Diundang Menjadi Pemateri di Sylva Cabang UNSRAT

Diundang Menjadi Pemateri di Sylva Cabang UNSRAT

Sebagai mantan ketua Sylva UNSRAT periode 2011 - 2012, saya kembali diundang sebagai pemateri pada pendidikan kelas pada mahasiswa baru Ilmu Kehutanan yang diselenggarakan oleh pengurus Sylva Cabang Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sylva merupakan organisasi Ikatan Mahasiswa Kehutanan di Indonesia. Pada tahun lalu juga saya pernah diundang sebagai pemateri, memang sebagai mantan ketua, saya wajib berbagi pengetahuan kepada adik-adik mahasiswa, bahkan tanpa mantan ketua pun kita juga harus tetap saling berbagi.

Lihat juga : Pengantar ArcGIS

Pada awal bulan September ini saya dihubungi oleh panitia pelaksana pendidikan kelas yang akan dilaksanakan, dihubungi via media sosial untuk membawakan materi pemetaan atau yang sering disebut Sistem Informasi Geografis (SIG) dan saya pun mengiyakan. Dikatakan juga akan dikirim undangannya nanti sebab kegiatan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan tepatnya pada tanggal 15 September 2018.

Pada tanggal 13 September panitia menghubungi saya untuk memberikan undangan, demi kemudahan bagi panitia, saya sampaikan agar undangannya di email saja biar tidak merepotkan. Seperti yang kita ketahui memang fungsi email yaitu surat elektronik. Surat elektronik bagi saya layak dipakai ketika memang sulit terjangkau dalam berbagai kondisi baik jarak atau kesibukan yang sulit untuk bertemu.

Lihat juga : Lapak Baca Gratis di UNSRAT, Berbagi Buku Bacaan itu Indah

Tulisan ini saya tulis tepatnya tanggal 14 September dan besoknya akan dilaksanakan acara pendidikan kelas tersebut. Pastinya malam ini saya mempersiapkan materi-materi dasar tentang pemetaan dalam hal ini Sistem Informasi Geografis yang sebenarnya materi ini juga termasuk dalam mata kuliah wajib bagi mahasiswa ilmu kehutanan. Adik-adik mahasiswa baru yang hadir besok merupakan orang-orang yang beruntung sebab materi SIG akan didapat setelah mereka bereda di semester tiga ke atas sedangkan ini diberikan sebagai pengenalan pada saat mereka duduk di semester satu. Sehingga nantinya disaat mereka mengambil mata kuliah SIG, tidak lagi merasa asing dengan mata kuliah tersebut karena sudah didapat di kelas pada semester satu.

Lihat juga : Apa itu GPS atau Global Positioning System

Materi yang saya siapkan malam sekedar pengenalan atau pengantar dengan tujuan para adik-adik peserta nanti dapat mengetahui apa itu GIS dan hal-hal pengetahuan dasar tentang pemetaan itu sendiri hingga rencananya akan saya adakan praktek singkat bagi mereka dalam menggunakan GPS melalui HP mereka masing-masing. Baiklah sekian tulisan ini, saya akan melanjutkan persiapan materi buat besok, setelah selesai membawakan materi besok akan saya tulis lagi kelanjutan dari postingan ini, terima kasih.
Buka Komentar
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar