Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Untuk Dilakukan Sehari-Hari

Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Untuk Dilakukan Sehari-Hari

Semua panca indera yang pada tubuh kita ini sangatlah penting, termasuk mata yang merupakan alat untuk yang berfungsi bagi manusia untk melihat.

Oleh karena itu, mata perlu dirawat dan dijaga dari berbagai macam gangguan, baik yang berasal dari dalam tubuh atau luar tubuh kita seperti lingkungan sekitar.

Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Mudah Untuk Dilakukan

Banyak cara-cara sederhana yang dapat dilakukan dalam aktivitas sehari-hari untuk menjaga kesehatan mata tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Semua paham bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati mati yang sakit.

1. Rutin Olahraga

Olahraga merupakan hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan mata. Bukan saja mata tapi berlaku untuk semua organ tubuh kita akan menjadi sehat ketika rutin olahraga. Pada sebuah situs kesehatan sedikit menjelaskan bahwa dengan berolahraga, akan bermanfaat mengurangi resiko-resiko hilangnya penglihatan yang diakibatkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi dan kadar yang tinggi pada kolestrol.

Apakah olahraga sulit dilakukan ? saya rasa tidak !

Sesibuk apapun dengan rutinitas, buatlah jadwal olahraga beberapa kali dalam seminggu. Lakukan olahraga sesuai hobi anda.

Misalnya futsal, badminton, tenis lapangan dan lain-lain. Dalam berbagai kesibukan, saya sendiri sering menyediakan waktu untuk bermain futsal bersama teman-teman menjelang sore hingga malam hari. Jadi, semua dapat diatur jadwalnya ketika kita benar-benar sayang dengan kesehatan tubuh kita terutama mata sebagai indera untuk melihat.

2. Melindungi Mata Dengan Kaca Mata Hitam

Kacamata hitam bukan saja bermanfaat untuk menambah pesona gaya kita saat jalan-jalan tapi selain dari itu dapat juga sebagai pelindung mata dari debu dan efek-efek berbahaya sinar ultra violet dari matahari.

Mata yang terlalu sering terkena sinar ultra violet dapat menyebabkan katarak dan bahan kanker mata.

Apakah sulit memakai kacamata saat berjalan dibawah terik matahari ? tidaklah !

Sambil bergaya kita menjaga mata kita, maka biasakan untuk memakai kacamata hitam dari sekarang saat melakukan perjalanan jauh disiang hari yang panas, apalagi saat musim kemarau.

3. Jangan Kelamaan Melihat Layar HP dan Komputer

Melihat layar komputer dan HP merupakan aktivitas di zaman sekarang yang sudah menjadi kebiasaan berlama-lama di depan layar hp dan laptop/komputer.

Terlalu di depan perangkat-perangkat tersebut dapat menyebabkan mata kita lelah. Sakit yang dapat kita alami seperti nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung dan sakit kepala.

Ketika kita bekerja dalam waktu yang lama di depan komputer diupayakan setiap 20 menit arahkan penglihatan ketempat lain sejauh 6 meter dan lakukan selama 20 detik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketegangan mata.

Saya sering berjalan di halaman rumah apabila sudah sekitar 1 jam berada di depan komputer, hal ini sudah terbiasa saya lakukan sejak lama. Berjalan, berenggangkan tubuh dan melihat suatu objek yang paling jauh, misalnya pohon, bangunan dan apa saja terserah anda.

Saya sering lakukan hal ini selama 10 menit, setelah kemabali melanjutkan aktivitas di depan laptop. Anda juga dapat mencoba, cara yang saya lakukan.

Demikian Tips menjaga kesehatan mata yang sangat mudah kita lakukan dalam keseharian kita, semoga bermanfaat dan dibiasakan dalam kehidupan demi menjaga mata kita tetap sehat.

Jadi, Bagaimana cara anda menjaga kesehatan mata ?
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar