Membangun Indonesia Dari Daerah Masing-Masing

Membangun Indonesia Dari Daerah Masing-Masing

Konsep membangun Indonesia dari daerah masing-masing saya adopsi dari buku Filsafat Lingkungan Hidup karya bapak Sonny Keraf yang juga penulis buku Etika Lingkungan Hidup dan beberapa buku lainnya.

Saya memiliki beberapa buku karya beliau termasuk dua judul buku yang saya sebutkan di atas. Saya sependapat dapat dengan konsep pak Sonny Keraf pada buku Filsafat Lingkungan yaitu untuk membangun lingkungan hidup di daerah dengan baik dibutuhkan orang-orang atau penduduk asli daerah tersebut. Artinya bahwa, kita merantau untuk menempuh pendidikan di luar daerah dan setelah mampu secara ilmu pengetahuan harus kembali dan membangun daerah masing-masing.

Saya menelaah lebih jauh lagi, bukan hanya tentang lingkungan hidup tapi pada semua bidang dalam konteks pembangunan daerah secara khusus dan pembangunan negara dan bangsa Indonesia secara komprehensif. Secara psikologi manusia, naluri seseorang yang lahir dan besar pada suatu daerah dari beberapa keturunan sebelumnya akan lebih merasa memiliki daerah tersebut (penduduk asli) dari pada orang lain. Saya tidak menjustice sukuisme ! hanya dalam ranah naluri manusia secara alamiah.

Lihat juga : Refleksi Indonesia Hari Ini Dengan Indonesia Masa Lalu

Misalnya saya yang lahir dan besar di Kepulauan Sula dari beberapa keterunan saya sebelumnya, saya akan lebih merasa peduli terhadap kemajuan daerah ketimbang seorang yang bukan lahir dan hanya besar di daerah saya atau lahir dan besar di daerah saya tapi hanya dari satu keterunan, misalnya orang tuanya datang mencari nafkah dan orang tersebut lahir.

Sekali lagi ini bukan tentang paham berbeda suku atau budaya, hanya tentang rasa memiliki sebab kadang juga ada rasa memiliki untuk membangun lebih besar dimiliki oleh pendatang ketimbang penduduk asli walau hanya sebagian kecil.

Membangun Indonesia dari daerah masing-masing artinya bahwa pembangunan saat ini seyogyanya dimulai dari daerah masing-masing. Ketika semakin baik tingkat pembangunan kedaerahan maka akan menjadi Indonesia yang semakin berkembang dan maju. Seperti dahulu kala ketika masih menjadi nusantara-nusantara yang kemudian disatukan menjadi Indonesia melalui perjuangan bersama melawan penjajah dari persatuan tiap-tiap daerah hingga meraih kemerdekaan bersama yaitu Indonesia.

Realita saat ini, kita harus kembali belajar dari sejarah seperti itu, sebab Indonesia yang hebat didukung oleh daerah-daerah yang maju. Siapa yang akan berjuang untuk kemajuan daerah ? orang-orang yang lahir dan besar pada daerah tersebut atau penduduk asli daerah tersebut. Apakah pendatang tidak boleh ? pasti boleh namun tetap harus didominasi oleh penduduk asli.

Lihat juga : Berbicara Lantang Arti Sumpah Pemuda Agar Dipahami, Dihayati dan Diamalkan

Hal ini sangat berpeluang, mengingat ada kekuatan otonomisasi di dalamnya, daerah punya kesempatan untuk mengatur tata kelola pembangunan secara mandiri. Namun, perlu diingat dan digaris bawahi ! akan timbul pertanyaan, apakah orang-orang penduduk asli akan benar-benar mampu untuk membangun daerah masing-masing ?

Saya tidak menjawab ! marilah kita sama-sama menjawab dalam diri sendiri, untuk menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa serta negara melalui kesadaran pembangunan kedaerahan demi memajukan daerah masing-masing hingga menjadi Indonesia yang lebih baik secara menyeluruh.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar