Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools Untuk Tingkatkan Pengunjung

Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools Untuk Tingkatkan Pengunjung

Dengan mendaftarkan sekaligus verifikasi blog/web ke webmaster tools atau google search console merupakan langkah awal yang baik dan tepat untuk membangun sebuah blog. Kenapa demikian ? karena webmaster tools adalah fasilitas yang disediakan oleh google secara gratis bagi semua blogger untuk meningkatkan jumlah pengunjung di blog milik mereka.

Hal ini berkaitan erat dengan indeks atau perambahan google pada blog kita termasuk semua postingan-postingan yang telah kita publikasikan. Langkah ini berkaitan erat dengan persaingan artikel atau tulisan di peringkat laman google.

Saya sangat menganjurkan kepada blogger pemula atau orang yang baru membuat blog untuk memanfaatkan layanan webmaster tools yang telah disediakan oleh google ini, demi perkembangan blog yang lebih baik di masa yang akan datang.

Ketika kita telah mendaftar dan melakukan verifikasi di webmaster tools atau google search console, maka setiap tulisan yang kita tulis di blog dan telah dipublikasikan, kita dapat melakukan ping atau mengirim URL postingan tersebut untuk segara di indeks oleh google. Ketika postingan yang dibuat unik, menarik dan panjang maka besar kemungkinan dapat langsung berada di laman pertama google.

Untuk itu bagi anda yang belum mendaftarkan blog dan verifikasi di google webmaster tools saya sarankan segera lakukan dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Cara Mudah Mendaftarkan Blog Sekaligus Verifikasi di Webmaster Tools atau Google Search Console


1. Masuk ke situs Webmaster Tools 

Cara Daftar dan Verifikasi Blog Ke Google Webmaster Tools
2. Mulai sekarang

3. Masuk dengan akun google (email gmail)

Sebagai infomasi bahwa belum lama ini google webmaster tools telah melakukan pembaharuan pada tampilan situs mereka, maka ketika anda telah masuk, yang terlihat adalah tampilan versi terbaru. Namun, anda masih dapat melihat versi lama pada pada bagian bawah dengan mengklik Buka Versi Lama.


Cara mendaftar ke Google Search Console yang saya share kali ini masih menggunakan versi lama, jadi silahkan masuk ke versi lama. Sebab beberapa cara menggunakan webmaster tools yang saya tulis juga masih dalam bentuk versi lama. Hal ini akan mempermudah ketika anda membaca postingan lain di blog ini terkait cara-cara menggunakan  Google Search Console

4. Tambahkan situs anda 

Setelah anda masuk pada versi lama webmaster tools, klik pada Google Search Console dan tambakan properti (lihat gambar)

5. Isi alamat blog anda dan klik tambahkan.

Selamat blog anda sudah terdaftar pada Google Search Console, langkah selanjutnya yaitu melakukan verifikasi blog ke webmaster tools.

1. Klik roda gigi atau pengaturan pada bagian kanan atas

2. Pilih Detail Verifikasi

3. Pilih Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda

4. Pilih Tag HTML



Ketika memilih Tag HTML maka akan muncul kode HTML seperti pada gambar di atas. Copy kode tersebut dan paste di bawah <head> pada HTML template blog anda.

5. Verifikasi sebagai langkah terakhir

Setelah copy kode HTML di bawah <head> pada template blog anda, kembali lagi webmaster tools dan lakukan verifikasi dengan mengklik tombol verifikasi di bagian bawah


Sekarang blog anda telah berhasil di verifikasi ke webmaster tools, dengan begitu google mulai mengenal langsung blog anda dan akan mengindeks alamat blog serta semua postingan yang akan anda buat di blog.

Namun untuk memaksimalkan hal itu, anda perlu memasukkan peta situs di webmaster tools

Lihat :

14 Peta Situs Blog Untuk Pengaturan di Google Webmaster Tools

Peta Situs Terbaru Blog Untuk Ditambahkan ke Search Console (Webmaster Tools)

Pada postingan saya tentang peta situs di atas, silahkan gunakan keduannya juga tidak masalah, saya sendiri menggunakan semua peta situs yang ada pada postingan tersebut.

Selain peta situs, anda juga harus melakukan ping ke webmaster tools agar postingan anda segera diindeks atau dirayapi oleh google.

Lihat : Cara Melakukan Ping (Mengirim) Link Ke Google Untuk Indeks

Saran saya, jangan melakukan ping yang berlebih sebab google akan menggap spam dan itu akan berdampak kurang baik pada indeks blog nantinya.

Lihat : Dampak Buruk Ping Google yang Berlebihan

Kini, blog anda sudah dikenali oleh google dan cepat diindeks oleh google. Untuk bersaing di laman pertama atau peringkat pencarian google, bukan hanya bersandar pada webmaster tools namun kembali lagi pada keunikan setiap postingan yang anda buat.

Lihat : Teknik SEO Alami Berasal Dari Keunikan Konten Blog
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar