Pengunjung Blog Anjlok Gara-Gara Template AMP, Khusus Blogspot

Pengunjung Blog Anjlok Gara-Gara Template AMP, Khusus Blogspot

Postingan saya kali ini bukan untuk menjelekkan template AMP tapi hanya sesuai dengan kenyataan yang saya alami ketika beberapa bulan lalu mengganti nekat mengganti template AMP pada blog. Pengalaman setiap blogger berbeda, mungkin blogger yang lain memiliki pengalaman yang baik dan luar biasan ketika mengganti template AMP.

Ceritanya sekitar bulan Maret saya mengganti template blog AMP. Pada waktu pengunjung blog saya sudah sangat banyak (standar saya) dan saya berpikir untuk mengganti template AMP yang desainnya sangat strategis untuk penempatan iklan, pasti banyak sekali klik iklan yang akan didapat pikiran saya.

Lihat juga : Baca Kelebihan & Kekurangan Sebelum Beralih ke Template AMP

Akhirnya, saya memutuskan untuk mengganti template amp. Kesalahan terbesar saya waktu itu, tidak mempelajari lebih jauh tentang cara-cara penggunaan template amp dengan baik. Namun, bagi saya wajarlah seorang blogger yang membuat kesalahan dengan begitu kita akan selalu belajar dari kesalahan dan semakin memiliki banyak pengalaman di dunia blogger. Apalagi saya hanya belajar blog sendiri tanpa mentor, guru bahkan teman sesama blogger.

Mengganti template amp ternyata tidak semudah yang saya bayangkan, akibat tidak memahami dengan baik terlebih dahulu. Banyak sekali postingan saya di blog yang error alias tidak valid amp dan google mengharuskan kita untuk mengeditnya agar valid amp. Jika jumlah postingan blog masih puluhan mungkin baik-baik saja tapi bagaimana jika jumlah konten di blog sudah ratusan, bahkan ribuan ? keriting jari-jari kita untuk mengedit postingan agar valid hahah.

Lihat juga : Template AMP Bikin Blogger Kewalahan Edit Postingan

Hampir sebulan saya menjibaku dengan edit postingan agar valid amp, saat mengganti template pada bulan Maret 2018. Mulai saat itu pengunjuk blog mulai anjlok atau menurun drastis, bahkan sehari hanya seribu lebih page view. Saya mulai panik dengan jumlah pengunjung yang semakin hari semakin berkurang tajam. Niat mengganti ulang template blog amp menjadi biasa juga saya tahan karena efek dari mengganti template nanti akan menambah kehancuran jumlah pengunjung blog.

Tetap bertahan hingga pengunjung stabil, itu yang ada dipikiran saya. Saya berpikir, mungkin ini efek dari template biasa ke amp. Saya bertahan dan rajin membuat postingan setiap hari sambil menunggu perubahan. Menunggu perubahan selama kurang lebih lima bulan, jumlah pengunjung tetap sama dan tidak mengalami kenaikan, semakin stres saya jadinya.

Lihat juga : Jangan Pernah Ganti Template Blog AMP Jika Ragu-Ragu

Akhirnya pada awal bulan Agustus, saya mengambil langkah taktis dengan mengharuskan untuk mengganti template dari amp menjadi blog biasa. Kembali lagi berjibaku dengan mengedit postingan dari amp ke non amp, itulah resiko logis yang harus saya hadapi.

Alhamdulillah setelah mengganti template blog biasa, pengunjung saya mulai kembali meningkat drastis. Hingga saya semakin bersemangat sebab nilai klik juga iklan google adsense juga semakin meningkat.

Tanpa gambar mungkin hoax, mohon maaf saya tidak sempat mendokumentasikan perubahan jumlah pengunjung dari mulai mengganti template amp hingga mengganti kembali template biasa. Mungkin dengan gambar perubahan peringkat alexa blog saya ini dapat terwakili.


Peringkat alexa secara umum menggambarkan baik buruknya jumlah pengunjung pada sebuah blog, jika mengamati gambbar di atas, pada bulan Maret peringkat alexa blog saya mencapai angka kurang dari 600k atau di atas 500k. Setelah mengganti template amp pada bulan Maret, peringkat alexa mulai meningkat hingga 800k. Terlihat pada ujung grafik di atas mulai turun kembali karena saya sudah kembali mengganti template amp menjadi template biasa dan angka alexa saat menulis postingan ini 707,386 untuk global dan 9,378 untuk nasional.

Catatan : Peringkat alexa semakin kecil semakin baik

Lihat juga : Pengunjung Blog AMP Menurun ? Segera Ganti Template Non AMP

Tujuan saya menulis ini untuk berbagi pengalaman nyata yang saya alami sebagai blogger, khususnya dengan platform blogspot. Bagi anda yang berniat mengganti atau menggunakan template amp agar dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya untuk memutuskan. Ini pengalaman saya.

Bagaimana dengan pengalaman anda saat menggunakan template AMP ? ayo berbagi untuk menambah pengetahuan tentang template amp dalam hal penggunaannya di blogspot. Terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar