5 Fitur Penting di Facebook yang Jarang Digunakan Oleh Pengguna

5 Fitur Penting di Facebook yang Jarang Digunakan Oleh Pengguna

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang 5 fitur penting facebook yang jarang digunakan dari sekian banyak fitur di aplikasi. Facebook yang sering kita gunakan ternyata ada 5 fitur yang terbilan cukup penting namun jarang sekali sebagian besar dari kita pengguna facebook yang menggunakan fitur tersebut.

Fitur Penting di Facebook yang Jarang Digunakan


Lihat juga : Cara Mengatasi "Sayangnya Facebook Anda Telah Berhenti" di HP

Inilah beberapa fitur penting di aplikasi facebook yang jarang pengguna facebook gunakan :

1. Log atau History Aktivitas

Fitur penting facebook yang pertama di aplikasi facebook yang jarang digunakan adalah melihat log atau history aktivitas kita di facebook. Pada log aktivitas tersebut kita bisa mengetahui apapun yang kita lakukan di facebook, seperti membuat postingan, komentar status teman termasuk tindakan lain yang kita berikan kepada orang lain. Semuanya akan terlihat di sini.

Alasan log history  ini penting karena jika ada orang lain yang menggunakan akun kita yang atau membajak tentu akan ketahuan dari situ dan akan terlihat aktivitas yang tidak wajar.

Untuk membuka log history ini kita cukup menekan pada garis tiga di bagian atas kemudian kita turunkan maka di bagian bawah kita akan menemukan log aktivitas kemudian kita buka dan di sini kita akan menemukan aktivitas apa saja yang dilakukan difacebook dari waktu ke waktu.

2. Aktivitas Saat Offline

Sebagai pengguna facebook, saya juga sering melihat teman-teman yang jarang sekali menggunakan fasilitas ini. Ketika kita offline sekalipun atau tidak terhubung ke internet tapi masih bisa like (suka) atau komentar status dari teman-teman facebook kita. Disaat facebok kita terhuung ke internet mereka baru akan dapat membaca dan diberi pemberitahuan like dan komentar kita tadi.

3. Mengentikan Auto Play atau Putar Otomatis

Sekarang kita beralih ke fitur yang ketiga yaitu menghentikan autoplay pada video yang sering kita lihat di beranda. Video yang saya maksud adalah ketika kita membuka beranda maka biasanya menemukan video yang akan secara otomatis diputar dan jika ini berlanjut terus maka tentu saja untuk kuota internet kita cepat habis. Selain itu, terkadang video yang diputar yang kita saksikan videonya adalah video yang tidak enak dilihat bahkan kadang-kadang kontennya dewasa.

Untuk mengentikan putar video otomatis pada beranda facebook yang dilihat caranya cukup mudah yaitu klik pada garis tiga seperti nomor satu di atas kemudian geser ke bawah temukan pengaturan aplikasi selanjutnya pada bagian bawah akan ditemukan fitur putar otomatis maka silahkan rubah menjadi jangan pernah putar video otomatis

Sekarang video-video yang muncul diberanda anda tidak lagi akan jalan secara otomatis dan paket internet anda akan lebih dapat diatur dengan baik. Ketika ingin memutar video seperti biasa klik saja pada video tersebut.

4. Fitur Simpan Video

Fitur simpan video bagi saya sangat berguna dan pada kenyataanya masih banyak yang belum menggunakan fitur ini. Ketika anda menemukan video menarik di beranda atau video yang diposting oleh teman anda terkait sebuah kegiatan bersama anda disitu, kemudian ingin mendownload video-video tersebut maka gunakan vitur simpan video ini saja.

Dengan menggunakan fitur ini, kita tidak perlu repot mendownload video yang menarik di beranda facebook. Selain membuat sibuk, data internet kita juga akan cepat habis jika anda mendownloadnya seperi biasa. Kita hanya perlu menyimpannya dan akan tersimpan di aplikasi facebook.

Cara Menyimpan Video di Facebook

Untuk menyimpan video yang menurut anda menarik di beranda facebook, silahkan buka video tesebut, klik tanda titik tiga di bagian kanan video dan pilih simpan video pada pilihan yang muncul. Sekarang video sudah tersimpan jadi tidak perlu repot untuk mendownload.

Jika akan membuaka video yang disimpan tadi, tinggal klik pada garis tiga tampilan beranda facebook, geser ke bawah dan pilih tersimpan

5. Menghemat Kuota Saat Memposting Foto & Video

Pada aplikasi facebook juga sebenarnya terdapat fitur untuk menghemat kuota ketika mempublikasikan foto dan video pada akun facebook kita. Dengan cara menonaktifkan kualitas HD pada foto dan video tersebut.

Caranya :

1. Klik garis tiga pada tampilan beranda facebook sebelah kanan atas

2. Pilih pengaturan aplikasi

Terdapat dua pilihan yang akan di nonaktifkan yaitu Unggah semua foto dalam HD dan unggah semua video dalam HD. Jika tercentang biru berarti sedang aktif, silahkan di nonaktifkan agar kualitas foto dan video ketika diposting tidak menjadi HD atau kualitas tinggi, dengan begitu dapat menghemat paket internet di hp android kita.


Mungkin itu saja share tentang fitur-fitur facebook yang penting yang belum banyak digunakan oleh banyak pengguna facebook, semoga bermanfaat.
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar