Lapak Baca Gratis di UNSRAT, Berbagi Buku Bacaan itu Indah

Lapak Baca Gratis di UNSRAT, Berbagi Buku Bacaan itu Indah

Lapak baca buku gratis di lingkungan Universitas Sam Ratulangi Manado merupakan sebuah ide dan gerakan dari seorang teman yang sudah seperti adik bagi saya Awin Buton. Dia juga sering menulis di blog ini pada kategori postingan tulisan sahabat. Salah satu tulisannya yaitu Pengertian, Sejarah dan Pengaruh Common Enemy untuk Mahasiswa Kontemporer yang dapat anda baca.

Sekilas terlihat seperti pameran buku berkonsep out door, padahal jika di dekati itu adalah buku-buku yang disediakan untuk baca di tempat secara gratis. Banyak buku yang disediakan, bermacam-macam judul sebab lapak baca tidak dikhususkan untuk tema buku tertentu melainkan semua judul buku seperti filsafat, ekonomi, politik, budaya, hukum, pertanian, novel dan masih banyak lagi.

Lihat juga : Wisata Baca di Toko Buku Saat Libur

Dari mana buku-buku yang disediakan ?

Buku-buku yang diperoleh dan disediakan pada lapak baca ini berasal dari mana saja, milik pribadi Awin, teman-teman organisasi, sumbangan dari berbagai sumber yang tidak mengikat dan termasuk dari saya sendiri yang merupakan buku karya perdana saya Rampai Coretan Kehidupan

Lapak baca sederhana, hanya beralaskan bekas spanduk yang berada di atas rumputan hijau, beratapkan langint yang berada di belakang sebuah bangunan kampus UNSRAT. Sebuah bentuk -pengabdian dan kepedulian terhadap sesama manusia untuk saling mencerdaskan. Awin dan teman-teman yang sering membuka lapak baca juga termasuk mahasiswa UNSRAT, yang berbeda dari mereka adalah jurusan dan fakultas masing-masing.

Saya sendiri telah selesai studi di UNSRAT (alumni) saat ini, namun masih sering bergabung bersama mereka jika ada kesempatan yang baik. Kami sering berdiskusi saat ngopi hingga berdebat. Saya sering rindu suasana diskusi ketika masih menjadi mahasiswa dan ketika bersama mereka, kerinduan saya akan diskusi terbayarkan bersama secangkir kopi dan duduk berdiskusi.

Kami semua belajar dan berusaha untuk saling berbagi untuk sesama makhluk hidup hasil karya Tuhan. Bukan tentang banyak, sedikit, mewah atau tidak yang kita berikan tapi apakah kita telah berbuat atau tidak. Lapak baca gratis adalah salah satu bentuk nilai kecerdasaan anak-anak manusia yang selalu berusaha untuk bermanfaat bagi orang lain meskipun hanya dalam hal yang sederhana.

Lihat juga : Terjebak Dalam Buku

Lokasi lapak baca dilakukan beberapa kali dalam seminggu dengan lokasi berpindah-pindah namun tetap di wilayah kampus UNSRAT. Konsep membaca di alam merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan, membaca di alam memberikan nuansa tersendiri. Ketenangan dan udara-udara yang asri memberikan motivasi kepada pikiran untuk lebih tenang dalam menjelajah paham-paham yang dibaca. Sesekali kicauan burung yang terbang bebas mengisyaratkan bahwa belajarlah, bacalah bersama alam dan menyatu dalam ilmu pengetahuan.

"Tak perlu bangga dengan pengetahuan yang kita miliki, apalagi hanya gelar-gelar yang dimiliki. Berbagilah apa yang kau miliki meskipun hanya sekecil biji Zarrah jika itu bermanfaat buat umat manusia" Ato Basahona.

Baca juga:

Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar