Peluang Bisnis Ikan Roa (Julung) di Manado

Peluang Bisnis Ikan Roa (Julung) di Manado

Pada suatu hari saya pergi ke pasar Karombasan, Manado untuk belanja sesuatu. Ketika lewat pada sebuah petak kayu berukuran kecil, suatu pemandangan yang tidak asing bagi saya begitu melihat ikan Julung kering yang banyak bergantungan menghiasi hampir semua ruangan petak papan tersebut.

Di daerah asal saya Kepulauan Sula, disebut ikan Julung dan kalau di Manado lebih terkenal dengan nama ikan Roa. Dari bahan ikan itulah yang kemudian dibuat sambal yang dikenal dengan sambal roa.

Lihat juga : 101 Kata Bijak Motivasi Bisnis Dari 10 Tokoh Pengusaha Sukses Indonesia Termasuk Sandiaga Uno

Dengan pemandangan banyaknya ikan roa tersebut saya pun bertanya kepada om si pemilik petak dengan menggunakan dialek Manado.

"Om, ikang roa dari mana ini ?"

"Ini ikang dari Halmahera deng Mangoli"

" Owhh,,, memang ja ambe dari sana kang om ?"

" Iyo, torang ja ambe dari orang sana, dorang ja kirim kamari, baru torang bayar di sini"

"Kita orang Sanana om, makanya pas lia ikang roa ini kita iko singga"

"owhh,,, bagus itu dek, kalau ngana bisnis ini ikang, laku kwa di sini"

"iyo om, nanti kita mau bilang di orang-orang pa kita pe kampung"

Keterangan :

Kita : Saya
Ngana : Kamu
Laku : Laris
Singga : Mampir
Ikang : Ikan
Torang : Kami
Iko : Ikut

Bagian terpenting dari cerita itu adala, saya menanyakan kepada bapak tersebut dari mana asal ikan Julung yang dijual itu dan bapak menjawab ikang itu dipasok dari daerah Maluku Utara. Halmahera dan Mangoli adalah wilayah di Provinsi Maluku Utara, Mangoli sendiri merupakan daerah Kabupaten Kepulauan Sula yang merupakan daerah asal saya sendiri. 

Bapak itu menyarankan agar saya melakukan bisnis ikan Roa di Manado, jadi saya sampaikan akan memberitahukan kepada saudara-saudara saya di kampung halaman agar mereka memanfaatkan peluang ini.  Saya sendiri telah memiliki kesibukan lain yang sangat dibutuhkan kerja keras dan konsisten jadi belum berpikir untuk memanfaatkan peluang bisnis ikan Julung di Manado.

Mengenal Lebih Dekat Ikan Julung (Roa)

Secara umum ikan ini disebut Ikan Julung-Julung dengan nama ilmiah Gemiramphus brasiliensis yang hidup di permukaan laut baik di perairan bebas atau perairan laut pesisir. Bentuk ikan ini dengan panjang sekitar kurang lebih 20 cm, berukuran lonjong dengan paruh mulut agak panjang. berwarna putih kebiruan. Ikan ini hidup berkelompok, hal inilah yang memudahkan para nelayan untuk menampak dalam jumlah yang banyak.


Kadang dijual langung dari hasil tangkapan tapi lebih banyak dibuat kering untuk diperdagangkan. Ikan Julung-Julung ini lebih dikenal dalm bentuk kering di pasaran, sehingga di Manado sendiri dikenal dengan nama Ikan Roa yang ikan Julung yang sudah kering.

Peluang Bisnis Ikan Julung-Julung

Dari hasil percakapan dengan bapak penjual ikan roa tadi memberikan informasi untuk saudara-saudara yang berada di Maluku Utara khususnya pada daerah yang banyak menghasil ikan Julung ini untuk dijadikan peluang usaha. Membeli di kampung halaman dan menjualnya di Manado. Pasar yang dapat dijadikan rekomendasi dari saya yaitu pasar Karombasan dan Bersehati (Jengki). Silahkan lakukan pengecekan terlebih dahulu harga di Manado untuk disesuaikan dengan harga di kampung hingga memperoleh keuntungan dari selisih harga. Jangan lupa untuk menganalisa juga biaya transportasi baik darat maupun laut untuk menjadi prediksi usaha nantinya.

Lihat juga : Stop Investasi Uang Pada Perusahaan Abal-Abal Sebelum Menyesal

Tulisan ini lebih bersifat informasi peluang usaha yang dikhususkan untuk masyarakat yang berada di Maluku Utara, terlebih lagi pada daerah-derah yang banyak menghasilkan ikan Julung atau ikan Roa ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar