari dengan cara mengakali agar kita dapat kembali menggunakan semua huruf yang berfungsi pada tombol hp di layar sentuh android.

Masalah tombol huruf P pada hp android saya beberapa hari ini mengalami masalah tidak berfungsi, sedikit kesal sih karena setiap mengetik dengan huruf P yang muncul adalah huruf O, lucu jadinya. Beberapa hari ini saya sedikit mengalami kesulitan ketika membalas chat atau pesan dari teman-teman. Saya selalu menghindari penggunaan kata yang terdapat huruf P, misalnya ketika saya bertanya kepada seorang kenalan " Posisinya di mana sekarang ?" untuk menghindari kata Posisi maka saya ganti dengan " Ada di mana sekarang" akhirnya saya jadi canggung melakukan chat.

Kenapa sebagian tombol huruf pada keyboard layar sentuh hp tidak berfungsi ?

Saya mencari beberapa informasi di internet dan video tutorial di youtube tentang bagaimana cara mengatasi huruf p yang tidak berfungsi pada layar sentuh hp android.

Beberpa informasi yang saya dapatkan antara lain : 

1. Sebagian layar sentuh (touchscreen) pada hp bermasalah


Sebagian layar sentuh hp saya bermasalah, terutama pada bagian kanan tepatnya di sekitar huruf p pada keyboard sehingga wajarlah jika tidak berfungsi.

2. Dianjurkan untuk mengganti LCD hp

Tapi saran ini tidak saya ikuti, sebab selain harga yang cukup mahal, saya juga berpikir masih banyak cara mengatasi yang dapat digunakan.

3. Menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memperbaiki layar sentuh hp yang bermasalah

Cara ketiga ini sudah saya coba lakukan juga tapi tidak mendapatkan hasil yang diinginkan sebab tombol huruf p tetap saja tidak berfungsi. Menurut saya juga kerusakan ini bukan pada perangkat lunak (softwear) tapi pada hardwear (perangkat keras) jadi tidak dapat diperbaiki dengan hanya menggunakan aplikasi atau perangkat lunak

Telah bencoba beberapa cara dan tidak membuahkan hasil yang saya inginkan, akhirnya saya mengakalinya dengan cara memasang aplikasi keyboard tambahan yang ada di play store android, kemudian merubah ukuran keyboard tersebut agar tidak berada tepat pada posisi layar sentuh yang tidak berfungsi. 

Cara memasang dan mengatur aplikasi keyboard di hp android ketika sebagian huruf tidak berfungsi :

Saya menggunakan aplikasi keyboard di play store bernama TouchPal Keyboard yang dapat anda download gratis di play store hp android milik anda.

Setelah berhasil memasang aplikasi touchPal keyboard, langkah berikutnya yaitu melakukan pengaturan penggunaan keyboard android dengan cara :

1. Masuk ke pengaturan hp

2. Pilih bahasa dan masukan

3. Pilih Keyboard saat ini 

4. Kemudian pilih TouchPal


Sekarang tombol keyboard di hp android anda telah menggunakan touchPal keyboard. Langkah selanjutnya yaitu mengatur posisi keyboard agar tidak berada pada bagian layar sentuh yang bermasalah tadi sehingga huruf p dapat berfungsi dengan baik.

1. Buka salah satu aplikasi chat anda seperti Whatsapp

2. Akan muncul keyboard touchPal

3. Masuk ke pengaturan touchPal keyboard, dengan mengklik tanda pada pada bagian paling kiri atas keyboard


4. Setelah masuk ke pengaturan, pilih susunan keyboard

5. Pilih satu tangan

Dengan memilih satu tangan pada susunan keyboar maka posisi keyboard akan bergeser sedikit ke sebalah kira sehingga terhindar dari layar sentuh hp yang bermasalah tadi.

Kini tombol huruf p pada keyboard android yang tadinya bermasalah atau tidak berfungsi telah dapat digunakan dengan baik. 



Anda juga dapat mencoba cara mengatasi tombol huruf pada hp android seperti yang saya lakukan ini, semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah. Semoga bermanfaat.

Lihat juga :

5 Cara Mudah Mengatasi Layar Sentuh yang Tidak Merespon Pada Perangkat

4 Cara Mengetahui Spesifikasi HP Android Milik Sendiri atau Mau Membeli Dengan Mudah

Cara Memperbaiki File VIdeo yang Rusak Tidak Dapat Putar di HP Android

Cara Kunci dan Blokir HP Android dari Jarak Jauh Ketika Hilang

Cara Mudah Menyembunyikan Hotspot WiFi Di HP Android (Samsung)

Cara Mengetahui Kecepatan Semua Jenis Kendaraan Menggunakan HP Android

Posting Komentar untuk "Cara Mengakali Tombol Huruf P Tidak Berfungsi Pada Keyboard Layar Sentuh HP Android"