Tips Mengatasi Gagal Proses Kartu Akun SSCN yang Berjam-Jam

Tips Mengatasi Gagal Proses Kartu Akun SSCN yang Berjam-Jam

Pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS telah dibuka sejak tanggal 26 September 2018 oleh pemerintah. Para pelamar yang akan mendaftar untuk mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun di tahun ini diharuskan oleh Badan Kepegawaian Negara untuk membuat akun SSCN melalui portal https://sscn.bkn.go.id/.

Tips Mengatasi Gagal Proses Kartu Akun SSCN 


Membuat akun SSCN merupakan syarat pertama yang harus dilakukan oleh pelamar sebelum mendaftar pada instansi pilihan masing-masing, hal ini sesuai dengan petunjuk alur pendaftaran CPNS tahun 2018 ini.

Lihat : 6 Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2018 Semua Instansi Dilengkapi Dengan Gambar

Jadi langkah pertama yang harus dilakukan oleh pelamar CPNS adalah mengakses portal SSCN dan melakukan registrasi sebagai tahapan proses dalam pembuatan akun SSCN. Banyak orang yang mengeluhkan koneksi situs yang selalu sibuk. Hal merupakan kejadian yang wajar saja sebab sangat banyak orang-orang hingga ratusan ribu yang mengakses portal SSCN untuk lakukan registrasi dalam proses pembuatan kartu akun SSCN. Namun, selalu ada tips yang dapat dilakukan untuk mengurangi jaringan yang selalu sibuk.

Pada tahapan registrasi terbagi atas tiga proses yaitu :

1. Pengecekan identitas

Pengecekan identitas ini, pelamar diminta untuk memasukkan NIK KTP dan nomor KK atau NIK kepala keluarga. Hal guna memastikan validasi data KTP pelamar.

2. Pembuatan akun dan kartu SSCN

Pada tahap kedua pelamar diminta untuk menulis nama dan tempat tanggal lahir yang tertera pada ijazah yang akan digunakan sebagai berkas pelamar nanti. Jangan sampai salah memasukkan data. kemudian pelamar diminta menginput pas foto berlatar merah dengan kapasitas maksimal 200 kb. Selanjutnya memasukkan alamat email yang aktif, password dan 2 pertanyaan keamanan. Setelah semua data dimasukkan kemudian proses untuk pembuatan kartu akun SSCN.

Lihat juga : Cara Mudah Mengurangi Kapasitas Ukuran Pas Foto Menggunakan Photoshop di Mana Saja

3. Selesai

Pelamar dapat mencetak kartu informasi akun sistem seleksi CPNS nasional 2018 sebagai bukti telah melakukan registrasi dan dapat login ke portal dengan menggunakan NIK KTP dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Tips Mengatasi Lama Proses Pembuatan Kartu dan Akun SSCN

Pada pembahasan kali ini akan lebih memfokuskan pada tahapan kedua saat registrasi yaitu pembuatan akun dan kartu SSCN.

Setelah pelamar memasukkan data NIK KTP dan nomor KK atau NIK kepala keluarga, selanjutnya akan ketahap pengisian data yang dibutuhkan untuk pembuatan akun dan kartu informasi akun sebagai bukti telah registrasi.

Terkadang proses loading laman untuk mebuat akun dan kartu SSCN sangat lama, hal ini menyebabkan pelamar jenuh dan melakukan reload ulang laman.

Pada saat reload ulang laman, portal akan kembali ke tahap pertama yaitu pengecekan identitas. Padahal untuk masuk ke tahap dua saja sudah cukup lama diakibatkan jaringan yang selalu sibuk.

Lihat juga : Tips Mendaftar CPNS Saat Registrasi Akun di SSCN BKN 2018 Sistem Sibuk

Kenapa proses loading pembuatan akun dan kartu sangat lama ?

Ada beberapa data saat mengisi yang kadang tidak kita perhatikan dengan baik sehingga proses loading laman portal untuk pembuatan akun dan kartu sangat lama :

1. Data yang salah dimasukan

Perhatikan ulang dengan seksama semua data yang telah dimasukkan, apakah sudah benar atau belum. Jangan langsung mengklik membuat akun atau proses. Kadang data yang sering khilaf disin oleh pelamar yaitu " Tempat Lahir Kab/Kota (Ijazah)" pada kolom ini pelamar cukup memasukkan nama kabupaten atau kota maka akan muncul data base nama-nama kabupaten/kota dari BKN dan tinggal diklik saja. Kemudian perrhatikan kode CAPCHA dengan baik, jangan sampai salah.

2. Pas foto

Perhatikan ulang pas foto anda, apakah ukurannya sudah benar atau belum. Ukuran yang diminta dalam melengkapi data pembuatan akan adalah kapasitas maksimal 200 kb dan rasio 3:4 artinya pas foto ukuran 3 x 4.


Jadi bukan saja pas foto berlatar merah tapi juga ukuran pas foto yaitu rasio 3:4 atau 3 x 4.

Silahkan lakukan pengeditan terlebih dahulu dan pastikan bahwa pas foto pelamar yang siap diunggah sudah sesuai dengan ketentuan yang diminta.

Ketika ada yang salah sedikitpun dalam mengisi dan mengimput data dalam proses pembuatan kartu akun SSCN maka presos loading akan sangat lama, seperti yang kita ketahui bersama ribuan orang yang sedang mengkases.

Perhatikan dengan bai semua data dan bahan yang dibutuhkan dalam persyaratan pembuatan kartu informasi akun sistem seleksi CPNS nasional 2018 agar kita tidak dipersulit dengan lamanya loding laman dan sistem yang sibuk. Semoga bermnafaat dan semoga cepat teregistrasi di portal SSCN, aminn.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar