Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Blog yang Kena Auto Visitor (Jingling)

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Blog yang Kena Auto Visitor (Jingling)

Sore tadi blog saya ini mengalami hal aneh, jumlah pengunjung tiba-tiba meningkat di statistik blog padahal setelah saya cek di google analytics tidak pernah terjadi pertambahan jumlah pengunjung di real-time atau waktu saat ini yang berkunjung.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Mengatasi Blog yang Kena Auto Visitor


Sebagai admin blog saya menjadi khawatir apa yang terjadi, akhirnya saya mencari informasi di pusat sumber informasi yaitu mbah google. Akhirnya informasi yang saya dapatkan bahwa blog saya diserang oleh jingling atau auto visitor.

Apa itu Jingling atau Auto Visitor

Jingling atau juga disebut auto visitor adalah sebuah aplikasi yang dikembangakan untuk menarik atau meningkatkan jumlah pengunjung bukan manusia tapi robot. Masalah utama disini yaitu pengunjung yang meningkatkan statistik dashboard blog saya bukan manusia tapi robot dan itu dapat memberikan dampak yang buruk blog dari penilaian google. Dampak buruk yang sangat parah ketika blog diserang jingling yaitu mengunjung asli alias manusia akan berkurang, hal itulah yang saya rasakan.

Lihat juga : Ternyata Tema Blog Berpengaruh Pada Jumlah Pengunjung

Auto visitor ini bukan karena kebetulan, berdasarkan informasi yang saya dapat. Serangan jingling disebabkan oleh orang-orang yang tidak senang atau iri dengan blog kita sehingga mereka menyerang blog kita dengan aplikasi apa saja yang dapat membuat jumlah pengungjung asli kita menurun, salah satu cara yang mereka gunakan yaitu jingling.

Ciri Blog Terserang Jingling

Ciri-ciri yang dapat anda lihat secara langsung ketika blog terkena jingling yaitu, kenaikan visitor (pengunjung) yang meningkat secara tidak wajar, perhatikan grafik pengunjung blog saya di bawah ini ketika terserang jingling atau auto visitor :


Pada gambar di atas terlihat dengan jelas terjadi perubahan jumlah pengunjung yang tidak wajar. Terlihat pada statistik blog saya di bagian akhir telah stabil kembali pengunjung blog karena telah saya lakukan langkah mengatasi serangan jingling tersebut.

Jadi ketika jumlah pengunjung blog anda mengalami perubahan yang tidak wajar seperti yang terlihat pada grafik di atas, kemungkinan besar diserang oleh aplikasi jahat tersebut.

Cara Mudah Mengatasi Blog yang Terserang Jingling

Setelah dicek dan telah dipastikan bahwa itu serang jingling maka segeralah lakukan pencegahan dengan langkah mudah seperti berikut :

1. Masuk ke Dashboard Blog

2. Setelan /pengaturan

3. Preferensi Penelusuran

4. Aktifkan robots. txt khusus

5. Masukan kode di bawah ini :

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: Googlebot
Allow: /
Disallow: /search
User-agent: *
Disallow:
Sitemap: https://www.atobasahon.com/sitemap.xml

6. Simpan pengaturan

Jangan lupa ganti alamat blog saya dengan alamat blog anda

Sekarang perhatikan kembali perubahan jumlah pengunjung anda, apakah masih tidak wajar atau telah kembali normal seperti biasa. Menurut yang ditulis oleh blogger lainnya, akan ada perubahan atau membaik pada hitungan jam atau hari tapi berdasarkan pengalaman blog saya ini, langsung membaik atau kembali normal visitor blog setelah dilakukan cara mengatasi blog yang diserang jingling seperti di atas. 

Lihat juga : Blog Gado-Gado Bikin Pengunjung Banyak Pengetahuan

Catatan : Setelah pengunjung blog kembali normal, perbanyak membuat postingan rutin setiap hari untuk mengembalikan jumlah pengunjung blog yang sebelumnya banyak. Hal itu yang saya lakukan sebab efek setelah blog terserang Jingling, mengakibatkan visitor blog menjadi menurun dari sebelumnya.

Silahkan berbagi pengalaman anda ketika blog terserang jingling kemudian dilakukan cara mengatasinya seperti di atas, apakah berdampak baik dalam waktu cepat atau lambat. Selamat mencoba dan semoga masalah pada blognya dapat teratasi dengan baik.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar