Tips Mendaftar CPNS Saat Registrasi Akun di SSCN BKN 2018 Sistem Sibuk

Tips Mendaftar CPNS Saat Registrasi Akun di SSCN BKN 2018 Sistem Sibuk

Penantian untuk mendaftar menjadi abdi negara CPNS 2018 telah dibuka pada tanggal 26 September kemarin. Berbagai formasi jabatan sudah tersedia, mulai dari pemerintahan tingkat, kabupaten, provinsi dan instansi pemerintahan pusat.

Dalam proses pendaftaran, CPNS 2018, 6 alur petunjuk yang harus dilakukan hingga para pelamar mendapatkan kartu ujian sebagai peserta tes CPNS 2018.

Baca : 6 Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2018 Semua Instansi Dilengkapi Dengan Gambar

Salah satu langkah awal untuk mendaftar sebagai peserta tes CPNS yaitu dengan membuat akun SSCN 2018 melalui Portal SSCN. Ada sebagian orang-orang yang berkeluh kesah saat masuk ke portal SSCN dan akan membuat akun, mengalami masalah jaringan portal yang selalu sibuk atau koneksi jaringan sibuk. Beberapa orang teman yang saya tanyakan juga mengeluhkan hal yang sama.

Jaringan yang selalu sibuk ketika akan membuat akun SSCN merupakan hal yang tidak bisa dihindari sebab ratusan, ribuan bahkan jutaan orang yang mengakses portal SSCN di seluruh Indonesia dengan tujuan yang sama yaitu melakukan proses pendaftaran CPNS.

Namun, kita tidak perlu berkecil hati dengan keadaan tersebut sebab selalu ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir masalah koneksi jaringan yang sibuk di portal SSCN.

Tips-Tips Mengatasi Koneksi Sibuk saat Membuat Akun SSCN 2018

Untuk mengatasi jaringan internet yang sering sibuk ketika akan melakukan proses pendaftaran CPNS melalui akun SSCN BKN, ada tips dan trik yang dapat dilakukan :

1. Jaringan internet yang stabil

Tisp pertama yang saya sarankan yaitu jaringan internet harus stabil, ketika jaringan internet yang digunakan baik maka akan sangat mempermudah dan memperlancar setiap akses ke laman-laman situs.

Gunakan internet yang bagus, apabila ada tempat nongkrong dengan fasilitas wifi yang stabil lebih baik ke tempat tersebut. Jadi lakukan pendaftaran sambil nongkrong, ketika hati senang aktivita pun dapat lancar hehe..

2. Jangan menggunakan HP

Arahan ini saya baca pada informasi di media sosial BKN yang tidak menganjurkan melakukan porese pendafataran dengan mengakses portal melalui HP. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan saat menginput data karena tampilan pada layar HP yang kecil.

Sangat dianjurkan menggunakan laptop atau komputer, sehingga tidak terjadi kesalahan-kesalahan kecil yang besar akibatnya nanti.

3. Tulis data yang dibutuhkan

Semua data-data persayaratan yang akan dibutuhkan untuk menginput seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) ditulis terlebih dahulu pada sebuah file dokumen. Daoat menggunakan notepada, microsoft word atau excel. Hal ini memudahkan dalam menginput yang kemungkinan akan dilakukan berulang kali saat jaringan sibuk.

Lihat juga : Tips Mengatasi Gagal Proses Kartu Akun SSCN yang Berjam-Jam

Jika sudah ditulis, trik mudah yaitu copy dan paste pada kolom yang disediakan mengisi data-data tersebut.

4. Bersihkan riwayat pencarian browser

Tips keempat yang dapat dilakukan yaitu dengan membersihkan semua riwayat pencarian ketika menggunakan browser untuk mendaftar.

Misalnya anda mennggunakan browser mozilla firefox atau google chrome, bersihkan semua riwayat pencarian sebelum mengaskse portal SSCN.

Cara membersihkan riwayat di browser pencarian

Bagi anda yang masih bingung melakukan pembersihan pada riwayat pencarian, berikut saya sampaikan caranya pada dua browser yang paling banyak digunakan yaitu mozilla firefox dan chrome :

Bersihkan riwayat mozilla firefox

Buka mozilla firefox, klik pada tanda garis tegak, pilih riwayat dan lakukan penghapusan semua waktu riwayat hingga kosong.


Bersihkan riwayat di chrome

Buka chrome, klik pada titk tiga di bagian kanan atas pilih history (riwayat) dan lakukan pengapus seluruh waktu.


5. Lakukan secara terus-menerus

Jangan menyerah ! lakukan terus menerus. Ketika muncul keterangan koneksi sibuk, ketik lagi kode capcah dan enter lagi.

Saya gambarkan akses membuat akun di SSCN ini seperti sebuah pintu yang ingin dimasuki oleh ribuan orang dalam waktu yang bersamaan.

Apa yang akan terjadi ? saling serobot untuk dapat masuk. Siapa yang cepat untuk masuk dengan peluag yang sangat kecil.

Maka, trik yang dapat dilakukan yaitu lakukan pendaftaran terus-menerus saat keteranagn koneksi sibuk, itulah mengapa saya katakan pada tips nomor 3 di atas untuk menulis semua data pada sebuah file.

6. Mendaftar pada jam sunyi

Maksud dari jam sunyi adalah waktu dimana sedikit orang yang mengakses situs SSCN untuk melakukan registrasi dan pendaftaran CPNS.

Kapan waktu yang tepat untuk mengakses situs SSCN ?

Pada prinsipnya waktu bersifat relatif tergantung dimana lokasi anda. Namun, saya sarankan mulai mengakses di atas jam 12 waktu setempat hingga menjelang waktu Shalat Subuh. Nah, sekalian kita bisa laksanakan Shalat ketika habis melakukan pendaftaran.

Mendaftar pada waktu di atas merupakan waktu dimana orang-orang pada umunya sudah istrihat atau tidur. Sehingga makin sedikit orang yang membuka situs SSCN tersebut, berarti peluang untuk jaringan sibuk semakin kecil dan peluang kita untuk dapat membuat akun SSCN dan mendaftar semakin besar dapat diakses dengan baik.

Lihat juga : Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Mudah

Itulah 6 tips mudah yang dapat dilakukan untuk mengatasi koneksi jaringan yang sering sibuk ketika mendaftar untuk membuat akun di SSCN BKN dalam proses pendaftaran CPNS tahun 2018. Semoga bermanfaat, jangan lupa bedoa sebelum memulai dan selamat mencoba, semoga berhasil.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar