6 Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2018 Semua Instansi Dilengkapi Dengan Gambar

6 Petunjuk Cara Pendaftaran CPNS 2018 Semua Instansi Dilengkapi Dengan Gambar

Pendaftaran CPNS yang ditunggu-tunggu oleh sekian juta warga negara Indonesia tinggal menghitung hari akan segera dibuka pada bulan September 2018 ini melaui situs sscn BKN dan bagi anda yang akan akan mendaftar harus penuh persiapan sebab kesalahan melakukan pendaftaran dapat berakibat fatal yaitu anda tidak akan dapat menjadi CPNS sesuai yang diinginkan.

Persiapan awal yang sangat perlu untuk diketahui yaitu bagaimana cara mendaftar CPNS yang benar sesuai dengan petunjuk pendaftaran dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI dari awal hingga akhir. Hal ini perlu diketahui sebelum lebih jauh mempersiapkan persiapan-persiapan lain dalam mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 yang akan dilaksanakan.

Lihat juga : Contoh Soal Bahasa Indonesia Tes CPNS 2018 Lengkap Kunci Jawaban dan Penjelasannya

Berikut ini adalah alur pendaftaran CPNS tahun 2018 dari awal sampai selesai berdasarkan yang bersumber dari sscn BKN yang dapat dipelajari dan benar-benar harus dipahami agar tidak salah dalam melakukan pendaftaran nanti.

Cara Pendfataran CPNS 2018

1. Pelamar masuk ke situs https://sscn.bkn.go.id/alur

Dapat diakses dengan berbagai perangkat seperti komputer, laptop, hp, iphone dan Tab.

2. Membuat AKUN SSCN 2018

Setelah masuk ke situs pelamar dapat melihat informasi penerimaan CPNS 2018 melalui portal SSCN

Langkah-langkah yang perlu dilakukan :

a. Untuk melakukan pendaftaran akun SSCN, pilih menu Registrasi

b. Pelamar akan diminta mengisikan NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga

c. Pelamar diminta mengisi alamat email aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan

Penting :

Email yang anda masukan harus aktif dan tidak bermasalah sebab email itulah yang akan digunakan untuk keperluan pengiriman file apa saja selama pelaksanaan seleksi CPNS 2018. Apabila anda ragu dengan email saat ini, silahkan lakukan uji coba dengan mengirim dan menerima menggunakan email yang anda gunakan saat ini agar memastikan bahwa email tersebut tidak bermasalah.

Password akun portal yang anda buat agar diingat dengan baik karena password itulah yang akan digunakan untuk login masuk ke akun SSCN yang dibuat, agar aman segera tulis dan simpan password anda di hp untuk berjaga-jaga apabila nanti anda lupa.

d. Pelamar mengunggah pass photo dengan kapasitas foto minimal 120 kb dan max 200 kb dengan format JPG atau JPEG.

Siapkan pas foto anda dengan kapasitas ukuran foto 120 – 200 kb. Jika foto anda melebih kapasitas resolusi foto yang diminta lakukan maka lakukan kompres agar memperkecil kapasitas foto sesuai dengan yang diminta. Caranya dapat dilakukan dengan photoshop atau melakukannya secara online.

Lihat caranya : Cara Mudah Mengurangi Kapasitas Ukuran Pas Foto Menggunakan Photoshop di Mana Saja

e. Pelamar mencetak KARTU INFORMASI AKUN SSCN 2018

3. Masuk Login ke Portal

Setelah mencetak kartu informasi akun sscn 2018 kemudian masuk lagi ke portal untuk melakukan login dengan menggunakan NIK dan PASSWORD yang telah dibuat.

4. Pendaftaran ke Instansi Pilihan

a. Pelamar mengunggah foto diri memegang KTP dan Kartu (kartu informasi akun sscn 2018)

b. Informasi akun sebagai bukti telah melakukan pendaftaran pelamar melengkapi biodata

c. Pelamar memilih instansi, formasi dan jabatan sesuai pendidikan

d. Pelamar mengunggah dokumen sesuai persyaratan instansi

Jadi saya sarankan agar memperhatikan dengan baik persyaratan pada instansi pilihan anda, sebab bisa saja beda intansi berbeda pula persyaratan dokumen yang diminta.

e. Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume

Sebelum mencetak kartu pendaftaran sscn 2018, perhatikan ulang pengisian anda pada form resume, apabila ada yang masih perlu diperbaiki atau tidak. Jika ada, maka segera perbaiki

f. Pelamar cetak KARTU PENDAFTARAN SSCN 2018

5. Langkah pada nomor lima ini dilakukan apabila persyaratan di instansi meminta mengirimkan file dokumen fisik pada alamat tertentu.

Setelah semua alur pendaftaran CPNS 2018 dari awal di atas sampai tahap ini, maka anda siap menunggu pengumuman lulus seleksi berkas sesuai dengan tahapan tes CPNS 2018.

a. Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirim fisik pelamar berdasarkan ketentuan yang diminta.

b. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan Kartu Ujian yang digunakan untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi.

6. Siapkan diri anda dengan baik untuk TES CAT BKN dan TES LAINNYA

Catatan :

Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh panitia seleksi CPNS 2018 instansi terkait dan pelamar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi.

Apabilan ada yang kurang jelas cara pendaftaran CPNS 2018 di atas dapat anda lihat pada gambar di bawah ini : 


Sekian penjelasan tentang cara mendaftar CPNS 2018 mulai dari awal sampai pelaksaan tes dilakukan.

Lihat juga : Tips dan Trik Menjawab Soal Tes CPNS Dengan Mudah

Silahkan lakukan pendaftaran dan semoga anda lulus menajdi CPNS tahun anggaran 2018. Semoga bermanfaat ! dan selamat berjuang !
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar