Cara Memasang Iklan Google Adsense Secara Otomatis dan Manual di Blogspot

Cara Memasang Iklan Google Adsense Secara Otomatis dan Manual di Blogspot

Seiring berjalannya waktu, tak bisa dipungkiri lagi bahwa semakin banyak masyarakat di Indonesia yang mulai tertarik untuk memiliki penghasilan dari dunia online. Hal ini dapat dilihat melalui semakin banyaknya youtubers dan blogger di Indonesia yang memaksimalkan vlog dan blog mereka kemudian mendaftarkan ke google adsense. Jadi jangan heran ketika kita berkunjung ke sebuah akun youtube atau blog dan melihat iklan oleh google.

Pembahasan cara memasang iklan di blog ini dikhususkan bagi orang-orang yang mau mendaftarkan blog atau baru saja blognya diterima oleh google adsense untuk menampilkan iklan atau yang sering di sebut publiser adsense terutama untuk platform blogspot.

Cara Pasang Iklan Google Adsense Secara Otomatis dan Manual

Pada umumnya untuk mendapatkan akun adsense atau menjadi publisher atau 2 cara yang umum dilakukan oleh para blogger yaitu dengan cara mendaftarkan langsung blog mereka ke google adsense untuk ditinjau dan verifikasi hingga diterima untuk menayangkan iklan dan ada yang memperoleh akun adsense dengan cara membelinya di grup-grup media sosial yang bertema google adsense. Memasang iklan adsense secara otomatis dan manual di blog berhubungan erat dengan bagaimana cara anda mendapatkan akun tersebut.

Lihat juga : Cara Membuat Iklan Link Responsive Menjadi Lima (5) Baris Pada Posisi Tertentu

Jika mendapatkan akun adsense dengan cara mendaftar melalui blog, maka anda dapat memasang iklan dengan cara otomatis dan manual. Namun, jika memperoleh akun adsense dengan cara membeli pada seseorang maka yang anda lakukan adalah memasang iklan di blogspot secara manual saja.

Pasang iklan adsense secara otomatis di blog

1. Masuk ke dasboard blog

2. Merubah bahasa Inggris (Amerika Serikat)

Menu yang akan digunakan untuk memasang iklan otomatis pada dashboard blog yaitu menu penghasilan. Untuk memunculkan menu penghasilan tersebut, perlu merubah terlebih dahulu bahasa Indonesia menjadi bahasa inggri (Amerika Serikat) dengan cara masuk ke Setelan - Bahasa dan performatan lalu pilih bahasa.


3. Masuk ke menu penghasilan

Setelah menu penghasilan muncul, silahkan masuk dan pilih penempatan iklan secara otomatis. Ada 3 pilihan dalam menentukan penempatan iklan yaitu Tampilkan iklan di bawah postingan dan pada bilah samping, Hanya tampilkan iklan di bawah postingan saya dan Hanya tampilkan iklan pada bilah samping. Jangan lupa pilih ya pada tampilkan iklan di blog.


Dengan melalukan cara otomatis pemasangan iklan seperti di atas, maka iklan sudah dapat tampil di blog anda. Jangan lupa bahwa cara ini hanya dapat dilakukan jika blog anda didaftarkan dan diterima oleh google adsense.

Cara Terbaru Pasang Iklan Adsense Secara Otomatis

Pada saat ini, pihak google adsense telah menyediakan fitur terbaru di akun adsense untuk para blogger menampilkan iklan secara otomatis di blog. Cara ini kini banyak dipakai oleh para blogger, namun ada juga sebagian yang tidak memakainnya dengan alasan iklan akan tampil secara acak dan hal itu dapat menganggu para pengunjung untuk membaca postingan di blog.

Lihat juga : Cara Mudah Pasang Iklan di Tengah Postingan Blog AMP Secara Manual

Namun, tiap blogger memiliki pengalaman berbeda-beda. Untuk mengetahui bagaimana hasilnya anda dapat langsung saja mencobanya pada blog anda sendiri dan lihat perkembangannya.

Untuk memasang iklan secara otomatis dengan fitur terbaru di akun adsense, langkah-langkah sebagai berikut :

1. Masuk ke akun adsense 

2. Pilih menu iklan dan sub menu iklan otomatis

3. Pilih setelan globa dan ubah setelan global


4. Pilih jenis iklan

Aktifkan jenis-jenis iklan yang ingin ditampilkan pada blog dengan cara mengeser tombol ke kanan


5. Copy kode iklan untuk pasang di HTML blog

Setelah memilih jenis iklan apa saja yang akan ditampilkan pada blog maka selanjut copy script iklan dan paste pada HTML blog tepatnya di bawah kode <head> 

Kode iklannya berada pada SIAPKAN IKLAN OTOMATIS pada setelah global, silahkan di klik dan akan muncul script iklannya. 


Cara Memasang Iklan Adsense Secara Manual di Blogspot

Untuk memasang iklan secara manual di blog, langkah pertama yang harus dilakukan yaitu membuat kode iklan. Cara ini berlaku bagi anda yang memperoleh akun adsense dari orang lain dan bukan mendaftar melalui blog.

1. masuk ke akun adsense

2. Pilih unit iklan

3. Klik unit iklan baru di bagian atas

4. Pilih jenis iklan yang ingin dibuat

5. Setting warna dan jenis tulisan iklan yang diinginkan

6. Simpan

Ketika setelah membuat unit iklan dan simpan, kode iklan akan muncul. Itulah kode iklan yang akan dipasang.

Pasang kode iklan di blog

Secara umum ada 2 bagian pada blog yang dapat dipasang iklan yaitu pada widget blog dan HTML. Pada HTML template-template blog biasanya sudah disediakan ruang oleh pembuatnya untuk dipasang iklan. Dapat anda lihat pada HTML secara langsung kode-kode atau ruang untuk pemasangan iklan sebab beda template beda pula letak posisi iklan di HTML.

Lihat juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Iklan Adsense Sendiri Sesuai Keinginan

Untuk pasang iklan di widget blog cukup mudah :

1. Masuk ke dashboard blog

2. Tata letak

3. Tambahkan widget

4. Pilih HTML/Java Script

5. Copy dan paste kode iklan di dalam HTML/Java Script dan simpan

Silahkan pilih posisi yang anda inginkan untuk meletakkan iklan tersebut agar mudah mendapatkan klik dari pengunjung.

Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar