Memancing Emosi (Marah) Teman Saat Berdiskusi

Memancing Emosi (Marah) Teman Saat Berdiskusi

Emosi merupakan suatu perasaan yang dominan kepada seseorang atau terhadap sesuatu peristiwa. Perlu diketahui juga bahwa emosi bukan saja perasaan marah tapi sedih, senang atau bahagia juga adalah bagian dari emosi. Saya tidak membahas emosi lebih jauh melainkan hanya hal-hal yang umum tentang emosi itu sendiri.

Memancing Emosi (Marah) Teman


Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang mampu mengendalikan emosi dalam segala bentuk situasi dan kondisi. Dengan mengarahkan emosi secara baik akan melahirkan sikap sabar yang nampak dengan sendirinya pada diri manusia.

Banyak buku-buku pengembangan diri banyak yang membahas secara lengkap teori emosional dan prakteknya, dampak, manfaat dan sentuhan nilai positif emosi itu sendiri terhadap jiwa dan raga.

Lihat juga : Kesabaran Membatasi Dirinya Marah, Sedih dan Senang

Kegagalan mengendalikan emosi sering kali terlihat pada forum-forum rapat, debat atau diskusi. Banyak pemandangan yang dapat dilihat dan jika diamati dengan baik akan jelas siapa yang mengendalikan emosionalnya siapa.

Malam itu saya sedang ngopi bersama teman-teman akrab. Kami memang sering nongkrong untuk ngopi bareng yang dilengkapi dengan diskusi. Forum diskusi kami lebih ke semi formal, meskipun tanpa moderator, kami tetap mampu mengendalikan sebab kami besar dalam suasana seperti itu. Berbeda dengan situasi debat, namun tak bisa di pungkiri perdebatan selalu ikut meramaikan.

Selain diskusi, kita semua berlatih dalam situasi ini, melatih emosi kita, daya analisa, pengendalian diri dan kemampuan untuk memancing emosi teman sebab kemampuan memainkan emosi juga dibutuhkan dalam debat yang sebenarnya.

Nah, yang menarik disini adalah kita semua menyadari bahwa emosi atau marah itu tidak baik saat berada di forum diskusi tapi apa yang terjadi ? masih saja ada yang terpancing untuk emosi. Itulah kenapa menggunakan kata " Mengendalikan" bukan "Menghilangkan" sebab perasaan emosional itu tidak akan pernah hilang dan alamiah ciptaan Tuhan.

Seorang teman saya mulai terlihat kesal dan emosi ketika saya menyerangnya dengan sedikit sikap konyol, menurut dia. Di saat dia mengatakan hal yang benar tapi saya plintir menjadi sedikit kurang tepat dan dia mulai terlihat emosi hehe.

"Perkataan anda sudah benar tapi mubazir ! " sontak dia langsung marah hehe.

" Ibarat orang habis makan pasti akan minum, tanpa anda bilang habis makan harus minum air, orang pasti akan tetap minum jadi kata-kata itu pemborosan tenaga dan waktu alias mubazir" lanjut saya.

Serentak teman saya langsung terlihat marah dan kesal tapi hanya beberapa menit sebab kami selalu berusaha sebaik mungkin untuk mengendalikan emosi di forum.

Lihat juga : 3 Cara Mengendalikan Emosi Berdasarkan Pengalaman

Marah itu wajar, akan menjadi tidak wajar ketika kita dikendalikan oleh rasa marah atau emosi sebab seharusnya kita yang mengendalikan emosi itu sendiri. Ayo lanjut diskusi dan marah hanya dalam hitung detik ! lebih sedikit lebih baik.

"Ketika kita gagal atau lalai dalam mengendalikan emosi (marah) maka orang lain yang akan menguasai emosi kita" Ato Basahona.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar