Selamat Hari Tani Nasional, Petani Sukses Indonesia Sejahtera

Selamat Hari Tani Nasional, Petani Sukses Indonesia Sejahtera

Semoga bermanfaat bagi petani tidak hanya berupa isu dan materi perbincangan semata. Alhamdulillah, Tanggal 24 September merupakan tonggak sejarah bagi Indonesia, permukaan bagi seluruh kaum tani Indonesia, karena 58 tahun yang lalu Undang-Undang No 5 Tahun 1960 (UU no 5/1960) disahkan.

UU Lahirnya no 5/1960, merupakan awal penataan struktur agaria dan kepemilikan tanah yang lebih berkeadilan bagi masyarakat, terutama bagi petani kecil. Oleh Karenanya, lahirnya UU No 5/1960 ini diperingati sebagai Hari Tani Nasional.

Sungguh ironis sekali, petani adalah orang yang berjasa bagi kita semua. Tanpa petani, tentu saja tidak ada sepiring nasi dengan lauk pauk yang lengkap terhidang di atas meja. Meskipun begitu, sampai saat ini, kesejahteraan para petani belum menjadi perhatian utama di negeri ini.

Sebagai bangsa yang besar, sudah selayaknya Dugaan para pahlawannya. Petani, yalah diperhitungkan sebagai pahlawan bangsa. Maka sudah selayaknya petani mendapatkan penghargaan dan perhatian lebih dari kita, bangsa Indonesia.

Dalilnya sederhana saja yaitu petani sukses Indonesia sejahtera, Indonesia pernah tersohor sebagai negara agraris, kemudian seiring berjalannya peradaban nilai-nilai agraris itu sendiri mulai terhapus.

Mengapa petani sukses Indonesia sejahtera ? sebab negara kita tercinta ini masih didominasi oleh petani. Petani memegang peranan penting dalam kesejahteraan bangsa ini, hampir sebagian besar dari orang-orang Indonesia lahir, besar dan hidup dari hasil Tani.

Masihkah kita memandang sebelah mata terhadap petani ? berilah mereka senyuman sebagai ucapan terima kasih dan berikan ruang sejahtera bagi mereka agar mereka nyaman menjadi seorang petani dalam pembangunan Indonesia.

Oleh : Jul Duwila
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar