Materi Pengantar SIG Mahasiswa Kehutanan

Materi Pengantar SIG Mahasiswa Kehutanan

Ini merupakan postingan kelanjutan dati tulisan saya sebelumnya yaitu Diundang Menjadi Pemateri di Sylva Cabang UNSRAT yang saya tulis kemarin. Ini termasuk kedua kalinya saya diundang menjadi pemateri dalam materi kelas mahasiswa baru ilmu kehutanan UNSRAT dengan tema pembahasan yang sama yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG) yang dalam bahasa inggris disebut Geographic Information System (GIS).

Materi Pengantar SIG Mahasiswa Kehutanan 


Pada dasarnya sama hanya saja beda penyebutan dalam segi bahasa Indonesia dan Inggris. Semalam saya mempersiapkan materi untuk mereka nantinya dengan harapan apa yang saya sampaikan dapat dipahami dan dipraktekan sebab pada bagian akhir materi saya akan dibuat praktek yang mudah sebagai pengenalan.

Isi Materi Kelas yang Disampaikan

Apa itu SIG ?

Sistem Informasi Geografis merupakan sebuah mata kuliah wajib bagi mahasiswa kehutanan yang nantinya akan diambil pada semester empat dan semester lima yaitu SIG 1 dan 2. Mungkin saja akan ada perubahan, ini pengalaman saya ketika menjadi mahasiswa.

Mata kuliah wajib merupakan sebuah mata kuliah yang harus diambil ketika menjadi mahasiswa pada jurusan tertentu, khususnya ilmu kehutanan untuk SIG. Selain mata kuliah yang masuk dalam kategori wajib, SIG juga merupakan mata kuliah bersyarat karena terdapat SIG 1 dan 2. Artinya bahwa kita akan dapat mengambil mata kuliah 2 ketika kita telah lulus mata kuliah 1, itulah maksud dari mata kuliah bersyarat. Jadi diharapkan nantinya adik-adik dapat kuliah dengan baik agar tidak bermasalah saat mengambil mata kuliah yang bersayarat.

Pengertian SIG ?

Sistem Informasi Geografis adalah seperangkat alat serta sistem yang bermanfaat untuk mengumpulkan, menyimpan, memanggil kembali dan mengolah data berupa data spasial dan vektor pada gambaran permukaan.

SIG terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Secara umum data yang akan dihasilkan dalam SIG atau GIS yaitu dalam bentuk Vektor dan Raster (lihat : Pengertian Data Vektor dan Data Raster).

Perangkat keras SIG terdiri dari komputer, printer, plotter yang intinya adalah perangkat-perangkat keras yang digunakan dalam Sistem Informasi Geografis (SIG), bisa apa saja selama anda menggunakan perangkat keras tersebut dalam melakukan kativitas.

Perangkat lunak yaitu aplikasi yang digunakan misalnya ArcGIS, ArcView, Erdas, Google erth, GPS Essential untuk Android dan lain-lain perangkat lunak yang digunakan selama menjalankan sistem ini.

Pada dunia kehutanan sendiri saat ini lebih sering menggunakan perangkat lunak ArcGIS dalam menerapkan Sistem Informasi Geografis hal ini bukan berarti softwear yang lain tidak digunakan, tetap saja digunakan sesuai kebutuhan dan saling melengkapi.

Lihat juga : Pengantar ArcGIS

Sebenarnya saya senang jika praktek yang akan saya berikan yaitu di instal ArcGIS pada laptop mereka masing-masing namun perangkat lunak ini membutuhkan spesifikasi khusus untuk laptop, saya menyebutnya aplikasi berat yang sulit akan dioperasikan pada laptop yang tidak memenuhi persayaratan misalanya prosesor laptop minimal 2,2 GHz Direkomentasikan menggunakan prosesor  multi-core, Dual Core, Core 2 Duo, Core i3, Core i5, Core i7 dan seterusnya termasuk hardisk yang minimal 2,4 Gb.

Sebagai solusinya untuk melakukan praktek terkait SIG saya merekomendasikan kepada mereka cara menggunakan GPS di HP Android dan aplikasi GPS yang didownload adalah Essential  sebab ini juga merupakan materi dasar mengingat mereka juga kebanyakan belum mengetahui cara menggunakan GPS di hp sebagai langkah awal dalam mengambil dan menyimpan data koordinat untuk kemudian dapat diolah menjadi peta secara sederhana.

Kemudian saya membagi peserta kelas menjadi lima kelompok, mereka dipersilahkan pergi keluar kelas dengan radius sejauh fakultas untuk mengambil titik koordinat dimana saja terserah kelompok mereka.

Selang beberapa lama mereka kembali dan membawa satu titik koordinat yang saya mengarahkan untuk menulis nama sesuai kelompok masing-masing. Misalnya kelompok 1 dengan nama koordinat kelompok 1 dan seterusnya sampai kelompok 5.

Lihat juga : Cara Menggunakan GPS Essential di Android

Kini mereka telah mampu menggunakan GPS di HP untuk menentukan lokasi mereka sekaligus pengambilan data koordinat. Tahap berikut saya mengajarkan cara memasukkan koordinat tersebut ke dalam google erth untuk melihat tepat dimana mereka mengambil koordinat tadi Setiap kelompok masing-masing membaca koordinat mereka untuk dimasukan, selain itu belajar cara membaca koordinat sesuai urutan misalnya derajat, menit dan detik.


Dari hasil koordinat mereka yang telah dimasukkan ke google earth tadi saya membuatkan peta sederhana di ArcGIS sebagai pelengkap materi dan pengenalan bahwa hasil akhir dari SIG adalah sebuah peta.

Lihat juga : Cara Memasukan Koordinat ke Google Earth untuk Mencari Lokasi

Pada penutupan materi saya memberikan sedikit arahan bahwa untuk belajar SIG hingga dapat membuat sebuah peta membutuhkan proses panjang dan ketekunan. Bagi adik-adik yang berminat untuk belajar SIG atau GIS nanti dapat sering-sering menghubungi saya jika mengalami kendala yang sulit, saya akan berusaha semampu mungkin untuk dapat membantu. Sekian dari saya sebagai pembawa materi pengantar SIG, lebih dan kurangnya saya mohon maaf terima kasih. Para peserta kelas akhiri dengan menepuk tangan.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar