5 Posisi Terbaik Penempatan Letak Iklan Adsense di Blog Untuk Meningkatkan Penghasilan

5 Posisi Terbaik Penempatan Letak Iklan Adsense di Blog Untuk Meningkatkan Penghasilan

Faktor utama yang menjadi target publiser google adsense yaitu meningkatkan penghasilan dengan cara yang baik dan benar bukan cara black hat atau curang sebab banyak yang ingin meningkatkan penghasilan adsense tapi memakai cara-cara yang melanggar kebijakan google adsense itu sendiri. Salah satu cara yang baik dalam upaya meningkatkan pendapatan yaitu dengan cara penempatkan letak iklan adsense secara strategis. Artinya posisi iklan yang berpotensi mendapatkan banyak klik dari pengunjung, dengan begitu target pencapaian hasil dari iklan adsense akan tercapai.

Cara terbaik posisi penempatan iklan adsense di blog sebenarnya sudah pernah saya tulis beberapa bulan lalu pada postingan 6 cara penempatan iklan serta ukurannya untuk meningkatkanjumlah klik adsense namun, perlu diketahui bahwa pada dasarnya semua trik yang kita gunakan sebagai blogger dan publisher adsense tidak selamanya akan berhasil dan perlu selalu dikembangkan trik-trik selama perkembangan google, apalagi jika terjadi perubahan algoritma google dan perlu diketahui juga bahwa setiap template blog memiliki pola penempatan iklan yang kadang berbeda. Trik penempatan iklan yang pernah saya tulis lalu ketika masih menggunakan template blog yang lama bukan yang sekarang.

Lihat juga : Cara Tepat Blokir Iklan Adsense CPC/BPK Rendah Melalui Akun Iklan Penayang

Ini merupakan cara terbaik penempatan iklan berdasarkan pengalaman saya selama menjadi blogger publisher adsense. Jika anda memiliki pengalaman yang mungkin lebih baik dari yang saya bagikan ini, maka tidak perlu dihiraukan. Fokus saja pada cara dan pengalaman terbaik anda.

Tips Terbaik Penempatan Iklan yang Strategis di Blog 

1. Penempatan iklan di atas postingan

Hampir semua publisher adsense menyarankan penempatan iklan gambar dan teks di atas postingan, Ketika pengunjung blog membuka blog anda,  sebelum mereka membaca isi postingan, mereka akan disodorkan terlebih dahulu dengan iklan. Nah, hal itu dapat menyebabkan pengaruh psikologi mereka untuk penasaran sehingga tindakan klik iklan pun dapat terjadi. Ukuran iklan yang baik yaitu kotak 336 x 280 atau anda dapat gunakan ukuran responsif tapi dengan catatan, desain template blog anda akan memberikan ruang yang terihat besar untuk iklan menyesuaikan. Hal yang terpenting disini yaitu iklan terlihat (cukup besar) dengan baik.

2. Penepatan iklan di tengah artikel

Bisa anda lihat pada template blog saya saat ini, saya memasang iklan adsense kotak tepat di tengah postingan dan itu sangat strategis menurut saya. Apalagi desain template saat ini menempatkan gambar postingannya di bagian atas atau luar area postingan (jika hanya satu gambar) bukan pada isi postingan. Dengan begitu para pengunjung akan mengira iklan yang tampil adalah gambar postingan. Nahhhh... ! akhirnya mereka akan ingin melihat gambar postingan dan klik hahaha.

3. Penempatan iklan di akhir artikel

Mugkin anda juga sudah sering mendengar tips ini yaitu menempatkan iklan tepat berada di akhir postingan blog. Jenis iklan yang  saya sarankan yaitu gunakan iklan link tautan. Kenapa ? seperti yang kita tahu bahwa link tautan adalah jenis iklan yang hanya menampilkan tulisan (link). Dengan menempatan jenis iklan tautan pada akhir tulisan maka pengunjung akan mengira bahwa itu adalah postingan terkait atau yang relevan. Iklan jenis tautan biasanya menyesuaikan tulisan linknya dengan kalimat-kalimat artikel. Nahhhh ! para pengunjung akan mengklik iklan dengan harapan dapat membaca postingan yang berhubungan. Apalagi jika postingan yang anda tulis menarik dan membuat pembaca suka, mereka akan penasaran dengan kelanjutan tulisan, akhirnya iklan link di akhir postingan menjadi sasaran klik hahaha.

4. Penempatan iklan berukuran 600 x 300 di side bar

Untuk penempatan iklan berukuran 600 x 300 atau yang sering saya sebut separuh laman pada side bar blog (bagian kiri atau kanan blog) seperti yang anda lihat di samping. Terus terang iklan seperti ini pada side bar blog kurang mendapatkan klik menurut pengalaman saya tapi ada manfaat lain yaitu iklan besar di samping blog akan dapat meningkatkan nilai BPK/CPC (nilai klik) blog. Namun terkadang saya melepasnya dengan pertimbangan loading fast template atau kecepatan blog. Bagi saya kecepatan blog juga mempengaruh SEO postingan pada blog.

Kenapa bisa ? karena iklan ini akan meningkatlan jumlah penayangan iklan yang baik sehingga mampu naiknya nilai klik per iklan. Ingat ! google adsense bukan hanya menghitung jumlah klik tapi juga banyaknya  tampilan iklan perhari yang akan diakumulasikan dengan jumlah klik, dapatlah jumlah penghasilan perhari dari google adsense.

5. Iklan Link Tautan di Bawah Menu Blog

Sekali lagi perhatikan iklan tautan di bagian atas blog ini, maka anda akan melihat tepat iklan link yang berada di bawah menu blog. Coba dipikirkan, dengan posisi iklan link yang berada dekat menu blog tidak disadari oleh pengunjung bahwa itu adalah iklan tapi termasuk bagian menu blog dan hahahaha mereka akan mengklik.

Maukah anda mengklik salah satu iklan ? hahahah becanda

Lihat juga : Cara Mudah Membuat Ukuran Iklan Adsense Sendiri Sesuai Keinginan

Catatan :

Semua ukuran iklan pada cara di atas dapat anda sesuaikan dengan eksperimen ukuran iklan yang anda buat sendiri. Prinsipnya yaitu ukuran iklan terlihat dengan baik dan tidak menganggu keyamanan pengunjung ketika berkunjung di blog. Ingat ! google selalu menyarankan agar utamakan kenyamanan pengunjung maka penghasilan sebab itu dapat mendongkrak penghasilan blog kita.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar